PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 19, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita mau bahas tentang perbedaan antara sertifikat dan diploma nih. Pasti sering dengar kan kedua kata ini, tapi mana yang beda dan kapan kita dapatkan salah satunya? Yuk, kita cari tahu bareng-bareng! Jadi, sertifikat biasanya diberikan setelah kita mengikuti pelatihan atau kursus singkat yang berhubungan dengan keahlian tertentu. Sementara itu, diploma adalah gelar yang diberikan setelah kita menyelesaikan program studi di perguruan tinggi atau universitas. Nah, apa lagi ya bedanya? Mari kita eksplor lebih lanjut!

Perbedaan Kunci – Sertifikat vs Diploma

Jika Anda tertarik untuk mengejar pendidikan tinggi, ada baiknya mengetahui perbedaan antara berbagai gelar. Pengetahuan ini akan membantu Anda mengetahui apakah itu gelar, diploma, atau gelar yang ingin Anda lamar. Pada artikel ini, kita akan secara khusus berbicara tentang perbedaan antara gelar dan diploma. partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Ini antara sertifikat dan gelar Biasanya ijazah lebih penting dan berharga daripada sertifikat.

Apa itu sertifikat?

Sertifikat adalah sertifikat yang diperoleh di pendidikan menengah atau tinggi. Kualifikasi yang ditentukan oleh nama ini bervariasi di berbagai negara. Namun pada dasarnya sertifikat biasanya lebih pendek dari diploma.

Sertifikat, di Amerika Serikat, biasanya ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi. Jenis sertifikat ini biasanya menunjukkan bahwa siswa tersebut telah mencapai standar pengetahuan dalam mata pelajaran spesialis tertentu.

Di Inggris, Sertifikat Pendidikan Tinggi adalah kualifikasi independen. Jika siswa belajar penuh waktu, itu dapat diselesaikan dalam satu tahun. Itu sama dengan satu tahun di universitas pada tingkat pertama. Memiliki gelar ini dapat membebaskan siswa dari memenuhi beberapa persyaratan gelar sarjana.

Ada empat tingkat sertifikasi di Australia. Mereka ditawarkan oleh universitas atau institusi pendidikan tinggi. Sertifikat tingkat keempat dapat langsung dihubungkan dengan diploma.

Apa itu ijazah?

Diploma adalah dokumen yang diberikan oleh lembaga pendidikan yang menyatakan bahwa seorang siswa telah berhasil menyelesaikan kursus tertentu. Tetapi diploma dapat berarti gelar yang berbeda di berbagai negara.

Seperti namanya, diploma pascasarjana adalah gelar pasca sarjana yang diperoleh setelah menyelesaikan gelar sarjana. Namun ada juga dokumen yang harus dilengkapi sebelum melamar gelar sarjana. Diploma biasanya ditawarkan oleh community college, sekolah teknik, dan universitas. Mereka biasanya lebih fokus pada keterampilan kejuruan dan profesional, meskipun beberapa peringkatnya lebih rendah dari gelar.

Di Inggris, diploma pendidikan tinggi mengacu pada pendidikan tinggi di bawah tingkat sarjana. Ada tiga jenis diploma di Australia. Ketiga jenis ijazah tersebut adalah ijazah yang dikeluarkan oleh departemen pendidikan dan pelatihan kejuruan, ijazah lanjutan yang setara dengan gelar diploma, dan ijazah pascasarjana yang diselesaikan setelah menyelesaikan gelar sarjana.

Di Amerika Serikat, istilah diploma juga mengacu pada sertifikat yang diperoleh pada akhir sekolah menengah.

Perbedaan antara sertifikat dan diploma

pangkat

Sertifikasi Pangkatnya lebih rendah dari diploma.

diploma Itu dianggap lebih baik daripada sertifikat.

Waktu

Sertifikasi Dibutuhkan lebih sedikit waktu untuk menyelesaikannya.

diploma Butuh lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya.

Prospek karir

Sertifikasi Pemegang mungkin tidak memiliki masa depan karir yang baik sebagai pemegang diploma.

diploma Pemegang mungkin memiliki prospek pekerjaan yang lebih baik.

Mencari

Sertifikasi Itu bisa disertai dengan ijazah.

diploma Bisa disertai sertifikat.

Didedikasikan untuk gambar:

“Ijazah” oleh Bpm – Pekerjaan sendiri, (Domain Publik) melalui Wikimedia Commons

“Kesaksian” oleh Aleksnozorov – kamera saya telah dipublikasikan: InstagramPusat kompak(CC0) melalui Wikimedia Commons