PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara ringkasan eksekutif dan pendahuluan dalam sebuah teks. Pasti sering kan kalian denger istilah-istilah itu, tapi adakah yang tahu apa bedanya? Nah, jangan khawatir karena kali ini kita akan bahas secara santai dan gak terlalu serius. Jadi, siap-siap aja ya buat ngobrol-ngobrol bareng tentang hal ini. Yuk, kita mulai!

Perbedaan Utama – Ringkasan Eksekutif vs Pendahuluan

Ringkasan eksekutif adalah ringkasan singkat dan padat dari isi laporan atau dokumen yang panjang. Pendahuluan adalah salah satu elemen penting dari sebuah teks yang ditemukan di awal teks. partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Tujuan mereka adalah antara ringkasan eksekutif dan pendahuluan. Ringkasan eksekutif menyediakan versi ringkas dari teks utama dan memungkinkan pembaca untuk memahami isi teks utama secara utuh dengan membaca ringkasannya. Pendahuluan menjelaskan tentang apa teks itu dan mengapa teks itu ditulis.

1. Apa itu ringkasan eksekutif?
– Definisi, tujuan, fitur, konten

2. Apa itu pendahuluan?
definisi, tujuan, Fitur, konten

3. Apa perbedaan antara ringkasan eksekutif dan pendahuluan?

Apa itu ringkasan eksekutif?

Ringkasan eksekutif adalah bentuk ringkas dari isi laporan panjang. Ringkasan eksekutif terutama digunakan dalam dunia bisnis dan tidak jauh berbeda dengan jenis ringkasan lainnya. Mereka termasuk masalah / proposal makalah, informasi latar belakang, analisis singkat, dan kesimpulan. Seseorang yang tidak punya waktu untuk membaca dokumen utama dapat membaca dan memahami isinya dengan membaca ringkasan eksekutif. Meskipun ringkasan eksekutif lebih pendek dari dokumen aslinya, bisa sampai 10 halaman tergantung panjang dokumen aslinya.

Di bawah ini adalah beberapa fitur utama dari ringkasan eksekutif.

  • Ringkasan eksekutif tidak boleh melebihi 10% dari dokumen utama.
  • Mereka hanya boleh berisi informasi yang sudah ada dalam dokumen asli.
  • Mereka dapat dibaca secara terpisah dari dokumen utama.
  • Mereka harus ditulis dalam paragraf pendek dan ringkas.
  • Mereka harus ditulis dalam bahasa yang sesuai untuk audiens target.
  • Mereka harus mencakup rekomendasi, pembenaran dan kesimpulan.

Apa pengantarnya?

Pendahuluan adalah di awal buku, dokumen, laporan, artikel atau teks lainnya. Ini sangat umum dan salah satu elemen penting dari sebuah teks. Ini adalah bagian yang menjelaskan tentang apa dokumen itu nantinya. Dalam bahasa yang sederhana, ini memperkenalkan teks kepada pembaca. Pendahuluan dapat berisi beberapa informasi latar belakang tentang dokumen, pernyataan tesis, maksud atau tujuan, dan garis besar topik utama. Beberapa pengantar juga dapat mendefinisikan istilah dan konsep teknis dan menguraikan struktur makalah.

Pengenalan juga mungkin berbeda tergantung pada jenis dokumen yang Anda siapkan. Misalnya, pengantar dalam sebuah buku dan pengantar dalam sebuah artikel sangat berbeda satu sama lain.

Perbedaan Antara Ringkasan Eksekutif dan Pendahuluan

Target

Ringkasan bisnis plan: Ringkasan eksekutif menyediakan versi ringkas dari dokumen asli.

Perkenalan: Pendahuluan memperkenalkan dokumen dan menjelaskan tentang apa dokumen itu.

menggunakan

Ringkasan bisnis plan: Dengan membaca ringkasan eksekutif, Anda dapat memahami esensi teks.

Perkenalan: Anda tidak dapat memahami isi teks dengan membaca pengantar.

isi

Ringkasan bisnis plan: Ringkasan eksekutif mencakup semua elemen penting dari teks utama, termasuk rekomendasi dan kesimpulan.

Perkenalan: Pendahuluan dapat berisi informasi latar belakang, pernyataan tesis, tujuan, garis besar poin utama, definisi istilah, dan struktur teks.

dokumen terpisah

Ringkasan bisnis plan: Ringkasan eksekutif dapat dibaca sebagai dokumen terpisah.

Perkenalan: Pendahuluan tidak dapat dibaca sebagai dokumen terpisah.

Gambar milik: PEXELS