PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 19, 2024

Hai teman-teman! Kalian pernah denger kan tentang proposal penelitian dan laporan penelitian? Nah, banyak yang suka bingung antara kedua hal ini. Jadi, izinkan aku ngebahas sedikit tentang perbedaannya ya. Jadi, proposal penelitian itu kayak semacam rencana kerja gitu, yang kita buat sebelum mulai penelitian. Nah, di dalam proposal ini kita bakal ngasih tau apa tujuan penelitian kita, metode yang bakal kita pake, dan juga alasan kenapa penelitian ini penting dilakukan. Sedangkan laporan penelitian itu kayak hasil akhir dari penelitian kita. Nah, di laporan ini kita bakal nulis apa yang kita temuin selama penelitian, analisis data, dan juga kesimpulan yang kita dapet dari penelitian tersebut. Jadi, intinya sih proposal itu kayak planning-nya, sementara laporan itu hasil akhirnya. Semoga jelas ya, kalo ada yang masih bingung, komen aja di bawah!

Perbedaan Kunci – Proposal Penelitian vs Laporan Penelitian

Proposal penelitian dan laporan penelitian adalah dua istilah yang sering membingungkan banyak peneliti mahasiswa. Proposal penelitian menjelaskan apa yang ingin dilakukan peneliti dalam studi penelitiannya dan ditulis sebelum mengumpulkan dan menganalisis data. Laporan penelitian menjelaskan seluruh studi penelitian dan disajikan setelah kompetisi dari seluruh proyek penelitian. Jadi Perbedaan utama Diantara proposal penelitian dan laporan penelitian adalah a Proposal penelitian menggambarkan penelitian dan desain penelitian yang diusulkan, sedangkan laporan penelitian menggambarkan penelitian yang telah selesai, termasuk temuan, kesimpulan, dan rekomendasi.

Artikel ini menjelaskan,

1. Apa proposal penelitiannya?
– Definisi, tujuan, konten dan fitur

2. Apa itu laporan penelitian?
– Definisi, tujuan, konten dan fitur

3. Apa perbedaan antara proposal penelitian dan laporan penelitian?

Apa itu proposal penelitian?

Proposal penelitian adalah ringkasan singkat dan koheren dari penelitian yang diusulkan yang disiapkan pada awal proyek penelitian. Tujuan dari proposal penelitian adalah untuk membenarkan perlunya proposal penelitian tertentu dan memberikan metode dan cara praktis untuk melakukan penelitian yang diusulkan. Dengan kata lain, proposal penelitian menyajikan rencana studi yang diusulkan dan membenarkan perlunya penelitian tertentu. Oleh karena itu, proposal penelitian menjelaskan apa yang Anda rencanakan dan mengapa Anda berencana melakukannya.

Proposal penelitian umumnya mencakup bagian-bagian berikut:

Masing-masing bagian ini sangat penting untuk proposal penelitian. Misalnya, tidak mungkin menulis proposal penelitian tanpa membaca karya terkait dan menulis tinjauan literatur. Demikian pula, tidak mungkin untuk memutuskan metodologi tanpa menentukan pertanyaan penelitian yang spesifik.

Apa itu laporan penelitian?

Laporan penelitian adalah dokumen yang disajikan pada akhir proyek penelitian. Ini menggambarkan proyek penelitian selesai. Ini juga menjelaskan pengumpulan data, analisis, dan hasil. Oleh karena itu, selain bagian-bagian yang disebutkan di atas, bagian ini mencakup bagian-bagian seperti:

  • temuan
  • Analisis
  • Kesimpulan
  • Kekurangan
  • rekomendasi

Sebuah laporan penelitian juga dikenal sebagai disertasi atau tesis. Laporan penelitian bukanlah rencana atau proposal penelitian. Ini menggambarkan apa yang sebenarnya dilakukan selama proyek penelitian dan apa yang dipelajari darinya. Laporan penelitian biasanya lebih panjang dari proposal penelitian karena memuat langkah demi langkah proses penelitian.

Perbedaan antara proposal penelitian dan laporan penelitian

Target

proposal penelitian: Proposal penelitian menjelaskan apa yang peneliti ingin lakukan dan mengapa dia berniat untuk melakukannya.

Laporan penelitian: Laporan penelitian menggambarkan apa yang peneliti lakukan, mengapa dia melakukannya, dan hasil yang dia peroleh.

Memesan

proposal penelitian: Proposal penelitian ditulis di awal proposal penelitian sebelum dimulainya proyek penelitian yang sebenarnya.

Laporan penelitian: Laporan penelitian diselesaikan setelah seluruh proyek penelitian selesai.

isi

proposal penelitian: Proposal penelitian mencakup bagian-bagian seperti pendahuluan/latar belakang, tinjauan literatur, pertanyaan penelitian, metodologi, tujuan dan sasaran.

Laporan penelitian: Laporan penelitian meliputi bagian-bagian seperti pendahuluan/latar belakang, tinjauan pustaka, pertanyaan penelitian, metodologi, maksud dan tujuan, temuan, analisis, hasil, kesimpulan, rekomendasi, kutipan.

panjangnya

proposal penelitian: Proposal penelitian lebih pendek.

Laporan penelitian: Laporan penelitian lebih panjang dari proposal penelitian.

Didedikasikan untuk gambar:

“Disertasi selesai!” Oleh Victoria Catterson (CC BY 2.0) melalui Flickr

“7112” (domain publik) melalui PEXEL