PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 21, 2024

Hai, teman-teman! Mau ngobrolin sedikit nih tentang perbedaan antara sungai dan danau. Jadi, pada dasarnya, sungai dan danau itu dua hal yang berbeda banget, meskipun keduanya merupakan air yang mengalir. Nah, sungai tuh kayak jalan air yang biasanya bergerak dari pegunungan ke laut atau danau. Sedangkan danau, bisa dibilang kayak kolam air yang lebih besar, yang biasanya ngumpulin air dari sungai atau hujan. Jadi, bisa dibilang sungai itu kayak jalur transportasi air yang terus bergerak, sementara danau itu kayak tempat penyimpanan air yang lebih besar dan tenang. Gitu loh perbedaan antara sungai dan danau. Gimana, udah paham kan?

Perbedaan Utama – Sungai vs Danau

Sungai dan danau adalah kumpulan air besar yang mengandung air tawar. Tidak sulit membedakan antara sungai dan danau hanya dengan melihatnya. ini Perbedaan utama Ini antara sungai dan danau Sungai adalah badan air yang bergerak ketika Danau adalah badan air yang berdiri.

Apa itu sungai?

Itu adalah sungai aliran air alami yang besar; yang melintasi suatu wilayah daratan untuk mengalir ke samudera, laut atau sungai lain. Sungai adalah badan air yang bergerak, air sungai bergerak di sepanjang pantai dalam satu arah. Air sungai mengalir di sepanjang saluran yang dibentuk oleh dasar sungai di antara tepian. Pergerakan air di sepanjang sungai disebut aliran. Sebuah sungai mungkin panjangnya beberapa kilometer atau melintasi seluruh benua. Sungai Nil di Afrika dan Sungai Amazon di Amerika Selatan yang melewati beberapa negara merupakan sungai terpanjang di dunia.

Awal sungai disebut sumber. Sebuah sungai dapat terbentuk dengan berbagai cara. Sungai terutama berasal dari hujan atau salju yang jatuh di tempat-tempat dengan ketinggian yang lebih tinggi. Beberapa sungai juga terbentuk oleh pencairan gletser atau aliran bawah tanah. Beberapa sungai mengalir sepanjang tahun, tetapi beberapa sungai mengering selama musim kemarau. Sebuah sungai dapat berupa aliran tunggal atau beberapa aliran air yang terhubung satu sama lain. Ujung sungai disebut muara; Di sinilah sungai mengalir ke laut atau badan air besar lainnya.

Apa itu danau?

Itu adalah sebuah danau Badan air yang bergerak lambat dikelilingi oleh daratan. Ini adalah massa daratan yang signifikan dari genangan air. Karena air di danau bergerak sangat lambat, sering terlihat diam. Danau dapat digambarkan sebagai suatu wilayah daratan yang berisi air, suatu tempat di daerah aliran sungai, dikelilingi oleh daratan dan tidak terhubung dengan badan air lainnya.

Danau bisa alami atau buatan manusia. Danau alami terbentuk oleh fenomena alam seperti aktivitas glasial, aktivitas vulkanik, pergerakan tektonik, dan erosi sungai. Danau buatan dibuat oleh manusia untuk tujuan pertanian atau industri, pembangkit listrik tenaga air atau tujuan rekreasi, dll.

Sebagian besar danau di dunia adalah danau air tawar. Danau Michigan-Huron adalah danau terbesar di Bumi berdasarkan wilayah. Danau Baikal di Siberia dianggap sebagai danau terdalam dan tertua di dunia, sedangkan Danau Tanganyika adalah danau terpanjang di dunia.

Perbedaan antara sungai dan danau

Aliran air

Sungai Badan air yang mengalir.

Danau Sebuah badan air berdiri.

Tautkan ke air lain

Sungai Ini terhubung ke volume air yang lebih besar.

Danau Itu tidak terhubung ke air lain.

pembentukan

sungai Mereka adalah perairan alami.

Danau Itu bisa alami atau buatan.

Lokasi

sungai Mereka ditemukan di setiap benua dan di hampir setiap jenis medan.

Danau Mereka terutama ditemukan di bagian utara dunia.

Didedikasikan untuk gambar:

“Sungai Agava, Ontario” oleh Foto oleh dan ©2004 Dustin M. Ramsey (Kralizec!) – karya sendiri. (CC BY-SA 2.5) melalui Commons

“Danau Mapurika NZ” oleh Richard Palmer. (CC BY-SA 3.0) melalui Commons