PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

Hai, teman-teman! Kalian pernah nggak penasaran apa sih bedanya guru sama profesor? Nah, kali ini kita bakal bahas tuh perbedaan-perbedaan keren antara guru dan profesor. Jadi, mungkin ada yang udah familiar sama mereka berdua, tapi nggak ada salahnya kita kupas lebih dalam lagi, kan? Siapa tahu, nanti bisa jadi inspirasi buat kalian yang lagi bingung pengen memilih karir di bidang pendidikan. Jadi, yuk kita simak sama-sama, apa sih yang membedakan guru dan profesor ini!

Perbedaan Utama – Dosen vs Profesor

Baik dosen maupun guru besar adalah sivitas akademika yang disegani di bidang pendidikan. Mereka bekerja di universitas atau institusi pendidikan tinggi atau pendidikan tinggi serupa. Dosen adalah orang yang pada awal karir akademiknya, sedangkan profesor adalah pangkat akademik tertinggi di universitas. ini Perbedaan utama Ini antara guru dan guru Guru besar memiliki pangkat atau jabatan akademik yang lebih tinggi daripada dosen.

Siapa gurunya?

Dosen adalah pengajar di universitas atau lembaga sejenis. Mereka berada di awal karir ilmiah mereka. Karena mereka berada di awal karir akademis mereka, mereka memiliki pengalaman yang lebih sedikit daripada akademisi lainnya. Para dosen berada di bawah pangkat asisten profesor dan pustakawan. Tugas seorang dosen antara lain memimpin perkuliahan, melakukan penelitian dan mendampingi mahasiswa dalam penelitiannya. Dosen umumnya mengajar di kelas sarjana. Meskipun seseorang membutuhkan kualifikasi pascasarjana untuk menjadi dosen, gelar pascasarjana tidak diperlukan untuk menjadi dosen.

Biasanya, dosen tidak memiliki masa kerja di universitas. Namun di Inggris dan Irlandia, dosen memiliki posisi terbuka di universitas.

Siapa profesornya?

Seorang profesor adalah peringkat tertinggi universitas atau lembaga akademik serupa. Untuk menjadi seorang profesor, Anda harus menyelesaikan gelar terakhir Anda di bidang khusus Anda dan memiliki pengalaman bertahun-tahun. Oleh karena itu, ia dianggap sebagai ahli di bidangnya.

Mereka dapat mengajar program sarjana, pascasarjana dan profesional. Profesor juga melakukan penelitian asli dan mengawasi serta membimbing mahasiswa pascasarjana yang sedang menyelesaikan penelitian untuk tesis mereka. Terkadang tugas administrasi dan manajemen lembaga juga diberikan kepada mereka. Karena mereka adalah peringkat akademik tertinggi, mereka secara alami memiliki posisi pekerjaan di universitas.

Dua istilah asisten profesor dan profesor asosiasi juga terkait dengan profesor. Namun, dua posisi ini lebih rendah dari profesor.

Perbedaan guru dan profesor

pangkat

guru Ini adalah peringkat akademik terendah di universitas.

Profesor Ini adalah peringkat akademik tertinggi di universitas.

siswa

guru Dia biasanya mengajar kelas sarjana.

Profesor Dia mengajar program sarjana, pascasarjana dan profesional.

tugas

guru Tidak mencampuri urusan administrasi dan manajemen perguruan tinggi.

Profesor Terkadang dia terlibat dalam tugas administrasi dan manajemen di universitas.

Masa jabatan

speaker Ini mungkin atau mungkin tidak memiliki posisi tetap.

profesor Mereka biasanya memiliki posisi tenurial.

Kelas terminal

speaker Secara umum, mereka tidak menyelesaikan derajat terminal.

profesor Lengkapi kualifikasi terminal di bidang keahlian Anda.

Pengalaman

speaker Mereka memiliki lebih sedikit pengalaman daripada profesor.

profesor Mereka memiliki pengalaman bertahun-tahun

Hak

Kuliah Dapatkan bayaran kurang dari profesor.

profesor Dapatkan bayaran lebih dari akademisi lainnya.

Didedikasikan untuk gambar:

“Guru” oleh Jiří Sedláček – Pekerjaan sendiri (CC BY-SA 4.0) melalui Wikimedia Commons

“Profesor” oleh Andre Henschke – Pekerjaan sendiri, (CC BY-SA 3.0) melalui Commons Wikimedia