PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 19, 2024

Hai sobat! Kali ini, kita mau bahas tentang perbedaan antara sosiologi dan antropologi nih. Jadi, ada yang pernah denger tentang dua bidang ilmu sosial ini? Kalau belum, tenang aja, kita bakal jelasin dengan santai dan gak pake bahasa ribet. Jadi, sosiologi itu lebih fokus pada studi tentang masyarakat dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Sedangkan antropologi, lebih ke studi tentang manusia dan kebudayaan mereka. Nah, kira-kira gitu deh perbedaannya. Makanya, jangan bingung ya, nanti kita bakal bahas lebih dalam lagi! Yuk, simak terus penjelasannya!

Perbedaan Utama – Sosiologi vs Antropologi

Sosiologi dan antropologi sama-sama disiplin ilmu yang mempelajari masyarakat manusia dan manusia. ini Perbedaan utama Antara sosiologi dan antropologi adalah pendekatan yang diadopsi dalam setiap disiplin ilmu. AAntropologi mempelajari masyarakat dan budaya manusia serta perkembangannya. Sosiologi mempelajari perkembangan, struktur dan fungsi masyarakat manusia.

Apa itu sosiologi?

Sosiologi adalah disiplin akademik yang berfokus pada interaksi manusia, struktur sosial dan organisasi sosial. Area seperti pengembangan, struktur, organisasi, unit, institusi, dan peran sosial orang, dll., Ditelaah dalam konteks ini. Mata pelajaran sosiologi mencakup mulai dari tataran mikro seperti individu dan keluarga hingga tataran makro sistem dan struktur sosial.

Kelas sosial, stratifikasi sosial, mobilitas sosial, hukum, dll. Adalah bidang yang secara tradisional dipertimbangkan dalam sosiologi. Sekarang telah menyebar ke bidang lain seperti kedokteran, politik, pendidikan, militer dll.

Sosiologi menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yang dikumpulkan melalui survei dan sampling. Selanjutnya, sosiologi secara tradisional berfokus pada masyarakat industri Barat.

Apa itu antropologi?

Antropologi adalah studi tentang manusia dalam hal karakteristik fisik, hubungan lingkungan dan sosial, dan budaya. Antropologi berfokus pada budaya dan karakteristiknya. Bidang-bidang seperti seni, gender, bahasa, agama dipelajari di bawah antropologi. Dalam antropologi, masyarakat, budaya, dan tradisi mereka diamati dengan cermat. Antropolog mempelajari bagaimana individu, keluarga, dan komunitas berinteraksi dengan masyarakat yang lebih besar dan proses sosial. Karakteristik satu kelompok orang sering dibandingkan dengan kelompok lain.

Ada berbagai subbidang dalam antropologi. Misalnya, antropologi budaya berfokus pada studi tentang perubahan budaya di antara kelompok yang berbeda. Antropologi linguistik berfokus pada dampak bahasa pada masyarakat. Antropologi biologi adalah ilmu yang berfokus pada aspek biologis dan perilaku manusia.

Antropologi terutama menggunakan data kualitatif karena mempelajari budaya dan masyarakat. Antropologi secara tradisional berfokus pada negara-negara non-Barat, tetapi praktik ini sekarang berubah.

Perbedaan Antara Sosiologi dan Antropologi

Definisi

Sosiologi Ini adalah studi tentang perkembangan, struktur dan fungsi masyarakat manusia.

Antropologi Ini adalah studi tentang masyarakat dan budaya manusia dan perkembangannya.

Fokus

Sosiologi Ini berfokus pada masalah dan institusi sosial.

Antropologi Ini berfokus pada budaya dan masyarakat.

data

Sosiologi Ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif.

Antropologi Ini menggunakan data kualitatif.

daerah

Sosiologi Ini mempelajari bidang-bidang seperti kelas sosial, klasifikasi sosial, mobilitas sosial, hukum, dll.

Antropologi Dia belajar di bidang-bidang seperti seni, gender, bahasa dan agama.

Tanggal

Sosiologi Ini secara tradisional berfokus pada masyarakat Barat.

Antropologi Ini secara tradisional berfokus pada masyarakat non-Barat.

Subbidang

Sosiologi Ini dibagi menjadi beberapa cabang seperti studi gender, kriminologi, pekerjaan sosial, dll.

Antropologi Ini dibagi menjadi beberapa cabang seperti antropologi linguistik, arkeologi, antropologi hukum, dll.

Didedikasikan untuk gambar:

“Sosiologi” Oleh Tamaric1997 – Soпstveno дело, (CC BY-SA 4.0) melalui Commons Wikimedia

“Antropologi” oleh Anthony Stanley dari Gloucester, UK – Patung Kotlik di National Museum of Anthropology, Mexico City (CC BY-SA 2.0) via Commons Wikimedia