PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 20, 2024

Hai teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara penelitian konseptual dan empiris. Jadi, pada dasarnya penelitian konseptual tuh lebih fokus ke pengembangan teori dan konsep, sedangkan penelitian empiris itu lebih condong ke pengumpulan data nyata dari dunia nyata. Jadi bisa dibilang, penelitian konseptual ini lebih ke “ngayal-ngayal” dengan konsep dan teori, sedangkan penelitian empiris ini lebih ke “ngecek” langsung ke lapangan. Nah, penelitian konseptual biasanya menggunakan bahan-bahan yang udah ada, kayak buku, jurnal, atau artikel, sedangkan penelitian empiris ini lebih ke mengumpulkan data baru secara langsung. Jadi, intinya, penelitian konseptual dan empiris tuh punya pendekatan yang berbeda dalam mencari dan menghasilkan pengetahuan. Yuk, kita simak lebih lanjut perbedaan dan karakteristik dari kedua jenis penelitian ini!

partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Antara penelitian konseptual dan empiris adalah itu Penelitian konseptual melibatkan ide dan konsep abstrak, sedangkan penelitian empiris melibatkan penelitian berdasarkan observasi, eksperimen, dan bukti yang dapat diverifikasi.

Penelitian konseptual dan penelitian eksperimental adalah dua metode untuk melakukan penelitian ilmiah. Kedua jenis kerangka penelitian ini berlawanan karena penelitian konseptual tidak melibatkan eksperimen apa pun dan penelitian empiris tidak melibatkan eksperimen apa pun.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu penelitian empiris?
– Definisi, fitur, kegunaan
2. Apa itu penelitian empiris?
– Definisi, fitur, kegunaan
3. Apa perbedaan penelitian konseptual dan penelitian empiris?
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Penelitian konseptual, penelitian eksperimental, penelitian

Apa itu penelitian konseptual?

Penelitian konseptual adalah jenis penelitian yang umumnya berkaitan dengan ide atau konsep abstrak. Ini secara khusus tidak termasuk pengujian langsung. Namun, jenis penelitian ini biasanya melibatkan pengamatan dan analisis informasi yang sudah ada pada topik tertentu. Penelitian filosofis secara umum adalah contoh yang baik dari penelitian konseptual.

Penelitian konseptual dapat digunakan untuk memecahkan masalah dunia nyata. Kerangka kerja konseptual, yang merupakan alat analisis yang digunakan peneliti dalam studi mereka, didasarkan pada penelitian konseptual. Selain itu, kerangka kerja ini membantu menciptakan perbedaan konseptual dan mengatur ide-ide yang dibutuhkan peneliti untuk tujuan penelitian.

Gambar 2: Kerangka konseptual

Sederhananya, kerangka konseptual adalah sintesis peneliti dari literatur (studi penelitian sebelumnya) tentang bagaimana menjelaskan fenomena tertentu. Ini menjelaskan tindakan yang diperlukan selama penelitian berdasarkan pengamatan peneliti terhadap topik penelitian serta pengetahuan yang dikumpulkan dari penelitian sebelumnya.

Apa itu penelitian empiris?

Penelitian empiris pada dasarnya adalah penelitian yang menggunakan bukti-bukti empiris. Bukti empiris mengacu pada bukti yang dapat diverifikasi dengan pengamatan atau pengalaman daripada teori atau logika murni. Oleh karena itu, penelitian empiris adalah penelitian dengan kesimpulan berdasarkan bukti empiris. Selain itu, studi penelitian empiris dapat diamati dan diukur.

Bukti empiris dapat dikumpulkan melalui studi penelitian kualitatif atau penelitian kuantitatif. Metode penelitian kualitatif mengumpulkan data non-numerik atau non-statistik. Oleh karena itu, jenis penelitian ini membantu untuk memahami alasan, pendapat, dan motivasi di balik sesuatu dan juga menemukan tren pemikiran dan pendapat. Di sisi lain, studi penelitian kuantitatif mengumpulkan data statistik. Ini memiliki kemampuan untuk mengukur perilaku, opini, atau variabel lain yang ditentukan. Selain itu, peneliti bahkan dapat menggunakan kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif untuk menemukan jawaban atas pertanyaan penelitiannya.

Gambar 2: Siklus penelitian eksperimental

AD de Groot, seorang psikolog terkenal, menyajikan sebuah siklus (Gambar 2) untuk menjelaskan proses penelitian eksperimental. Selain itu, siklus ini memiliki lima tahapan yang masing-masing sama pentingnya dengan tahapan lainnya. Langkah-langkah tersebut meliputi observasi, induksi, inferensi, tes dan evaluasi.

Perbedaan antara penelitian konseptual dan empiris

Definisi

Penelitian konseptual adalah jenis penelitian yang umumnya berkaitan dengan ide atau konsep abstrak, sedangkan penelitian empiris adalah penelitian yang hasil penelitiannya berasal dari bukti yang dapat diverifikasi dengan pengamatan atau pengalaman daripada teori atau logika murni.

Alam

Penelitian konseptual mencakup ide dan konsep abstrak. Namun, itu tidak termasuk tes praktis. Di sisi lain, penelitian eksperimental mencakup fenomena yang dapat diamati dan diukur.

Jenis studi

Studi penelitian filosofis adalah contoh studi penelitian konseptual, sedangkan penelitian empiris meliputi studi kuantitatif dan kualitatif.

Hasil

Perbedaan utama antara penelitian konseptual dan empiris adalah bahwa penelitian konseptual melibatkan ide dan konsep abstrak, sedangkan penelitian empiris melibatkan penelitian berdasarkan observasi, eksperimen, dan bukti yang dapat diverifikasi.

Referensi:

1. “Penelitian empiris: pengertian, metode, jenis dan contoh”. QuestionPro, 14 Des. 2018, Tersedia di sini.
2. “Penelitian eksperimental”. Wikipedia, Wikimedia Foundation, 15 September 2019, Tersedia di sini.
3. “Penelitian konseptual: definisi, kerangka kerja, contoh dan manfaat”. QuestionPro, 18 September 2018, Tersedia di sini.
4. Patrick. “Kerangka Konseptual: Panduan Langkah-demi-Langkah tentang Cara Membuatnya.” SimplyEducate.Me, 4 Desember 2018, Tersedia di sini.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Kerangka Konseptual APM” oleh Larry Dragic – Dibuat untuk pertemuan Konsultan Manajemen Teknis. Diterbitkan sebelumnya: Pertama kali diterbitkan di APM Digest pada bulan Maret (CC BY-SA 3.0) melalui Wikimedia Commons.
2. “Siklus Empiris” Oleh Empirical_Cycle.png: TesseUndDaanderivative: Beao (bicara) – Empirical_Cycle.png (CC BY 3.0) melalui Commons Wikimedia