PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 14, 2024

Hai teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara sistem Perpustakaan Kongres dan sistem desimal Dewey dalam pengelolaan buku di perpustakaan. Jadi, mungkin sebagian dari kalian sudah pernah dengar tentang dua sistem ini, kan? Nah, kali ini kita akan membedahnya secara santai dan gak ribet. Jadi, siap-siap yaa!

partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Antara sistem Perpustakaan Kongres dan sistem desimal Dewey adalah ini Sistem Library of Congress memiliki 21 kelas, yang memungkinkan lebih banyak nomor panggilan, tetapi sistem desimal Dewey hanya memiliki 10 kelas, yang memungkinkan jumlah panggilan terbatas.

Sistem Library of Congress dan sistem desimal Dewey adalah dua sistem klasifikasi populer di perpustakaan. Kedua hal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu sistem Library of Congress?
– Definisi, klasifikasi, kelas
2. Apakah sistem desimal Dewey itu?
– Definisi, klasifikasi, kelas
3. Apa perbedaan antara sistem Library of Congress dan sistem desimal Dewey?
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Sistem Desimal Dewey, DDC, Perpustakaan Sistem Kongres, LCC

Apa itu sistem Library of Congress?

Library of Congress Classification (LCC) atau Library of Congress System adalah sistem klasifikasi perpustakaan yang dikembangkan oleh Library of Congress. Itu dibuat pada akhir 19ketujuh dan awal 20-anketujuh Berabad-abad untuk mengatur buku di Perpustakaan Kongres. Saat ini, banyak perpustakaan akademik dan penelitian di Amerika Serikat, serta beberapa negara, menggunakan sistem ini. Selain itu, sistem ini membagi semua bahan pustaka menjadi 21 kelas utama. Sebuah huruf alfabet mengidentifikasi masing-masing kelas ini. Kelas-kelas utama ini adalah sebagai berikut:

Selain itu, kelas abjad dasar ini memiliki beberapa subkelas khusus yang dapat diidentifikasi dengan kombinasi dua huruf atau tiga huruf. Misalnya, kelas P yang mewakili bahasa dan sastra memiliki subkategori seperti PA (bahasa dan sastra Yunani, bahasa dan sastra Latin), PB (bahasa modern, bahasa dan sastra Celtic), PC (bahasa Romawi), dan sebagainya. pada.

Selain itu, masing-masing subkelas ini sekali lagi dibagi menjadi beberapa bagian yang mewakili komponen subkelas dan menunjukkan bentuk, tempat, waktu, dan subtopik. Ini diwakili oleh angka, beberapa dengan desimal. Misalnya, Subclass PK memiliki banyak subclass sebagai berikut:

PK1651-(1799) Bengali

PK1501-2899 Bahasa India dan Arya modern

PK1931-2212 Bahasa dan Sastra India, Urdu, Hindustani

PK1001-1095 Pali

Apa itu sistem desimal Dewey?

Dew Decimal Classification (DDC) atau Sistem Desimal Dewey adalah sistem klasifikasi untuk mengatur isi suatu perpustakaan. Itu diperkenalkan di Amerika Serikat oleh Melville Dewey pada tahun 1876. Selain itu, sistem klasifikasi ini banyak digunakan di perpustakaan di seluruh dunia. Sistem Desimal Dewey mengatur bahan pustaka berdasarkan mata pelajaran atau disiplin ilmu. Semua bidang dikategorikan ke dalam sepuluh grup dan 100 nomor ditugaskan ke setiap grup. 10 kelompok utama tersebut adalah sebagai berikut:

Selain itu, 10 kelompok utama ini berulang kali dibagi menjadi beberapa subkelompok untuk membahas topik tertentu. Sistem ini juga membagi subrangkaian utama dari setiap kelompok utama dengan 10. Selain itu, simbol tersebut menggunakan angka Arab. Ada tiga bilangan bulat yang mewakili kelas utama dan subkelas, sedangkan desimal mewakili pembagian selanjutnya. Misalnya,

940 – Sejarah Eropa

942 – Sejarah Inggris

942.06 – Sejarah periode Stewart

Dengan sistem ini, staf perpustakaan dan anggota pada umumnya dapat menemukan volume tertentu berdasarkan subjeknya di perpustakaan. Perpustakaan dengan berbagai ukuran dapat menggunakan sistem ini, karena terdapat versi ringkasan serta panduan klasifikasi lengkap dari DDC. Namun, jika dibandingkan dengan sistem Library of Congress, Sistem Desimal Dewey lebih cocok untuk koleksi yang lebih kecil seperti perpustakaan sekolah.

Perbedaan antara sistem Perpustakaan Kongres dan sistem desimal Dewey

Definisi

Library of Congress Classification (LCC) atau Library of Congress System adalah sistem klasifikasi perpustakaan yang dikembangkan oleh Library of Congress, namun Dewey Decimal Classification (DDC) atau Sistem Desimal Dewey adalah sistem klasifikasi yang diperkenalkan oleh Melville Dewey pada tahun 1876. menjadi.

Tipe sistem

Sistem Library of Congress menggunakan kombinasi huruf dan angka, tetapi sistem desimal Dewey menggunakan sistem angka.

Bagian dasar

Sementara sistem Library of Congress memiliki 21 kelas dasar, sistem desimal Dewey memiliki 10 kelas tambahan.

Serasi

Karena Library of Congress lebih besar dan memungkinkan lebih banyak kontak, ini lebih cocok untuk perpustakaan akademik dan penelitian yang besar. Sebaliknya, sistem desimal Dewey lebih baik untuk koleksi kecil seperti perpustakaan sekolah.

Hasil

Perbedaan utama antara sistem desimal Library of Congress dan sistem desimal Dewey adalah bahwa sistem Library of Congress memiliki 21 kelas yang memungkinkan lebih banyak nomor kontak, sedangkan sistem desimal Dewey hanya memiliki 10 kelas dan hanya memungkinkan nomor kontak dalam jumlah terbatas. dia melakukannya. Karena Library of Congress lebih besar, lebih cocok untuk perpustakaan akademik dan penelitian yang besar. Sebaliknya, sistem desimal Dewey lebih baik untuk koleksi kecil seperti perpustakaan sekolah.

Referensi:

1. “Klasifikasi Desimal Dewey”. Encyclopædia Britannica, Encyclopædia Britannica, Inc., 25 Okt. 2018, tersedia di sini.
2. “Perpustakaan Klasifikasi Kongres.” Library of Congress, tersedia di sini.
3. “Perpustakaan Klasifikasi Kongres.” Studi Perpustakaan, 23 Juli 2019, Tersedia di sini.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Perpustakaan Sistem Klasifikasi Kongres” Oleh Schonmeharn – Pekerjaan sendiri (CC BY 4.0) melalui Commons Wikimedia
2. “Bagan Sistem Desimal Dewey” Oleh makayla eads – Pekerjaan sendiri (CC BY-SA 4.0) melalui Commons Wikimedia