PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Manado terkenal sebagai kota yang memiliki banyak tujuan wisata sehingga banyak dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai negara. Tempat wisata Manado memiliki wisata alam yang indah, wisata sejarah dan wisata edukasi.

Saat Anda berkunjung ke Manado, Anda bisa menikmati wisata kuliner yang lezat. Sebagian besar tempat wisata Manado juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk membuat pengunjung merasa nyaman.

Tempat wisata di Manado menjadi favorit wisatawan

Saat berkunjung ke Manado, disarankan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata berikut ini.

1. Air terjun Kima Bala

Saat berkunjung ke Manado, disarankan untuk mengunjungi objek wisata alam Air Terjun Bala Kima yang jaraknya cukup dekat dengan pusat kota Manado karena dapat dicapai hanya dalam waktu 20 menit saja.

Sesuai dengan nama air terjunnya, lokasinya berada di desa Kima Attas. Nah, keindahan dari objek wisata air terjun Kima Atas ini adalah pemandangan alamnya yang sangat alami dengan pepohonan yang hijau, air terjun yang jernih dan menyegarkan serta cuaca yang sejuk dan menyenangkan.

Wisatawan bisa melakukan aktivitas berenang di sekitar air terjun karena arusnya tidak begitu deras. Selain itu, aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah menikmati kenikmatan kuliner khas Manado dengan bersantai di pub-pub yang ada di sekitar tempat wisata.

2. Taman Laut Bunaken

Selanjutnya ada objek wisata Taman Laut Bunaken yang memiliki keindahan pemandangan alamnya. Bahkan, sejak tahun 2005, UNESCO telah mendaftarkan Taman Bunaken sebagai Situs Warisan Dunia.

Saat wisatawan berkunjung ke sini, mereka akan melihat terumbu karang yang indah beserta pemandangan berbagai spesies biota laut. Oleh karena itu, tempat ini cocok untuk wisatawan yang memiliki hobi fotografi.

Nah, pemandangan Laut Bunaken juga sangat indah, sehingga bisa dijadikan spot foto yang bagus.

3. Pulau Lihaga

Ada objek wisata Pulau Lihaga yang terletak di kawasan Minot yang menawarkan keindahan alam berupa pasir putih, air laut yang jernih, dan ombak yang tenang. Tak heran jika banyak wisatawan yang ingin mengunjunginya.

Ketika Anda mengunjungi Pulau Lihaga, Anda tidak dapat melakukan aktivitas selancar. Namun, pengunjung bisa menikmati pemandangan di sekitar tempat tersebut yang sangat indah saat berjemur.

4. Danau Tondano

Danau Tondano merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik seperti terbentuknya Danau Toba. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah dengan nuansa udara yang asri dan teduh sehingga banyak wisatawan yang merasa nyaman berlibur disini.

Selain itu, pemandangan di sekitar Danau Tondano juga menjadi tempat yang bagus untuk fotografi karena memiliki pemandangan tiga gunung yaitu Gunung Kaung, Gunung Masarang dan Gunung Tampuso.

5. Pantai Ratatotok

Pantai Rakatok juga merupakan salah satu tempat wisata Manado yang memiliki pemandangan yang indah. Selain itu, pantai ini juga sangat bersih sehingga cocok untuk dijadikan tempat berfoto.

Bahkan, tempat ini juga memiliki spot snorkeling dan diving dengan pemandangan biota laut dan terumbu karang yang sangat indah.

6. Gunung dua bersaudara

Selain itu ada objek wisata Gunung Dua Saudara yang merupakan salah satu jenis gunung yang tidak aktif. Nah, gunung ini berada tepat di depan objek wisata Cagar Alam Tangkoko yang berada sekitar 1350 mdpl.

Tahukah Anda, Gunung Dua Saudara merupakan objek wisata yang sulit untuk didaki, namun tanpa mencapai puncaknya wisatawan dapat menikmati udara segar dan pemandangan yang indah.

7. Gunung Mahav

Gunung Mahaw adalah salah satu tempat wisata Manado yang terletak di Koto Tomohun yang tidak jauh dari kota Manado. Jadi, saat berkunjung ke tempat ini, Anda bisa menikmati keindahan alam pegunungan tanpa harus mendaki terlalu jauh.

Wisatawan hanya perlu menaiki tangga selama sepuluh menit dan menikmati keindahan kawah.

Dari tempat ini Anda juga bisa melihat pemandangan indah Manado dan Tomohon.

8. Arung Jeram Timbukar

Arung jeram timbucar memang kalah menarik dibandingkan arung jeram di tempat wisata di Ciwidey karena tempat wisata ini juga sering dijadikan tempat mudik.

Seperti namanya, itu adalah tempat wisata di desa Timbukar. Pengunjung dapat menyusuri Sungai Nimaga sepanjang 9 kilometer dan menikmati keindahan bebatuan dan pemandangan alam.

9. Pantai Malayalang

Saat Anda berlibur ke Manado, disarankan untuk mengunjungi Pantai Malalayang yang letaknya tidak jauh dari kota. Anda hanya perlu menempuh jarak 4 km, selain lokasinya yang dekat dengan pusat kota ternyata tempat ini memiliki banyak fasilitas wisata seperti diving, snorkeling, berenang dan masih banyak aktivitas lainnya.

Ciri khas pantai Malayalang adalah pasirnya yang berwarna hitam sehingga terlihat sangat alami.

Demikian penjelasan beberapa tempat wisata di Manado yang direkomendasikan untuk dikunjungi agar liburan Anda menyenangkan.