PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Maret 3, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara ringkasan dan abstrak. Jadi, apakah kalian pernah bingung mana yang mana? Gak usah khawatir, kita akan pecahkan kegundahan ini bareng-bareng. Jadi, ringkasan adalah suatu bentuk penyusutan atau pengurangan informasi dari suatu teks, cerita, atau artikel. Nah, tujuannya adalah supaya kita bisa dapetin inti dari bacaan tersebut tanpa harus baca semuanya. Sedangkan abstrak, teman-teman, lebih sering kita temuin di jurnal ilmiah atau karya penelitian. Fungsinya adalah memperkenalkan dan menjelaskan secara singkat isi dari penelitian tersebut. Jadi, abstrak ini bakal jadi panduan buat kita buat nentuin apakah kita mau baca detail penelitiannya atau enggak. Jadi, gitu deh bedanya ringkasan sama abstrak. Mudah-mudahan jelas ya teman-teman. Yuk, kita terus eksplorasi dunia tulis-menulis ini bareng-bareng!

partikel untuk objek langsung Perbedaan utama antara ringkasan dan abstrak Artinya, sinopsis adalah ringkasan dari sebuah buku, plot, atau film, sedangkan abstrak adalah ringkasan dari sebuah karya ilmiah.

Ringkasan dan abstrak keduanya istilah yang sangat mirip. Abstrak menargetkan khalayak umum dengan memberikan gambaran tentang karya seni seperti buku, film, dan artikel. Di sisi lain, abstrak menargetkan khalayak akademis dengan meringkas studi penelitian dan karya ilmiah lainnya.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa ringkasannya?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu abstrak?
– Definisi, karakteristik
3. Perbedaan antara ringkasan dan abstrak
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Abstrak, ringkasan

Apa ringkasannya?

Ringkasan adalah ringkasan atau deskripsi tentang sesuatu. Umumnya, ini adalah ringkasan beberapa paragraf dari sebuah artikel, buku, bab atau drama. Sebuah sinopsis pada dasarnya bersifat subyektif karena penulis memilih apa yang akan dimasukkan, meskipun tidak semua poin dalam karya aslinya disertakan. Biasanya, ringkasan berisi gagasan utama dari karya utama yang menurut penulis penting. Selain itu, gaya penulis saat ini daripada karya aslinya. Tergantung pada tujuannya, panjang ringkasan bervariasi.

Sinopsis hanya berisi poin-poin utama karena memberikan gambaran alur cerita. Sinopsis penting bagi penulis untuk menerbitkan bukunya dan bagi pembuat film untuk memperkenalkan karya mereka kepada publik. Melalui sinopsislah penonton mendapatkan ide dari sebuah buku, film atau serial TV.

Langkah-langkah menulis ringkasan

  1. Membaca karya aslinya
  2. Mengembangkan ringkasan plot
  3. Promosi konten
  4. Tinjau detailnya

Apa itu abstrak?

Abstrak adalah ringkasan dari sebuah karya ilmiah. Biasanya melaporkan tujuan, sasaran, dan hasil dari suatu karya/penelitian akademik, menjelaskan maksud dari karya tersebut, metode yang digunakan, dan kesimpulan yang dicapai. Penulisan abstrak penting ketika menulis proposal buku, mengajukan hibah penelitian, menulis tesis, dan mengirimkan makalah penelitian ke jurnal akademik.

Abstrak memiliki batasan kata yang ketat dan umumnya sekitar 300-100 kata. Dalam makalah penelitian, abstrak ditempatkan pada halaman terpisah setelah halaman judul dan ucapan terima kasih dan sebelum halaman isi.

IMRaD (Pengantar, Metode, Hasil, Diskusi) adalah cara umum untuk menyusun abstrak. Abstrak harus benar-benar dapat dipahami, independen, dan mencerminkan struktur karya aslinya.

Tips menulis abstrak

  • Gunakan kalimat pendek
  • Hindari suara pasif
  • Bahasa harus jelas dan tepat
  • Hindari kata-kata pengisi dan pengulangan
  • Hindari penjelasan panjang

Perbedaan antara ringkasan dan abstrak

Definisi

Abstrak adalah ringkasan dari komposisi sastra seperti buku, drama atau film, sedangkan abstrak adalah ringkasan dari karya ilmiah.

Ringkasan

Ringkasan meringkas buku, bab, artikel, film, drama, dan esai, sementara abstrak meringkas karya akademik.

hadirin

Sinopsis memiliki khalayak non-akademik, sedangkan abstrak memiliki khalayak akademis.

Bahasa

Sementara ringkasan menggunakan bahasa sehari-hari, abstrak cenderung menggunakan bahasa formal.

sang penulis

Ringkasan tidak selalu ditulis oleh orang yang membuat karya aslinya, sedangkan abstrak biasanya ditulis oleh peneliti sendiri.

Hasil

Sinopsis adalah ringkasan dari sebuah artikel, buku, bab atau drama. Ringkasan biasanya ditulis oleh orang lain selain pencipta asli karya seni tersebut. Rangkuman berisi pokok-pokok pikiran dari karya utama dan panjangnya bisa berbeda-beda tergantung tujuan penulisannya. Ringkasan sangat berguna saat menerbitkan buku dan film. Abstrak, di sisi lain, adalah ringkasan dari karya ilmiah. Abstrak biasanya berisi tujuan pekerjaan, metode dan kesimpulan. Inilah perbedaan utama antara ringkasan dan abstrak.

Referensi:

1. Abstrak. Pendidikan Bersama BGSU.
2. “Ringkasan sampel”. Kamus Anda

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Gambar halaman pembuka artikel ‘Sains dan data terbuka – Model untuk spesies asing invasif di Eropa'” Oleh Daniel Mitchen – Pekerjaan sendiri (CC BY 4.0) via Commons Wikimedia
2. “Mengetik Sinopsis” (domain publik) melalui Pxhere