PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 19, 2024

Hai, teman-teman! Kalian pernah denger nggak sih tentang tinjauan pustaka dan artikel? Nah, pada kesempatan kali ini, kita bakal bahas perbedaan antara kedua hal itu. Jadi, kita tahu kan kalau tinjauan pustaka itu kayak bacaan yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, sementara artikel tuh tulisan yang membahas topik tertentu dengan penelitian dan pemikiran penulisnya sendiri. Nggak cuma beda tentang cara pengumpulan informasi aja, tapi juga gaya tulisannya. Kalau tinjauan pustaka biasanya lebih formal dan objektif, artikel cenderung lebih personal dan subjektif. Makanya, kita bisa bilang kalau tinjauan pustaka tuh kayak “ngumpulin bahan” buat nulis artikel. Jadi, intinya, tinjauan pustaka dan artikel tuh punya keunikan masing-masing, tapi keduanya sangat penting dalam dunia penelitian dan ilmu pengetahuan. Yuk, terus belajar bareng tentang keduanya!

Perbedaan Utama – Tinjauan Sastra vs. Esai

Tinjauan pustaka dan esai adalah dua jenis tulisan yang harus ditulis oleh siswa. Esai biasanya merupakan tulisan pendek tentang topik tertentu. Namun, A Tinjauan literatur adalah bagian dari studi penelitian di mana peneliti / mahasiswa diminta untuk mempelajari, menganalisis dan mengevaluasi karya berbagai penulis dan menyiapkan laporan. Menulis tinjauan literatur relatif lebih rumit daripada menulis artikel. ini Perbedaan utama Antara tinjauan literatur dan artikel

Artikel ini menjelaskan,

1. Apa itu esai?
– Fitur, jenis, struktur

2. Apa itu tinjauan pustaka?
– Fitur, persiapan, struktur

3. Perbedaan antara tinjauan pustaka dan artikel

Apa itu esai?

Esai adalah tulisan pendek tentang topik tertentu. Artikel ini menjelaskan, menganalisis dan mengevaluasi subjek. Artikel seringkali merupakan kombinasi dari fakta dan angka, pendapat dan ide penulis. Ada berbagai jenis esai, seperti esai naratif, esai deskriptif, esai argumentatif, esai persuasif, esai deskriptif, dll., Isi dan tujuan esai tergantung pada jenis esai. Misalnya, jika Anda menulis esai persuasif, tujuan Anda adalah meyakinkan pembaca agar setuju dengan Anda dan memahami maksud Anda. Isi artikel akan berisi argumen dan fakta yang kuat. Sebaliknya, jika Anda sedang menulis esai naratif, bercerita dan menarik perhatian pembaca akan menjadi perhatian utama Anda.

Sebuah esai pada dasarnya memiliki tiga bagian yang dikenal sebagai pengantar, tubuh dan kesimpulan. Ketiga bagian ini sama pentingnya. Perkenalan Itu menarik perhatian para pembaca dan memberikan gambaran singkat tentang apa yang akan dibahas dalam keseluruhan artikel. Dia Tubuh Esai yang membuat argumen, menganalisis topik, atau menguraikan konsep. partikel untuk objek langsung Hasil Ini secara singkat merangkum artikel dan mengungkapkan pendapat penulis tentang topik tersebut.

Apa itu tinjauan pustaka?

Tinjauan literatur adalah bagian penting dari studi penelitian. Ini adalah laporan evaluasi informasi yang tersedia dalam literatur yang berkaitan dengan studi yang dipilih. Oleh karena itu, tinjauan literatur adalah titik awal penelitian karena memaksa peneliti untuk meringkas, mengevaluasi dan membandingkan informasi dan sumber yang paling penting dan relevan di bidang yang relevan. Ini juga membantu peneliti untuk mengidentifikasi kesenjangan, ketidakkonsistenan dan juga kontradiksi dalam literatur.

Oleh karena itu, untuk menulis tinjauan pustaka, Anda perlu membaca artikel, buku, dan jurnal penelitian tentang topik spesifik Anda. Kemudian putuskan informasi apa yang paling relevan dengan topik. Anda kemudian dapat meringkas, menganalisis, dan membandingkan informasi ini. Analisis sistematis ini juga membantu Anda menemukan celah penelitian di lapangan.

Tinjauan literatur yang baik harus:

  • Bandingkan dan kontraskan pandangan dari penulis yang berbeda
  • Perhatikan area di mana penulis tidak setuju
  • Kelompokkan bersama penulis dengan pandangan serupa
  • Sorot kesenjangan di wilayah penelitian
  • Jelaskan bagaimana penelitian ini berhubungan dengan penelitian sebelumnya

Struktur tinjauan pustaka mirip dengan struktur artikel atau makalah. Namun, akhir tinjauan literatur selalu berisi daftar referensi yang ditulis dengan gaya kutipan yang diterima.

Perbedaan antara tinjauan pustaka dan artikel

Definisi:

Tinjauan Literatur Ini adalah laporan evaluasi dari informasi yang tersedia dalam literatur yang berkaitan dengan bidang yang dipilih peneliti.

Karangan Esai singkat tentang topik tertentu.

Isi:

Tinjauan Literatur Ini termasuk ringkasan, perbandingan, evaluasi dan analisis karya penulis yang berbeda.

Karangan Ini sebagian besar mencakup ide penulis, pendapat beserta fakta dan angka untuk memperkuat sudut pandang penulis.

Kompleksitas:

Tinjauan Literatur Ini lebih rumit daripada sebuah artikel

artikel Itu bahkan dapat ditulis oleh siswa sekolah dasar.

Didedikasikan untuk gambar: PEXEL