PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 21, 2024

Hai, bro/sis! Kalau kamu lagi bingung mau ambil studi penuh waktu atau paruh waktu, aku bakal ngejelasin nih tentang perbedaannya. Jadi, studi penuh waktu itu kayaknya udah pada tau ya, kita harus kuliah setiap hari dan jamnya bisa panjang. Tapi kalo studi paruh waktu, kita bisa ngatur sendiri jadwal kuliahnya, jadi lebih fleksibel gitu. Nah, tentunya kedua pilihan ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Perbedaan Utama – Studi Penuh Waktu vs Studi Paruh Waktu

Memilih antara studi penuh waktu dan paruh waktu adalah masalah umum yang dihadapi banyak siswa. Perbedaan antara studi penuh waktu dan paruh waktu sebenarnya tergantung pada jumlah kredit atau mata kuliah yang diambil setiap semester. Namun, Belajar penuh waktu biasanya memungkinkan Anda menyelesaikan kursus dalam waktu yang lebih singkat. ini Perbedaan utama antara studi penuh waktu dan paruh waktu

Artikel ini mencakup,

1. Apa itu studi penuh waktu? – Fitur, waktu, manfaat

2. Apa itu studi paruh waktu? – Fitur, waktu, manfaat

3. Apa perbedaan antara studi penuh waktu dan paruh waktu?

Apa itu studi penuh waktu?

Studi penuh waktu membantu siswa untuk fokus secara intens pada pekerjaan akademiknya tanpa gangguan apa pun. Meskipun jumlah kredit dan jam studi dapat bervariasi berdasarkan mata pelajaran dan universitas, mahasiswa penuh waktu biasanya mengambil lebih banyak kredit per semester daripada mahasiswa paruh waktu. Mereka mungkin menghabiskan 30-40 jam kontak (kuliah, diskusi, dll. di kampus) dan jam non-kontak (belajar mandiri, pekerjaan rumah, tugas, dll.) untuk belajar. Oleh karena itu, mereka dapat menyelesaikan gelar dalam waktu yang relatif singkat.

Meskipun banyak orang beranggapan bahwa studi penuh waktu melibatkan jam tetap dari jam 9 sampai jam 5, ada banyak program studi penuh waktu yang menawarkan jam fleksibel. Jadwal dan jam panggilan dapat bervariasi dari hari ke hari. Studi penuh waktu biasanya memiliki beban kerja yang sama dengan pekerjaan penuh waktu. Namun, beban kerja ini dibagi antara kuliah, proyek, tutorial, tugas, kerja lapangan, studi individu, dll tergantung pada mata kuliahnya.

Apa itu studi paruh waktu?

Studi paruh waktu biasanya melibatkan lebih sedikit jam per minggu daripada studi penuh waktu. 10-20 jam per minggu (baik kontak maupun non-kontak) dianggap sebagai standar kursus paruh waktu. Studi paruh waktu juga melibatkan lebih sedikit mata pelajaran atau unit per semester. Namun, siswa juga membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan gelar. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan gelar sebenarnya tergantung pada struktur kursus dan jumlah waktu yang Anda habiskan untuk itu.

Keuntungan utama dari studi paruh waktu adalah kemampuan untuk menggabungkan studi akademis dengan pekerjaan atau komitmen lainnya. Jadi, ini adalah peluang besar bagi mereka yang paruh waktu atau penuh waktu. Studi paruh waktu mungkin sangat bermanfaat jika seorang siswa mengambil gelar profesional terkait, karena memungkinkan dia untuk mendapatkan pengalaman yang menambah relevansi dan kedalaman studi akademisnya. Selain itu, banyak siswa memilih untuk belajar paruh waktu untuk menyelesaikan studi pascasarjana mereka.

Penting juga untuk dicatat bahwa tidak semua universitas dan institusi pendidikan tinggi menawarkan pendidikan penuh waktu dan paruh waktu. Ada beberapa institusi yang menawarkan studi penuh waktu dan beberapa yang berspesialisasi dalam studi paruh waktu.

Perbedaan antara studi penuh waktu dan paruh waktu

Waktu

Waktu penuh Studi membutuhkan waktu lebih sedikit untuk diselesaikan.

Paruh waktu Studi akan memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan.

jam per minggu

Waktu penuh Studi mungkin melibatkan 30 sampai 40 jam per minggu.

Paruh waktu Belajar mungkin melibatkan 10 sampai 20 jam per minggu.

Mata pelajaran dan unit kursus

Waktu penuh Studi mencakup lebih banyak mata pelajaran atau unit di setiap semester.

Paruh waktu Studi terdiri dari lebih sedikit mata pelajaran atau unit per semester.

bekerja

Waktu penuh Siswa tidak bekerja sambil belajar

Paruh waktu Siswa dapat belajar paruh waktu atau penuh waktu sambil bekerja.

Kursus Pendidikan

Waktu penuh Studi biasanya dilakukan oleh mahasiswa sarjana.

Paruh waktu Studi dipilih untuk gelar pascasarjana profesional seperti MBA.

Didedikasikan untuk gambar:

“Siswa di Kelas (3618969705)” oleh Hubungan Masyarakat Tulane – Siswa di Kelas Diunggah oleh AlbertHerring (CC BY 2.0) melalui Wikimedia Commons

“1185626” (domain publik) melalui Pixbay