PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 27, 2024

Hai, teman-teman! Pernahkah kalian mendengar tentang GCSE dan IGCSE? Nah, kali ini kita akan bahas apa sih perbedaannya antara keduanya. Jadi, GCSE merupakan singkatan dari General Certificate of Secondary Education yang biasa diambil oleh siswa di Inggris. Sementara itu, IGCSE adalah singkatan dari International General Certificate of Secondary Education yang lebih berorientasi internasional. Nah, perbedaannya terletak pada kualifikasi yang diberikan. GCSE hanya diakui di Inggris, sedangkan IGCSE diakui secara internasional. Jadi, kalau kalian ingin mengikuti ujian yang lebih “globetrotter”, mungkin IGCSE bisa jadi pilihan yang oke. Tapi tahu gak sih, di Indonesia sendiri juga ada sekolah yang menawarkan program IGCSE. Jadi, kalau kalian tertarik, kenapa nggak coba ikut IGCSE aja? Nah, itu dia sedikit perbedaan antara GCSE dan IGCSE. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

partikel untuk objek langsung Perbedaan utama antara GCSE dan IGCSE Ini karena GCSE berfokus terutama pada siswa sekolah menengah di Inggris, sedangkan IGCSE berfokus pada siswa sekolah menengah di seluruh dunia.

GCSE (General Certificate of Secondary Education) dan IGCSE (International General Certificate of Secondary Education) adalah dua kualifikasi yang memiliki banyak persamaan. Pada artikel ini kita akan melihat perbedaan antara GCSE dan IGCSE.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu GCSE?
– Definisi, karakteristik
2. Apa itu IGCSE?
– Definisi, karakteristik
3. Kesamaan antara GCSE dan IGCSE
– Garis besar fitur umum
4. Perbedaan antara GCSE dan IGCSE
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Sertifikat Umum Pendidikan Menengah, GCSE, Sertifikat Umum Internasional Pendidikan Menengah, IGCSE

Apa itu GCSE?

Singkatan GCSE singkatan dari frase Sertifikat umum pendidikan menengah. Umumnya, GCSE diselesaikan oleh siswa SMA di Inggris. Namun, GCSE juga ditawarkan di lembaga pendidikan lain di seluruh dunia seperti Australia, Kanada, dan India. Karena GCSE diakui sebagai kualifikasi internasional, GCSE berfungsi sebagai kualifikasi sekolah menengah resmi untuk pendidikan tinggi akademik lanjutan di Inggris. Siswa berusia empat belas dan empat belas tahun menyelesaikan GCSE sebelum masuk universitas. Hasil GCSE sangat penting karena mempengaruhi banyak aspek kehidupan siswa, seperti mata pelajaran yang akan mereka ambil dan kelayakan mereka untuk masuk universitas.

Selain itu, GCSE mencakup mata pelajaran seperti bahasa dan sastra Inggris, matematika, geografi, sejarah, biologi, kimia, dan fisika. Selain itu, jika kandidat ingin berpartisipasi dalam mata pelajaran non-Inggris seperti bahasa Arab, Cina, Prancis, dan Spanyol, mereka memiliki kebebasan untuk melakukannya. Setiap tahun, ujian GCSE diadakan pada bulan Juni/Juli, tetapi ujian Matematika dan Bahasa Inggris juga diadakan pada bulan November. Di sekolah umum Inggris, bahasa Inggris, sastra Inggris, matematika, dan sains adalah wajib bagi semua siswa. Dengan mata kuliah inti tersebut, mahasiswa dapat menempuh beberapa mata kuliah di bidang seni, humaniora dan olahraga.

Apa itu IGCSE?

Singkatan IGCSE adalah singkatan dari istilah tersebut Sertifikat Pendidikan Menengah Internasional Umum. Kualifikasi ini mirip dengan kualifikasi GCSE. Karena IGCSE adalah kualifikasi internasional, banyak negara di dunia menawarkan IGCSE kepada siswanya. Namun, di Inggris, sebagian besar sekolah internasional dan swasta menawarkan IGCSE. Kualifikasi IGCSE juga berlaku untuk pendidikan tinggi akademik lanjutan di Inggris serta negara lain.

Siswa yang berusia empat belas tahun ke atas dapat mengikuti IGCSE. Selain itu, dalam hal masuk ke universitas, beberapa mata kuliah di beberapa universitas memerlukan persyaratan khusus terkait IGCSE. Dalam beberapa kasus, pemberi kerja juga mengharapkan pelamar mereka memenuhi persyaratan khusus dalam matematika dan bahasa Inggris di IGCSE. Mata pelajaran IGCSE mencakup banyak hal termasuk bahasa dan sastra Inggris, matematika, ekonomi, geografi, sejarah, biologi, dan kimia. Selain itu, IGCSE diakreditasi oleh dewan ujian Cambridge atau Edexcel.

Kesamaan antara GCSE dan IGCSE

  • Hanya siswa berusia empat belas tahun ke atas yang dapat mengikuti GCSE dan IGCSE.
  • Baik GCSE dan IGCSE adalah kualifikasi yang diakui secara internasional.
  • Ada banyak mata pelajaran di GCSE dan IGCSE.

Perbedaan antara GCSE dan IGCSE

Definisi

GCSE atau General Certificate of Secondary Education diambil oleh siswa SMA di Inggris, sedangkan IGCSE atau International General Certificate of Secondary Education diambil oleh siswa SMA di seluruh dunia.

memiliki akses

Meskipun GCSE melayani sebagian besar anak sekolah menengah di Inggris, IGCSE melayani semua anak sekolah menengah di seluruh dunia.

Persyaratan universitas

Beberapa program universitas mengharapkan persyaratan IGCSE khusus, sementara universitas tidak terlalu memperhatikan persyaratan GCSE.

pengaturan waktu

Meskipun kandidat GCSE mengikuti ujian pada bulan Mei/Juni, kandidat IGCSE mengikuti ujian pada bulan November dan Januari.

Mata pelajaran wajib

Kandidat GCSE ada mata kuliah wajib, sedangkan kandidat IGCSE tidak ada mata kuliah wajib.

Hasil

Perbedaan utama antara GCSE dan IGCSE adalah bahwa GCSE melayani anak-anak sekolah menengah di Inggris, sedangkan IGCSE melayani anak-anak sekolah menengah di seluruh dunia. Selain itu, meskipun ada mata pelajaran wajib untuk kandidat GCSE, tidak ada mata pelajaran wajib untuk kandidat IGCSE.

Referensi:

1. “Sertifikat Umum Pendidikan Menengah”. Wikipedia. Yayasan Wikipedia

Didedikasikan untuk gambar:

1. “buku-rak buku-perpustakaan-pendidikan” (CC0) melalui Pixabay