PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak tempat wisata alam yang indah dari Sabang sampai Marauke sehingga wisatawan dapat menemukan tempat wisata Indonesia yang terkagum-kagum dengan keindahan alamnya. Sebagai penduduk asli Indonesia, saya tentu bangga dengan daya tarik wisata alamnya.

Tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai negara ingin datang untuk menikmati keindahan alam Indonesia seperti tempat wisata di Bali, Jakarta, Yogyakarta, dll. Tempat wisata di Indonesia ini memiliki keindahan alam yang tidak kentara seperti nuansa pantai, pegunungan, danau dan kehalusan alam lainnya.

Tempat wisata Indonesia sudah terkenal hingga ke banyak negara, maka dari itu kita sebagai penduduk setempat harus mengetahui tempat wisata mana saja yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Tempat wisata menakjubkan di Indonesia yang wajib Anda kunjungi

Ini adalah tempat wisata di Indonesia yang memukau dengan pesona alamnya Instagramyuk simak atraksi-atraksi tersebut dalam ulasan di bawah ini.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba (instagram.com/batakpunyacerita)

Danau Toba merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang sangat populer karena keunikan keindahannya. Nah, tahukah Anda danau ini juga dikenal sebagai danau terbesar kedua di Asia Tenggara. Tahukah Anda, danau vulkanik ini sudah banyak dikunjungi wisatawan sejak tahun 1980-an.

Objek wisata ini memiliki luas 1.145 kilometer persegi yang terletak di tengah danau Pulau Samosir yang sangat luas. Sebagai danau terdalam di dunia, sangat direkomendasikan bagi wisatawan untuk mengunjunginya.

Saat Anda berlibur ke Sumatera Utara, Anda wajib ke sana untuk menikmati keindahan Danau Toba.

2. Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

Gili Trawangan (instagram.com/kristapaasicreatives)

Selanjutnya ada tempat wisata Gili Trawangan di NTB yang direkomendasikan bagi pecinta pantai. Keindahan pantai Gili Trawangan dibalut dengan perpaduan langit biru dengan awan putih dan air laut yang jernih dibingkai pasir putih membuat pemandangan semakin memukau.

Tak heran jika sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Indonesia tertarik untuk datang ke NTB. Nah, saat ke Gili Trawangan, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut pantai yang memiliki pemandangan menakjubkan dengan spot foto Instagram.

3. Gua Gong, Jawa Timur

Gua Gong
Gua Gong (instagram.com/krisbiantography)

Gua Gong di Jawa Timur juga menjadi salah satu tempat wisata yang recommended untuk dikunjungi karena pemandangannya yang begitu eksotis hingga disebut sebagai salah satu gua terindah di Asia Tenggara. Jadi, saat Anda berkunjung ke Gua Gong, Anda akan melihat pemandangan stalagmit dan stalagtit alami di dalam goa.

Tentunya tempat wisata ini justru menjadi destinasi wisata favorit para traveler dunia yang tertarik dengan aktivitas petualangan.

4.Nusa Penida,Bali

Nusa Penida
Nusa Penida (instagram.com/travelinghawks)

Bali menjadi salah satu pulau yang paling diminati wisatawan dari berbagai negara karena memiliki banyak objek wisata dengan keindahan alam yang eksotis. Salah satu tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi adalah Nusa Penida.

Cocok bagi Anda yang suka snorkeling di Pulau Harapan dengan menikmati keindahan bawah lautnya.

Selain itu, pemandangan pantai di Nusa Penida juga sangat indah dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya yang menawarkan pengalaman berbeda dari pantai lainnya. Tentunya pemandangan di sekitar lokasi dengan pemandangan yang indah cocok bagi anda yang menyukai dunia fotografi.

5. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken (instagram.com/aldipengan)

Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara juga merupakan tujuan wisata di Teluk Manado. Taman ini juga memiliki taman bawah laut yang indah yang tidak dapat ditemukan di negara lain. Tentu saja, pemandangan bawah lautnya sangat indah dan mengejutkan wisatawan.

Di taman ini terdapat 13 jenis terumbu karang yang didominasi oleh terumbu laut, selain itu terumbu karangnya memiliki bentuk vertikal yang terjal hingga kedalaman 25 hingga 50 meter. Bahkan, keindahan alamnya memanjakan mata kita dengan 91 jenis ikan di dalamnya.

Ada juga fasilitas menyelam dengan 20 lokasi penyelaman terbaik dimana penyelam bisa berenang di dasar laut dengan keanekaragaman biota laut yang menakjubkan.

6. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi (instagram.com/rekandivewakatobi)

Wakatobi merupakan tempat wisata di tenggara Sulawesi yang memiliki keindahan bawah laut yang sangat indah. Lokasi tempat wisata ini memiliki luas hingga 13.900 kilometer persegi.

Nah, destinasi alam Wakatobi ini juga memiliki keindahan alam berupa pesona 112 jenis terumbu karang yang hidup berdampingan dengan ikan-ikan bawah laut sehingga menciptakan pemandangan bawah laut yang sangat indah.

Di tempat wisata ini juga terdapat tempat menyelam untuk wisatawan dari seluruh dunia.

7. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Kepulauan Raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat (instagram.com/noviaheluth)

Kepulauan Raja Ampat yang terletak di sebelah barat Papua juga menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi karena tempat wisata ini merupakan tempat yang memiliki kekayaan laut terlengkap di muka bumi. Ada 4 pulau indah yang menghasilkan lukisan cadas kuno yaitu Waigeo, Salawati, Batanta dan Misool.

Ketahuilah bahwa nama pulau ini berasal dari legenda masyarakat setempat dengan keindahan dan kemegahan pemandangannya yang sangat memukau. Pulau ini meliputi 4,6 juta hektar daratan dan lautan, yang terdiri dari 540 jenis karang, 1511 jenis ikan, dan 700 jenis moluska.

Nature Conservancy and Conservation International menyatakan bahwa sekitar 75% spesies laut dunia hidup di pulau Raja Ampat yang indah dan menakjubkan ini.

8. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo (instagram.com/nightwolf69)

Gunung Bromo merupakan tempat wisata di Jawa Timur yang merupakan gunung berapi aktif dengan daya tarik tersendiri berupa gurun pasir yang sangat luas. Walaupun Gunung Bromo bukanlah gunung tertinggi di Indonesia, namun memiliki keindahan pemandangan yang luar biasa dan spektakuler.

Saat berkunjung ke Gunung Bromo, wisatawan dapat menunggang kuda, mendaki gunung dan menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam yang menawan.

9. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo (instagram.com/volkerkessdotcom)

Terletak di sebelah timur Nusa Tenggara, Pulau Komodo adalah tujuan wisata yang populer. Pulau ini terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Timur dan memiliki ratusan ekor komodo sebagai satwa endemik yang hanya ada di Indonesia.

Wisatawan bisa mengamati tingkah laku hewan purba tersebut saat berkunjung ke sini. Selain itu, Pulau Komodo juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan pantai berpasir merah muda yang disebut “Pink Beach”.

10. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur (instagram.com/ranilisza)

Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang dikenal sebagai tempat wisata budaya di Indonesia. Ternyata, Candi Borobudur kini menjadi objek wisata yang mendunia. Bahkan, candi dengan luas kurang dari 123 x 123 meter ini dikenal sebagai candi Budha terbesar di dunia.

Candi ini dibangun pada masa kerajaan Mataram kuno yang merupakan warisan budaya dan sejarah Indonesia yang terkenal dengan arsitekturnya yang indah dan memukau. Pengunjung dapat mengambil spot foto Instagram untuk menciptakan momen tak terlupakan di sekitar candi.

Diantara beberapa tempat wisata Indonesia di atas, Anda bisa memilih tempat wisata Indonesia yang memiliki keindahan memukau dengan pesona alam yang tidak akan Anda temukan di negara lain.