PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 20, 2024

Hai teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara penelitian deskriptif dan eksperimental. Jadi, penelitian deskriptif tuh kayak ngebahas suatu fenomena atau kejadian yang udah ada di masyarakat. Kita bakal mengamati, menggali, dan mendeskripsikan keadaan yang ada. Sedangkan penelitian eksperimental tuh lebih kayak percobaan, kita bakal mencoba mempengaruhi variabel-variabel yang ada untuk melihat apakah ada pengaruhnya terhadap fenomena yang kita teliti. Jadi, bisa dibilang penelitian eksperimental ini lebih aktif dan interaktif gitu. Nah, gimana? Sudah paham kan perbedaannya? Yuk, lanjut baca untuk mengetahui lebih detail tentang kedua jenis penelitian ini!

Perbedaan utama antara penelitian deskriptif dan eksperimental adalah itu Penelitian deskriptif menggambarkan karakteristik kelompok studi atau peristiwa tertentu, sedangkan penelitian eksperimental memanipulasi variabel untuk mencapai suatu kesimpulan.

Penelitian deskriptif dan penelitian eksperimental adalah dua jenis penelitian yang digunakan orang ketika melakukan berbagai penelitian. Kedua jenis penelitian tersebut memiliki metode tersendiri yang memudahkan peneliti untuk mencapai hasil yang maksimal.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu penelitian deskriptif?
– Definisi, tujuan, metode
2. Apa itu penelitian empiris?
– Definisi, tujuan, metode
3. Apa perbedaan antara penelitian deskriptif dan eksperimen?
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Penelitian deskriptif, penelitian empiris, penelitian

Apa itu penelitian deskriptif?

Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang mempelajari partisipan yang mengambil bagian dalam penelitian atau situasi tertentu. Penelitian deskriptif tidak terbatas pada metode penelitian kuantitatif atau kualitatif, tetapi seringkali menggunakan unsur-unsur dari keduanya dalam penelitian yang sama. Oleh karena itu, seorang peneliti deskriptif sering menggunakan tiga metode utama untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Mereka adalah observasi, studi kasus dan survei.

Studi deskriptif bertujuan untuk mengetahui “apa”, oleh karena itu metode observasi dan survei sering digunakan untuk mengumpulkan data deskriptif (Borg dan Gall, 1989). Oleh karena itu, fokus utama penelitian deskriptif adalah menjawab pertanyaan “apa” dengan memperhatikan kelompok belajar. Selain itu, penelitian deskriptif terutama berkaitan dengan menemukan “apa” yang dapat digunakan untuk menyelidiki kelompok atau situasi studi tertentu. Oleh karena itu, penelitian deskriptif tidak memberikan jawaban tentang sebab akibat dari kejadian tertentu yang diteliti.

Oleh karena itu, penelitian deskriptif membantu menarik kesimpulan spesifik tentang situasi seperti memasarkan produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan, memperkirakan persentase unit dalam populasi tertentu menurut perilaku tertentu, dll. Contoh penelitian deskriptif meliputi sensus penduduk dan survei pemasaran produk

Apa itu penelitian empiris?

Penelitian eksperimental adalah studi penelitian di mana seorang ilmuwan secara aktif memengaruhi sesuatu untuk mengamati konsekuensinya. Penelitian eksperimental menggunakan manipulasi dan eksperimen terkontrol untuk memahami proses kausal. Oleh karena itu, dalam jenis penelitian ini, peneliti memanipulasi salah satu variabel yang diberikan dan mengendalikan sisanya untuk mencapai hasil.

Jenis penelitian ini biasanya melibatkan hipotesis, variabel yang dapat dimanipulasi, diukur, dihitung, dan dibandingkan. Akhirnya, data dan hasil yang dikumpulkan akan mengkonfirmasi atau menolak hipotesis peneliti. Oleh karena itu, jenis penelitian ini dapat disebut eksperimen nyata.

Dalam jenis penelitian ini, dengan memanipulasi variabel bebas seperti metode perlakuan dan metode pengajaran, peneliti mengukur pengaruhnya terhadap variabel terikat seperti perlakuan dan pemahaman siswa untuk membangun hubungan sebab akibat antara kedua variabel tersebut. Oleh karena itu, jenis penelitian ini dapat menjawab pertanyaan tentang sebab, akibat, dan akibat, dan karenanya, berdasarkan data yang dikumpulkan, memungkinkan hipotesis. Oleh karena itu, berbeda dengan penelitian deskriptif yang menjawab pertanyaan “apa”, penelitian empiris menjawab pertanyaan “bagaimana jika”. Oleh karena itu, metode pengumpulan data kuantitatif biasanya digunakan dalam jenis penelitian ini.

Jelas, jenis penelitian ini kebanyakan dilakukan di lingkungan yang terkendali, biasanya di laboratorium. Penelitian eksperimental banyak digunakan dalam ilmu-ilmu seperti sosiologi dan psikologi, fisika, kimia, biologi, kedokteran, dll.

Perbedaan antara penelitian deskriptif dan eksperimental

Definisi

Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang menggambarkan karakteristik kelompok studi atau peristiwa tertentu, sedangkan penelitian eksperimental adalah jenis penelitian yang memanipulasi variabel untuk mencapai suatu kesimpulan. Inilah perbedaan utama antara penelitian deskriptif dan empiris.

menggunakan

Penelitian deskriptif berguna untuk mengumpulkan data tentang populasi tertentu atau peristiwa tertentu, sedangkan penelitian empiris berguna untuk menemukan sebab dan akibat dari hubungan sebab akibat, korelasi, dll.

Fokus

Tujuan dari penelitian deskriptif adalah untuk menggambarkan karakteristik kelompok yang diteliti, sehingga menjawab pertanyaan “apa”, sedangkan tujuan penelitian eksperimental adalah untuk memanipulasi variabel yang diberikan untuk mengkonfirmasi atau menolak hipotesis. Oleh karena itu menjawab pertanyaan “bagaimana jika”.

Jenis studi

Penelitian deskriptif biasanya mencakup studi sosiologis dan psikologis, sedangkan penelitian eksperimental biasanya mencakup studi laboratorium forensik, biologi, dan lainnya, dll.

Mengumpulkan data

Penelitian deskriptif menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif sedangkan penelitian empiris terutama menggunakan metode kuantitatif.

Hasil

Penelitian deskriptif dan eksperimental adalah dua jenis penelitian yang penting. Kedua jenis penelitian ini berguna dalam menganalisis peristiwa dan kelompok studi tertentu. Perbedaan utama antara penelitian deskriptif dan eksperimental adalah bahwa penelitian deskriptif menggambarkan karakteristik subjek penelitian, sedangkan penelitian eksperimental memanipulasi subjek atau variabel penelitian untuk sampai pada suatu kesimpulan. Demikian pula, penelitian deskriptif menjawab pertanyaan “apa” sedangkan penelitian empiris menjawab pertanyaan “bagaimana jika”.

Referensi:

1. Penelitian deskriptif. Wikipedia, Wikimedia Foundation, 19 Juni 2018, Tersedia di sini.
2. “Apa itu Penelitian Deskriptif?”, Buku Pegangan Penelitian untuk Teknologi Komunikasi dan Pendidikan, tersedia di sini.
3. “Desain Penelitian Deskriptif: Definisi, Contoh, dan Jenis,” Study.com, tersedia di sini.
4. “Penelitian Eksperimental – Panduan untuk Eksperimen Ilmiah.” Bias pengamatan, tersedia di sini.
5. Vatu, kasih sayang. “Penelitian Empiris.” LinkedIn SlideShare, 3 Februari 2012, Tersedia di sini.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Survei” (Domain Publik) melalui PublicDomainPictures.net
2. “Experiment Pasteur English” Oleh Carmel830 – Pekerjaan sendiri (Domain Publik) melalui Wikimedia Commons