PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

Hai teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara ringkasan dan kesimpulan. Pasti kalian pernah dong denger istilah-istilah ini, tapi sering bingung apa bedanya? Jadi, ringkasan tuh kayaknya kayak kita bikin cerita pendek gitu, nggak pake detil-detilnya. Sedangkan kesimpulan itu kayak hasil akhir dari suatu pembahasan, yang udah dirangkum dari semua hal yang udah dibahas sebelumnya. Jadi, bisa dibilang ringkasan itu kayak versi singkatnya, sementara kesimpulan tuh kayak kesimpulan akhir gitu. Nah, gimana nih, udah paham bedanya? Yuk, lanjut baca artikel ini untuk dapetin penjelasan yang lebih lengkap!

Perbedaan Utama – Ringkasan vs Kesimpulan

Ringkasan dan kesimpulan adalah dua istilah yang sering digunakan dalam penulisan akademik. Ringkasan adalah pernyataan atau deskripsi singkat tentang poin-poin utama dari sebuah teks. Kesimpulan adalah bagian akhir dari sebuah bab atau teks. partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Antara ringkasan dan kesimpulan terletak tujuan mereka. partikel untuk objek langsung Tujuan utama ringkasan adalah untuk meringkas poin-poin utama ketika Tujuan dari kesimpulan adalah untuk mengakhiri teks secara perlahan. Berdasarkan tujuan yang berbeda tersebut, perbedaan fitur dapat dilihat pada kedua komponen tersebut.

Apa ringkasannya?

Ini adalah ringkasan Versi singkat dari teks yang hanya berisi poin-poin utama. Tujuan utama ringkasan adalah mengubah teks menjadi teks yang lebih kecil. Ringkasan harus menyajikan gagasan dan konsep utama dengan jelas dan ringkas. Namun, beberapa fakta yang tidak penting bagi teks dapat dihilangkan.

Terkadang sinopsis bisa berupa ringkasan dari sebuah buku, film, atau drama. Di sini, plot plot dapat dianggap sebagai ringkasan. Selain itu, ringkasan eksekutif, yang dapat ditemukan di awal laporan, proposal, rencana bisnis, dll., merangkum semua konten dan menyoroti poin-poin penting dalam dokumen. Ringkasan eksekutif harus berisi informasi seperti topik, metode analisis, temuan dan kesimpulan. Ini mirip dengan abstrak dan harus ditulis setelah seluruh penelitian selesai.

Ringkasan dapat berupa ringkasan dari sebuah buku

Apa kesimpulannya?

Ini adalah kesimpulan Bagian penting dari dokumen apa pun. Kesimpulan yang baik menarik dan menarik. Itu harus memberi pembaca kesan yang baik tentang keseluruhan dokumen. Kesimpulan harus mencakup ringkasan poin-poin utama, kesimpulan yang dibuat berdasarkan poin-poin utama, solusi untuk masalah yang dibahas dalam teks, temuan dan rekomendasi. Penting juga untuk menulis apakah tujuan penelitian telah tercapai atau belum.

Pada saat yang sama, Anda harus menghindari memasukkan fakta-fakta baru dalam kesimpulan, menyatakan kembali poin-poin utama dengan kata-kata yang sama, berfokus pada poin-poin kecil dari teks dan menggunakan daya tarik emosional dan emosional dalam esai analitis dan akademis.

Perbedaan antara ringkasan dan kesimpulan

Definisi

ini Ringkasan Versi singkat dari teks yang hanya berisi poin-poin utama.

ini Hasil Ini adalah akhir atau akhir dari sebuah bab atau teks.

Target

Tujuan utama dari a Ringkasan Merangkum poin-poin utama.

Tujuan dari a Hasil Ini untuk menyelesaikan teks secara perlahan.

Memesan

eksekutif Ringkasan Itu ada di awal dokumen.

A Hasil Itu ada di akhir dokumen.

Hubungan

A Ringkasan Itu juga harus memiliki kesimpulan.

A Hasil Ini dapat mencakup ringkasan poin-poin utama.

Referensi:
Bahasa Inggris untuk Studi Akademik: Membaca dan Menulis. Sumber buku oleh John Slaughter, Paddy Harben dan Ann Pallant. Bacaan: Pendidikan Garnet, 2009.
Bahasa Inggris untuk Seri Studi Akademik: Keterampilan Belajar untuk Penulisan Akademik. Trzeciak, John.Prentice Hall, 1994.

Didedikasikan untuk gambar:

Tiang Buku 01 ditulis oleh Michael J. Bennett (pekerjaan pribadi) [CC BY-SA 3.0]melalui Wikimedia Commons

Kesimpulan oleh M1-L3C (pekerjaan pribadi) [CC BY-SA 3.0]melalui Wikimedia Commons