PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 19, 2024

Halo teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara sejarah dan prasejarah. Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa sih bedanya? Nah, jangan bingung ya, kita akan bahas satu per satu. Sejarah itu kayak cerita zaman dulu yang udah ada catatannya, jadi kita bisa baca-baca buku dan tahu tentang kehidupan nenek moyang kita. Sedangkan prasejarah itu lebih ke zaman-zaman kuno di mana belum ada catatan tertulis. Jadi, kita harus mencari sisa-sisa benda atau artefak buat ngertiin gimana kehidupan mereka dulu. Jadi, intinya sejarah itu udah ada catatannya, sementara prasejarah itu masih agak misterius gitu. Seru kan bedanya? Yuk, kita lanjutin pembahasannya!

Perbedaan Kunci – Sejarah vs Prasejarah

Sejarah secara umum dapat didefinisikan sebagai masa lalu dan bagaimana masa lalu berhubungan dengan kehidupan manusia. ini Perbedaan utama Antara sejarah dan prasejarah, ada catatan. Peristiwa yang direkam sudah kedaluwarsa ketika Prasejarah adalah masa sebelum pengenalan tulisan. Jadi, jelas bahwa prasejarah, seperti namanya, adalah periode waktu sebelum sejarah.

Apa itu sejarah?

Itu adalah sejarah Ilmu yang mempelajari masa lalu, khususnya masa lalu manusia. Meskipun kita menggunakan istilah sejarah secara umum untuk berbicara tentang masa lalu. Sejarah, sebagai suatu disiplin ilmu atau mata pelajaran, merujuk secara khusus pada waktu yang dapat dibuktikan dengan catatan-catatan tertulis. Artinya, penanggalan mengacu pada kurun waktu setelah ditemukannya tulisan tersebut. Oleh karena itu, sejarah adalah bidang yang berhubungan dengan catatan tertulis dari masa lalu.

Dokumen-dokumen yang menjadi sumber penting informasi sejarah ini memiliki jenis yang berbeda-beda. Manuskrip langka di atas kertas, daun atau kulit binatang kering, prasasti batu, bahan cetakan adalah contoh dari dokumen-dokumen ini. Namun, beberapa catatan sebelumnya ditulis tentang kemegahan monarki, kaisar, dan keilahian. Karena menulis adalah keterampilan istimewa yang disukai oleh aristokrasi, catatan-catatan ini mengandung informasi bias tertentu. Meski demikian, banyak fakta dan informasi tentang gaya hidup zaman dahulu yang dapat diperoleh melalui catatan-catatan ini.

Apa itu prasejarah?

Istilah prasejarah secara harfiah berarti sebelum sejarah. Prasejarah dapat didefinisikan sebagai berikut Periode waktu di mana tidak ada catatan tertulis atau waktu sebelum pengenalan sistem tertulis. Ini merujuk pada periode dari saat manusia pertama kali muncul di Bumi hingga saat tulisan diperkenalkan, dikembangkan, dan digunakan. Karena evolusi peradaban manusia bervariasi dari satu peradaban ke peradaban lain, batas waktu zaman prasejarah bervariasi dari peradaban ke peradaban. Meskipun tidak ada catatan tertulis tentang masa lalu, informasi tentang zaman prasejarah dapat diperoleh dengan mempelajari artefak, peta, ukiran, dll.

Prasejarah dapat dibagi menjadi tiga periode berdasarkan teknologi pembuatan alat utama. Mereka adalah Zaman Batu, Zaman Perunggu dan Zaman Besi. Mesir Kuno dan Mesopotamia adalah yang pertama mengembangkan tulisan. Ini terjadi pada awal Zaman Perunggu. Sebagian besar peradaban lain mencapai akhir prasejarah di Zaman Besi.

Perbedaan Antara Sejarah dan Prasejarah

Definisi

Tanggal Jalannya peristiwa dicatat.

prasejarah Ini adalah periode sebelum pengembangan sistem penulisan.

Referensi

Informasi tentang itu dapat diperoleh Tanggal melalui catatan tertulis

Informasi tentang itu dapat diperoleh prasejarah Melalui ukiran kuno, artefak, dll.

Memesan

Tanggal Periode waktu adalah setelah prasejarah.

prasejarah Periode waktunya adalah sebelum sejarah.

peneliti

prasejarah Ini telah diteliti oleh arkeolog prasejarah dan antropolog fisik.

Tanggal Ini terutama diteliti oleh para sejarawan.

Didedikasikan untuk gambar:

“Diorama Manusia Gua – Museum Nasional Sejarah Mongolia” oleh Nathan McCord, Korps Marinir AS – (Domain Publik) via Commons

“Teks Pemakaman, Mesir, Naskah Hirarkis, Periode Menengah Ketiga, 664-1069 SM, Linen dengan Tinta – Institut Sejarah dan Seni Albania – DSC08195” oleh Dadro – oleh saya. (CC0) melalui Wikimedia Commons