PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

Hai teman-teman! Kalian pernah nggak penasaran apa sih bedanya antara sekolah dan akademi? Nah, kali ini kita bakal bahas perbedaannya dengan gaya bahasa santai dan ngobrol-ngobrol seperti teman akrab. Jadi, siap-siap dengerin penjelasannya ya!

Perbedaan Kunci – Sekolah vs Akademi

Meskipun sekolah dan akademi sama-sama merupakan tempat yang menyediakan pendidikan, ada perbedaan mencolok antara sekolah dan akademi. Inilah perbedaan utama antara sekolah dan akademi Sekolah umumnya menyediakan pendidikan dasar dan menengah ketika Akademi menawarkan pendidikan tinggi di bidang khusus.

Apa itu sekolah?

Ini adalah sebuah sekolah Sebuah lembaga untuk pendidikan anak-anak, di bawah pengawasan guru. Sekolah adalah bagian dari sistem pendidikan formal suatu negara, dan seorang siswa harus maju melalui sekolah yang berbeda untuk menyelesaikan pendidikannya. Nama sekolah-sekolah ini dapat berbeda di berbagai negara, tetapi secara umum sekolah adalah lembaga yang menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah kepada siswa. Lembaga yang memberikan pendidikan tinggi pada umumnya tidak disebut sekolah. Mereka dikenal sebagai universitas atau perguruan tinggi.

Sekolah terutama dapat dibagi menjadi sekolah dasar dan menengah. Sekolah dasar untuk siswa muda dan sekolah menengah untuk remaja. Selain dua bagian ini, bisa ada jenis sekolah lain seperti prasekolah, sekolah menengah atas, dll.

Namun, di Amerika Serikat, istilah sekolah dapat mengacu pada lembaga pendidikan di tingkat mana pun, termasuk lembaga pendidikan tinggi. Di Eropa, istilah sekolah terutama digunakan untuk sekolah dasar.

Banyak sekolah dimiliki dan didukung oleh pemerintah, tetapi sekolah swasta juga dapat beroperasi secara mandiri dari pemerintah.

Apa itu akademi?

Itu adalah akademi Lembaga pendidikan menengah, pendidikan tinggi, atau penelitian. Istilah Akademi berasal dari sekolah filsafat Plato.

Akademi adalah perkumpulan para ilmuwan, penulis, atau seniman lain, umumnya didanai oleh pemerintah. Mereka diberi peran untuk mengontrol pendanaan penelitian di bidangnya masing-masing. Anggota akademi ini termasuk orang-orang terkemuka di bidangnya masing-masing. Mereka dapat ditunjuk oleh pemerintah atau dipilih oleh anggota lain. Mereka tidak harus memiliki sekolah atau perguruan tinggi, meskipun beberapa mungkin menggunakan senjata pendidikan. Akademi Prancis (académie française), yang bertindak sebagai otoritas resmi bahasa Prancis, adalah contoh akademi jenis ini.

Akademi juga dapat didefinisikan sebagai tempat pendidikan atau studi di bidang khusus. Contoh akademi ini adalah: Royal Academy of Music (Inggris), Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat, Akademi Angkatan Pertahanan Australia, dll.

Di Inggris, akademi mengacu pada sekolah yang didanai negara yang didanai langsung oleh Departemen Pendidikan. Jenis sekolah ini independen dari kontrol otoritas lokal.

Perbedaan antara sekolah dan akademi

Definisi

Sekolah Biasanya mengacu pada lembaga pendidikan anak.

Akademi Dapat merujuk ke asosiasi ilmuwan, penulis atau seniman lain yang umumnya dibiayai oleh pemerintah, tempat pendidikan atau studi di bidang spesialis atau sekolah umum di Inggris.

pendidikan

Sekolah Ini adalah tempat yang menyediakan pendidikan dasar dan menengah.

Akademi Ini adalah tempat yang menyediakan pendidikan yang sangat baik di bidang khusus.

subjek, subjek

Di sebuah SekolahMata pelajaran yang berbeda (di daerah yang berbeda) diajarkan.

Di sebuah Akademiadalah bidang keahlian yang terfokus.

siswa

A Sekolah Siswa adalah anak-anak

Satu AkademiSiswa adalah orang dewasa.

Didedikasikan untuk gambar:

“Anak-anak Uruguay” oleh Yves Polich – karya saya sendiri. (Domain Publik) melalui Wikimedia Commons

“Royal Academy of Music, London W1” oleh Philafrenzy – Pekerjaan pribadi. (CC BY 2.0) melalui Commons