PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

Hai teman-teman! Kalian pernah nggak penasaran apa sih bedanya prasekolah dengan taman kanak-kanak? Nah, kali ini kita bakal bahas seru-serunya perbedaan di antara kedua jenjang pendidikan ini. Jadi, kalau kalian udah gede-gede dan pengen tahu apa aja sih yang bikin prasekolah dan taman kanak-kanak beda, yuk kita terusin bacaan ini bareng-bareng. Siap-siap deh buat ngeliat betapa asyiknya dunia pendidikan anak-anak!

Perbedaan Utama – Prasekolah vs TK

Prasekolah dan Taman Kanak-kanak adalah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan prasekolah (formal dan informal) kepada anak-anak sebelum dimulainya wajib belajar di sekolah dasar. Arti dan penggunaan kedua istilah ini berbeda menurut negara yang berbeda. Di Inggris, istilah taman kanak-kanak dan sekolah bermain jarang digunakan, sedangkan di AS, prasekolah dan taman kanak-kanak sebenarnya mengacu pada dua institusi yang berbeda. di Amerika, Prasekolah memberikan pendidikan nonformal sebelum memulai sekolah sedangkan taman kanak-kanak adalah pendidikan wajib tahap pertama yang ditawarkan pada usia lima tahun. ini Perbedaan utama Antara prasekolah dan taman kanak-kanak

Apa itu prasekolah?

Prasekolah adalah lembaga pendidikan yang menyediakan pendidikan anak usia dini untuk anak-anak antara usia tiga dan lima tahun sebelum pendidikan dasar wajib. Tujuan prasekolah adalah untuk mengembangkan berbagai keterampilan pada anak-anak seperti pengembangan pribadi, sosial dan emosional, keterampilan komunikasi yang terutama meliputi berbicara dan mendengarkan, keterampilan pengembangan kreatif dan estetika dan kesadaran matematika.

Pendidikan prasekolah mencakup berbagai program dan institusi, seperti program bayi dan balita, sekolah bermain, taman kanak-kanak, dan taman kanak-kanak. Semua program ini berfokus pada pendidikan formal dan non formal. Pada saat yang sama, penting untuk diketahui bahwa menghadiri prasekolah tidak wajib.

Penting juga untuk dicatat bahwa arti dan penggunaan kata prasekolah dan taman kanak-kanak berbeda di berbagai negara. Misalnya, istilah pembibitan dan kelompok bermain sering digunakan di Inggris, bukan prasekolah.

Apa itu taman kanak-kanak?

Kata TK berasal dari bahasa Jerman dan secara harfiah berarti taman untuk anak-anak. Istilah kiasan mengacu pada tempat di mana anak-anak dapat tumbuh secara alami. Taman kanak-kanak adalah program pendidikan prasekolah berdasarkan kegiatan yang menyenangkan dan langsung untuk mengembangkan keterampilan. Ini sangat mirip dengan taman kanak-kanak.

Namun, di Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa negara bagian Australia, istilah taman kanak-kanak digunakan untuk mengacu pada pendidikan wajib tahap pertama yang diberikan pada usia lima tahun. Di negara lain, ini sering merujuk pada institusi seperti playgroup.

Perbedaan antara prasekolah dan taman kanak-kanak

  • Prasekolah dan taman kanak-kanak adalah lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan prasekolah kepada anak-anak.
  • Di beberapa negara, taman kanak-kanak dan prasekolah mungkin mengacu pada hal yang sama.
  • Di Inggris, istilah nursery school jarang digunakan.
  • Di Amerika Serikat dan Kanada, taman kanak-kanak adalah tahap pertama pendidikan wajib yang ditawarkan pada usia lima tahun.

Didedikasikan untuk gambar:

“TK, dalam sesi” oleh Woodley wondersworks (CC BY 2.0) via Flickr

“Seorang Anak di TK” oleh Lucelia Ribeiro (CC BY-SA 2.0) via Flickr