PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 21, 2024

Hai teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara subjek dan subjek. Pasti kalian suka bingung, kan, apa bedanya? Jangan khawatir, aku akan jelasin dengan gaya santai biar lebih gampang dimengerti. Jadi, subjek itu kayak pemain utama dalam kalimat, yang biasanya melakukan sesuatu atau dikenai sesuatu. Misalnya, “Aku makan nasi goreng.” Nah, “aku” itu adalah subjek yang ngelakuin aksi makan nasi goreng. Sedangkan, subjek yang lain itu seperti benda yang dikenai aksi. Contohnya, “Nasi goreng dimakan oleh aku.” Nah, “nasi goreng” jadi subjek yang dikenai aksi dimakan oleh “aku”. Jadi intinya, subjek itu bisa berperan aktif atau pasif dalam kalimat. Jadi, udah pada ngerti dong sekarang perbedaannya?

Perbedaan Utama – Tema vs Subjek

Topik dan topik adalah dua istilah dasar yang kami temukan dalam tulisan dan keduanya memainkan peran unik dalam tulisan Anda. Mengetahui perbedaan antara subjek dan topik penting untuk menghasilkan tulisan yang baik. Itulah sebabnya pada artikel ini kita akan membahas perbedaan antara subjek dan subjek. partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Ini antara subjek dan subjek Tema adalah gagasan atau kesan utama yang disampaikan melalui tulisan ketika Topik adalah topik yang dibahas atau disajikan dalam tulisan Anda. Topik menjelaskan tentang apa cerita itu, sedangkan tema menjelaskan mengapa cerita itu ditulis.

Apa temanya?

Masalahnya adalah ini Pesan atau kesan sentral yang disampaikan oleh teks. Setiap karya tulis, baik itu cerita, puisi, atau esai, memiliki tema. Bahkan, mungkin ada lebih dari satu masalah. Tema dapat dibagi lagi subyek utama Dan Masalah kecil Mengingat pentingnya mereka

Fakta penting untuk diingat dalam mengidentifikasi topik dalam setiap tulisan adalah bahwa topik tidak disajikan secara langsung atau eksplisit. Pembaca harus menyimpulkan tema. Sederhananya, penulis tidak secara langsung menyatakan bahwa ini adalah subjek karya, pembaca dapat memahami subjek hanya setelah membaca dan memahami karya tersebut. Dengan demikian, topik dibagi menjadi dua sub-kategori: Konsep tematik Dan Pernyataan tematik. Konsep tematik adalah topik yang disimpulkan oleh pembaca sedangkan ungkapan tematik adalah topik yang dimaksud oleh penulis. Perbedaan ini menunjukkan bahwa tema biasanya mencerminkan pendapat pribadi penulis atau pembaca, karena persepsi topik dapat berbeda berdasarkan orang yang berbeda.

apa masalahnya

Masalahnya adalah ini Topik yang dibahas dalam sebuah tulisan, menjelaskan tentang apa cerita itu. Tema mudah diidentifikasi karena penulis biasanya menggunakan pendekatan langsung untuk mendefinisikan dan menjelaskan keseluruhan tema karya mereka. Topiknya dinyatakan dengan jelas di awal esai atau tulisan akademis lainnya.

Misalnya, Anda mungkin diminta untuk menulis tentang globalisasi. Ini akan menjadi subjek atau topik tulisan Anda. Tetapi temanya mungkin berbeda menurut pendapat pribadi orang yang berbeda.

Selain itu, tanpa tema yang terdefinisi dengan baik, pembaca tidak akan tahu tentang apa cerita itu. Topik yang jelas juga membantu penulis untuk mengatur pemikirannya dan menghasilkan karya yang terorganisir.

Perbedaan antara Subjek dan Subjek

arti

Masalah Ini adalah pesan utama yang disampaikan melalui tulisan.

Masalah Topik yang dibahas dalam artikel.

penjelasan

Masalah Itu menjelaskan mengapa tulisan tertentu itu ditulis.

Masalah Ini menjelaskan tentang apa postingan itu.

PENGENAL

Masalah Itu tidak disebutkan secara langsung dalam pekerjaan.

Masalah Ini umumnya diberikan langsung dalam pekerjaan.

eksklusif

Masalah Ini istimewa karena mencerminkan opini.

Masalah Ini lebih umum karena menunjukkan subjek.