PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

Halo, teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara tesis dan hipotesis. Mungkin banyak dari kalian yang masih bingung dengan kedua istilah ini, tapi tenang aja, aku akan jelasin dengan bahasa yang santai dan gak ribet. Jadi, tesis dan hipotesis itu sebenarnya adalah dua hal yang berbeda dalam dunia penelitian. Tesis biasanya digunakan dalam skripsi, tugas akhir, atau disertasi, sedangkan hipotesis itu sering muncul dalam penelitian ilmiah. Nah, intinya, tesis itu lebih ke jawaban atau kesimpulan yang didapat setelah melakukan penelitian, sedangkan hipotesis itu lebih ke dugaan awal atau prediksi yang diuji dalam penelitian. Jadi, bisa dibilang tesis itu hasil akhirnya, sedangkan hipotesis itu adalah awal dari suatu penelitian. Jadi, sekarang udah paham ya bedanya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di paragraf berikutnya!

Perbedaan Kunci – Tesis vs Hipotesis

Tesis dan hipotesis adalah dua istilah umum yang sering ditemukan dalam studi penelitian. Hipotesis adalah proposisi logis berdasarkan pengetahuan yang ada yang berfungsi sebagai titik awal untuk penyelidikan. Tesis adalah pernyataan yang disajikan sebagai pengantar untuk mempertahankan atau membuktikan. Perbedaan utama antara tesis dan hipotesis adalah ini Tesis ditemukan di semua studi penelitian sementara hipotesis terutama ditemukan dalam studi penelitian kuantitatif empiris.

Artikel ini menjelaskan,

1. Apa itu tesis?
– Definisi, fitur, fungsionalitas

2. Apa hipotesisnya?
– Definisi, fitur, fungsionalitas

3. Apa perbedaan antara tesis dan hipotesis?

Apa itu tesis?

Kata tesis memiliki dua arti dalam sebuah penelitian. Tesis dapat merujuk pada tesis atau pernyataan tesis. Disertasi atau tesis adalah makalah atau dokumen panjang yang terdiri dari studi penelitian. Tesis juga bisa merujuk pada teori atau pernyataan yang digunakan sebagai pengantar untuk mempertahankan atau membuktikan.

Pernyataan tesis dalam makalah penelitian adalah kalimat yang ditemukan di awal makalah yang menyajikan argumen utama makalah. Dokumen selanjutnya akan mengumpulkan, mengatur, dan menyajikan bukti untuk mendukung argumen ini. Pernyataan tesis pada dasarnya menyajikan topik makalah dan menunjukkan posisi apa yang akan diambil peneliti dalam kaitannya dengan topik ini. Thesis statement umumnya dapat ditemukan di akhir paragraf pertama (paragraf pengantar) esai.

Apa hipotesisnya?

Hipotesis adalah asumsi yang masuk akal berdasarkan bukti yang tersedia. Hipotesis didefinisikan oleh Kamus Oxford sebagai “hipotesis atau penjelasan yang diusulkan yang dibuat berdasarkan bukti terbatas sebagai titik awal untuk penyelidikan lebih lanjut” dan sebagai “gagasan atau teori yang belum terbukti tetapi mengarah pada studi atau diskusi lebih lanjut” . Kamus Merriam Webster Sederhananya, ini adalah dugaan ilmiah yang tidak didukung oleh bukti ilmiah objektif. Ketika diuji dan dibuktikan secara ilmiah, itu menjadi teori. Namun, penting untuk dicatat bahwa hipotesis bisa akurat atau salah.

Hipotesis sebagian besar digunakan dalam eksperimen dan studi penelitian. Namun, hipotesis tidak digunakan dalam setiap studi penelitian. Mereka sebagian besar digunakan dalam studi penelitian kuantitatif yang berhubungan dengan eksperimen. Hipotesis sering digunakan untuk menguji model atau teori tertentu. Mereka hanya dapat digunakan bila peneliti memiliki pengetahuan yang cukup tentang topik karena hipotesis selalu didasarkan pada pengetahuan yang ada. Setelah membangun hipotesis, peneliti dapat menemukan dan menganalisis data dan menggunakannya untuk membuktikan atau menyangkal hipotesis.

Perbedaan antara tesis dan hipotesis

Definisi

Tesis: Tesis adalah “proposisi atau teori yang disajikan sebagai pengantar untuk mempertahankan atau membuktikan” atau “esai panjang atau tesis yang melibatkan penelitian pribadi, yang ditulis oleh calon sarjana” (Oxford Dictionary).

Hipotesa: Hipotesis adalah “hipotesis atau penjelasan yang diajukan berdasarkan bukti terbatas sebagai titik awal untuk penyelidikan lebih lanjut” (Oxford Dictionary).

menggunakan

Tesis: Pernyataan tesis dapat ditemukan di semua makalah penelitian.

Hipotesa: Hipotesis biasanya ditemukan dalam studi penelitian empiris kuantitatif.

isi

Tesis: Pernyataan tesis dapat menjelaskan hipotesis dan bagaimana peneliti bermaksud untuk mendukungnya.

Hipotesa: Hipotesis adalah tebakan berdasarkan pengetahuan yang ada.

Didedikasikan untuk gambar:

“Tesis Master” oleh Henry Sionnen (CC BY 2.0) melalui Flickr

“Hipotesis flagel kolonial” Oleh Katelynp1 – Pekerjaan sendiri (CC BY-SA 3.0) melalui Commons Wikimedia