PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

Halo teman-teman! Kali ini, kita bakal bahas tentang perbedaan antara pendahuluan dan tinjauan pustaka dalam sebuah tulisan. Jangan bingung dulu ya, ntar aku jelasin dengan gaya bahasa yang santai supaya lebih gampang dipahami. Nah, jadi pendahuluan itu kayak pasal awal dalam sebuah tulisan yang berfungsi buat ngasih gambaran umum tentang topik yang bakal kita bahas. Kita bisa ngenalin masalahnya, tujuan tulisan, metode yang digunakan, dan sebagainya. Sementara tinjauan pustaka, ini lebih kayak survey literatur gitu. Jadi kita bakal mengumpulkan, menelaah, dan menganalisis berbagai sumber yang berhubungan dengan topik kita. Intinya, tinjauan pustaka ini buat mendukung argumen kita dengan hasil-hasil penelitian sebelumnya. Nah, itu tadi sekilas perbedaan antara pendahuluan dan tinjauan pustaka. Yuk, mari kita lanjutkan pembahasannya!

Perbedaan Utama – Pendahuluan vs Tinjauan Sastra

Meskipun pengantar dan tinjauan literatur ditemukan di awal teks, ada perbedaan di antara keduanya dalam hal fungsi dan tujuan. Perbedaan utama antara pengantar dan tinjauan pustaka adalah tujuannya. Tujuan pendahuluan adalah untuk memperkenalkan teks secara singkat kepada pembaca, sedangkan tujuan tinjauan literatur adalah untuk memeriksa dan mengevaluasi secara kritis penelitian yang ada di daerah penelitian yang dipilih.

Pada artikel ini kita akan membahas,

1. Apa pengantarnya?
– Definisi, karakteristik, karakteristik

2. Apa itu tinjauan pustaka?
– Definisi, karakteristik, karakteristik

3. Apa perbedaan antara pengantar dan tinjauan literatur?

Apa pengantarnya?

Pendahuluan adalah bagian pertama dari esai, makalah, buku atau studi yang secara singkat memperkenalkan apa yang akan dibahas di bagian berikut. Pengantar pada dasarnya memperkenalkan teks kepada pembaca. Ini mungkin berisi berbagai jenis informasi, tetapi di bawah ini adalah beberapa elemen umum yang ditemukan di bagian pendahuluan.

  • Latar belakang/latar belakang kertas
  • Garis besar masalah utama
  • Pernyataan tesis
  • Maksud dan tujuan artikel
  • Definisi istilah dan konsep

Perhatikan bahwa beberapa pengantar mungkin tidak memiliki semua elemen ini. Misalnya, pengantar esai pendek hanya akan memiliki beberapa baris. Kata pengantar dapat ditemukan di buku nonfiksi, esai, makalah penelitian, tesis, dll. Mungkin ada sedikit variasi dalam genre yang berbeda ini, tetapi semua pengantar ini memberikan garis besar keseluruhan teks.

Pengantar tesis atau disertasi menjelaskan latar belakang penelitian, alasan Anda untuk topik tesis, apa sebenarnya yang ingin Anda jawab, dan pentingnya penelitian Anda.

Apa itu tinjauan pustaka?

Tinjauan literatur, yang ditulis pada awal studi penelitian, sangat penting untuk proyek penelitian. Kajian pustaka merupakan evaluasi terhadap bahan-bahan penelitian yang ada pada suatu daerah penelitian yang dipilih. Ini melibatkan membaca karya asli yang diterbitkan (baik cetak maupun online) di area penelitian yang dipilih dan meninjau serta mengevaluasinya secara kritis. Tinjauan literatur harus menunjukkan kesadaran dan wawasan peneliti tentang argumen, teori, dan pendekatan yang berlawanan. Menurut Kali (1992), tinjauan literatur yang baik harus melakukan hal-hal berikut:

  • Bandingkan dan kontraskan pendapat para peneliti yang berbeda
  • Mengidentifikasi bidang-bidang di mana para peneliti tidak setuju
  • Sekelompok peneliti dengan hasil serupa
  • Mengkritik metode penelitian
  • Soroti studi kasus
  • Sorot kesenjangan dalam penelitian
  • Identifikasi hubungan antara studi Anda dan studi sebelumnya
  • Tunjukkan bagaimana studi Anda berkontribusi pada literatur secara keseluruhan
  • Simpulkan dengan meringkas apa yang dikatakan literatur

Tinjauan literatur membantu peneliti untuk mengevaluasi literatur yang ada, mengidentifikasi kesenjangan dalam bidang penelitian, menempatkan studi mereka dalam penelitian yang ada, dan mengidentifikasi penelitian masa depan.

Perbedaan Antara Pendahuluan dan Tinjauan Pustaka

Memesan

Perkenalan Itu ada di awal teks

Tinjauan Literatur Itu setelah pengenalan atau latar belakang.

Fungsi

Perkenalan Memperkenalkan teks utama kepada pembaca.

Tinjauan Literatur Secara kritis mengevaluasi penelitian yang ada di area penelitian yang dipilih dan mengidentifikasi kesenjangan penelitian.

isi

Perkenalan Ini akan memiliki informasi seperti latar belakang / konteks artikel, garis besar topik utama, pernyataan tesis, maksud dan tujuan artikel, dan definisi istilah dan konsep.

Tinjauan Literatur Ini memiliki ringkasan, review, evaluasi kritis dan perbandingan studi penelitian yang dipilih.

Kredit gambar: Pixabay