PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 19, 2024

Hai teman-teman! Kalian pasti pernah denger tentang tulisan ilmiah dan tulisan umum, kan? Nah, kali ini kita bakal bahas tentang perbedaannya. Jadi, tulisan ilmiah itu tuh yang biasanya dipakai di dunia akademik, kayak di jurnal ilmiah atau tugas kuliah. Sedangkan tulisan umum itu lebih sering kita temuin di media sosial, blog, atau artikel-artikel di internet. Jadi, intinya sih, tulisan ilmiah ini lebih formal dan penuh dengan fakta dan penelitian yang mendalam, sedangkan tulisan umum lebih santai, lebih mengalir kayak lagi ngobrol gitu. Gak ada yang lebih baik atau lebih buruk antara keduanya, cuma bergantung pada konteks dan tujuannya aja. Jadi, yuk kita explore lebih jauh tentang perbedaan tulisan ilmiah dan tulisan umum ini!

Perbedaan Utama – Penulisan Akademik vs Penulisan Umum

Menulis adalah kegiatan yang kita semua terlibat dalam kehidupan kita sehari-hari. Ada berbagai gaya penulisan seperti penulisan sastra, penulisan teknis, penulisan kreatif, penulisan akademik, dll. Penulisan akademik adalah gaya penulisan yang kami gunakan dalam bidang akademik yang membutuhkan seperangkat keterampilan khusus. Perbedaan utama antara penulisan akademik dan penulisan umum adalah ini Penulisan akademik sangat formal, objektif, dan ringkas dibandingkan dengan gaya penulisan lainnya.

Artikel ini ke

1. Apa itu penulisan akademik? – Fitur, pemilihan bahasa dan aplikasi

2. Apa itu tulisan umum? – Fitur, pemilihan bahasa dan aplikasi

3- Apa perbedaan antara Penulisan Akademik dan Penulisan Umum?

Apa itu penulisan akademik?

Penulisan akademik adalah gaya penulisan yang kita gunakan dalam bidang akademik. Proyek penelitian, semester, makalah konferensi, esai, abstrak, laporan, dll. Ditulis dengan gaya ini dalam berbagai disiplin ilmu. Perbedaan utama antara penulisan akademik dan gaya penulisan lainnya adalah lebih formal dan terstruktur. Penulisan akademik juga memiliki seperangkat aturan dan strukturnya sendiri. Penonton atau pembaca tulisan akademik adalah sarjana dari bidang yang sama.

Penulisan akademik umumnya objektif, ringkas dan impersonal. Ini juga lebih kompleks daripada tulisan umum dan mungkin terdiri dari jargon teknis. Akurasi adalah faktor lain yang sangat penting dalam penulisan akademik. Tanda baca dan tata bahasa harus diperhatikan dengan ketat. Kontraksi (tidak boleh, tidak boleh, dll.), slang atau kata-kata informal, klise, kata pengisi yang tidak perlu seperti sangat, sangat, dll. juga harus dihindari dalam penulisan akademik.

Merujuk dan mengutip adalah perbedaan utama lainnya dalam penulisan akademis. Dalam penulisan akademik, penulis diharapkan untuk mendukung argumentasinya dengan mengutip bukti-bukti dari sumber lain. Namun, bukti dari sumber lain ini harus selalu dikaitkan dengan benar sesuai dengan panduan gaya yang diterima seperti referensi APA, MLA, Chicago, dan Harvard.

Apa itu tulisan umum?

Menulis untuk keperluan nonakademik dan nonteknis dapat digambarkan sebagai tulisan umum. Ini adalah gaya penulisan yang kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Buku harian dan jurnal, surat, email, artikel surat kabar, iklan, poster, dll. Semuanya ditulis dengan gaya penulisan umum. Meskipun penulisan publik juga membutuhkan ejaan dan tata bahasa, namun tidak sesulit penulisan akademik. Selain itu, tidak ada batasan penggunaan bahasa gaul, singkatan, klise, dan kata lain. Tulisan publik bisa informal, formal atau semiformal, tetapi lebih sederhana dan lebih mudah dipahami daripada tulisan akademik. Juga, tidak perlu menggunakan referensi dan kutipan yang tepat dalam penulisan umum.

Perbedaan tulisan ilmiah dan tulisan umum

menggunakan

Tulisan akademik Ini digunakan dalam proyek penelitian, makalah konferensi, esai, abstrak, laporan, dll.

Tulisan umum Ini digunakan dalam surat, email, artikel surat kabar, buku harian dan jurnal, dll.

Bahasa

Tulisan akademik Menggunakan bahasa yang formal, objektif dan ringkas.

Tulisan umum Menggunakan bahasa informal dan semi formal.

bahasa daerah

Tulisan akademik Tidak menggunakan bahasa gaul

Tulisan umum Bisa menggunakan bahasa gaul.

Kontraksi

Tulisan akademik Itu tidak menggunakan kontraksi.

Tulisan umum Bisa menggunakan kontraksi.

Referensi dan kutipan

Tulisan akademik Selalu gunakan referensi dan kutipan.

Tulisan umum Biasanya tidak menggunakan referensi dan kutipan.

Kredit gambar: Pixbay