PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 21, 2024

Hai teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan yang sering bikin bingung antara seminar dan konferensi. Jadi, mungkin beberapa dari kalian pernah dengar dua kata ini tapi belum tahu bedanya apa. Tenang aja, aku akan jelasin dengan bahasa yang santai dan gak terlalu formal. Jadi, kalian bisa langsung paham dan nggak bosen dengerin penjelasan aku. Yuk, kita mulai!

Perbedaan Utama – Seminar vs Konferensi

Seminar dan konferensi keduanya mengacu pada pertemuan beberapa orang. Kata-kata seperti konvensi, simposium, lokakarya, dll juga merujuk pada pertemuan semacam itu. Yang membedakan seminar dari jenis pertemuan ini adalah sifat akademisnya. Seminar biasanya merupakan bentuk pelatihan akademik di lembaga pendidikan atau bisnis atau organisasi profesional. Konferensi adalah pertemuan formal untuk diskusi, pemecahan masalah atau konsultasi. Jadi, Perbedaan utama Ini antara seminar dan konferensi Seminar bersifat akademis sedangkan konferensi dapat dalam berbagai format seperti bisnis, komersial, akademik, konferensi pers, dll.

Apa itu seminar?

Seminar adalah semacam pertemuan ilmiah. Itu dapat diadakan di lembaga akademik atau ditawarkan oleh organisasi profesional atau perdagangan. Seminar biasanya merupakan sesi berulang yang berfokus pada topik tertentu setiap kali. Para peserta juga diharapkan aktif dalam pertemuan-pertemuan ini. Partisipasi aktif dicapai dengan terlibat dalam diskusi tentang topik yang relevan. Seminar selalu dipimpin oleh seorang pemimpin seminar atau seorang trainer yang memandu jalannya diskusi. Seminar juga dapat dilakukan melalui presentasi formal.

Meskipun seminar bersifat akademis, seminar dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori seperti seminar pendidikan, seminar bisnis, dll. Seminar bisnis dapat menjadi tempat di mana keterampilan baru dapat diajarkan kepada pemilik bisnis.

Apa itu konferensi?

Konferensi adalah pertemuan formal yang tujuan biasanya adalah diskusi, pemecahan masalah dan konsultasi. Ini adalah platform tempat orang “berdiskusi” tentang suatu topik. Karena konferensi memiliki tujuan khusus, konferensi dapat berlangsung selama beberapa hari. Seperti disebutkan di atas, konferensi terdiri dari berbagai jenis, seperti konferensi akademik, konferensi bisnis, konferensi bisnis, konferensi media, konferensi keagamaan, dll. Konferensi akademik adalah tempat bagi para akademisi dan peneliti untuk mempresentasikan dan mendiskusikan karya mereka. Konferensi bisnis adalah konferensi yang berfokus pada tren dan peluang baru dalam bisnis. Ide-ide inovatif dan informasi baru dapat dipertukarkan di berbagai konferensi. Penting untuk dicatat bahwa diskusi tidak dimungkinkan di beberapa konferensi.

Sebuah konferensi biasanya memiliki format yang terorganisir. Pembicara dan topik dipilih sebelum konferensi. Akan ada keynote speaker yang akan menyampaikan keynote address. Ini dapat dilihat secara umum di konferensi akademik dan bisnis.

Perbedaan antara seminar dan konferensi

Definisi

Seminar Suatu bentuk pendidikan akademik yang menyatukan sekelompok kecil orang untuk belajar tentang suatu topik tertentu.

Konferensi Ini adalah pertemuan formal di mana diskusi, pemecahan masalah dan konsultasi berlangsung.

waktu yang digunakan

Seminar Meski berulang mungkin bisa dilakukan dalam satu hari.

konferensi Itu bisa bertahan selama beberapa hari.

menjadi resmi

Konferensi Ini adalah pertemuan resmi

Seminar Mereka kurang formal daripada konferensi.

Membahas

di beberapa konferensiDiskusi tidak diperbolehkan.

Diskusi adalah fitur utama dalam A Seminar.

Didedikasikan untuk gambar:

“Konferensi Perubahan Iklim Bonn, 4 Juni 2015” oleh UNclimatechange (CC BY 2.0) via Flickr

“Seminar Fotografi Kreatif Dominic Milli” Oleh Dominic Milli – Karya sendiri (CC BY-SA 3.0) melalui Wikipedia