PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Bisnis dari rumah di desa merupakan hal baru menyusul perubahan perilaku masyarakat akibat pandemi covid-19. Desa merupakan tempat kembalinya masyarakat dari hiruk pikuk kota dan juga tempat bagi anak-anak yang memiliki orang tua dari desa asalnya. Desa ini juga merupakan tempat yang kaya akan sumber daya perawan. Namun, terkadang masyarakat pedesaan lebih memilih merantau ke kota. Karena sebagian dari mereka menganggap bahwa ibu kota sebenarnya adalah pusat segala perdagangan. Selain pemikiran tersebut, mereka juga sangat sulit berpikir untuk memulai bisnis, tetapi mereka bingung harus berbuat apa. Di bawah ini adalah beberapa kemungkinan peluang usaha yang memiliki potensi hasil yang baik di desa.

1. Bisnis hidroponik

Peluang bisnis ini tentunya memiliki potensi yang besar, salah satunya bisnis lainnya. Namun jangan salah, penduduk kota justru memilih untuk memulai bisnis ini, dan banyak yang memanfaatkannya untuk menghasilkan banyak oksigen di lingkungan rumah mereka. Sistem tanam hidroponik ini juga sangat menguntungkan bagi masyarakat desa. Banyak yang bilang, jika ingin berbisnis di bidang tanaman hidroponik, harus mengeluarkan biaya yang relatif mahal. Namun sebenarnya sistem hidroponik lebih praktis jika tahu caranya.

2. Penyewaan peralatan pertanian

Peluang usaha rumahan yang kedua masih berkaitan dengan pertanian. Namun sedikit berbeda, bidang usaha ini lebih banyak diminati masyarakat pedesaan dan banyak dijumpai. Saat memasuki musim tertentu seperti panen atau tanam, akan banyak petani yang membutuhkan alat panen atau bajak sawah yang berbeda.

3. Menjual segala macam bibit tanaman

Biasanya banyak orang di desa yang tertarik untuk berkebun. Bahkan lebih dari itu, tanaman ini harus memiliki potensi jual beli. Terkadang masyarakat desa juga ingin mengikuti event-event kota. Ini adalah peluang bisnis rumahan dengan hasil yang menguntungkan.