PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 27, 2024

Halo teman-teman sekalian! Hari ini, kita akan membahas tentang perbedaan antara MSc dan MBA. Jadi, mungkin beberapa dari kalian sedang bingung, apa sih bedanya dua gelar ini? Tenang saja, kita akan menjelaskan dengan gaya santai dan bahasa yang gampang dipahami. Jadi, siap-siap untuk memperluas pengetahuan dan memecahkan kebingungan kalian, ya! Ayo, kita mulai!

Perbedaan Utama – Master vs MBA

MSc dan MBA keduanya gelar sarjana. MSc adalah singkatan dari Master of Science dan MBA adalah singkatan dari Master of Business Administration. Gelar master biasanya merupakan gelar master dalam mata pelajaran sains dan matematika, sedangkan MBA adalah gelar master dalam bisnis. Namun, di universitas kontemporer, mata pelajaran bisnis seperti pemasaran dan keuangan juga ditawarkan sebagai gelar master. ini Perbedaan utama Antara MSc dan MBA adalah pengalaman kerja. Pengalaman kerja tidak diperlukan untuk mendaftar di program master, tetapi merupakan prasyarat untuk gelar MBA.

Apa itu gelar master?

Singkatan MSc adalah singkatan dari judul Master. Gelar master dalam sains dan matematika. Ilmu-ilmu alam seperti biologi, fisika, kimia, geologi dan ilmu eksakta seperti teknik, matematika, teknologi informasi, dll dapat dipelajari di program magister ini.

Master juga ditawarkan dalam mata pelajaran seperti keuangan, manajemen dan ekonomi. Namun, master dalam mata pelajaran tersebut ditawarkan kepada kandidat yang berada di awal karir mereka atau lulusan yang menginginkan kualifikasi tingkat yang lebih tinggi sebelum memasuki pasar kerja. Berhasil menyelesaikan gelar sarjana biasanya merupakan prasyarat untuk pendaftaran di program master. Gelar master didasarkan pada keterampilan yang diperoleh di gelar sarjana. Kursus ini lebih teoretis dan kurang profesional daripada MBA. Di gelar master, teori-teori subjek dipelajari. Selain itu, Master of Business hanya ditawarkan dalam disiplin tertentu. Oleh karena itu sangat ideal bagi mereka yang ingin mengejar karir di bidang spesialis seperti pemasaran atau keuangan.

Apa itu MBA?

MBA adalah singkatan dari Master Administrasi Bisnis. Ini adalah gelar profesional yang mencakup berbagai bidang bisnis seperti keuangan, pemasaran, akuntansi, sumber daya manusia, dan operasi. MBA adalah gelar bisnis tingkat eksekutif yang dirancang untuk mereka yang memiliki pengalaman tingkat eksekutif atau manajemen. Dapat dikatakan bahwa MBA adalah gelar profesional paling populer di dunia.

Pengalaman kerja merupakan prasyarat untuk mendaftar di MBA. Di beberapa universitas, dimungkinkan untuk mendaftar di kursus MBA bahkan tanpa gelar sarjana. Namun, kandidat harus memiliki keterampilan dan pengalaman yang memadai. Penting bagi kandidat untuk memiliki pengalaman praktis karena program MBA memerlukan pemikiran strategis dan penggunaan bukti di tempat kerja dalam penilaian.

Perbedaan antara MSc dan MBA

Judul

Master Itu singkatan dari Master of Science.

MBA Itu singkatan dari Master Administrasi Bisnis.

subjek, subjek

Master Ini ditawarkan dalam matematika, sains, dan juga studi bisnis.

MBA Ini adalah gelar master dalam perdagangan.

Pengalaman

Pengalaman bukanlah persyaratan untuk pendaftaran Master.

Pengalaman adalah prasyarat untuk pendaftaran MBA.

Gelar sarjana

Gelar sarjana umumnya merupakan prasyarat untuk pendaftaran di a Master.

Terkadang gelar sarjana bukanlah prasyarat untuk mendaftar di suatu program MBA.

Keahlian

Master Ditawarkan hanya dalam disiplin khusus seperti pemasaran atau keuangan.

MBA Ini mencakup berbagai bidang bisnis seperti pemasaran, keuangan, akuntansi, dll.

Kandidat

Master Ini lebih cocok untuk mereka yang berada di awal karir atau fresh graduate.

MBA Ini lebih cocok untuk mereka yang memiliki pengalaman tingkat eksekutif atau manajemen.

Didedikasikan untuk gambar:

“Universitas Troy Ian Oliver Martin, Troy, Alabama, Magister Manajemen, pada 12 Agustus 1988” oleh IanOliverMartin – Pekerjaan pribadi. (CC BY-SA 4.0) melalui Wikimedia Commons

“Lulusan MBA HEC Paris” oleh Jebulon – Pekerjaan pribadi. (CC0) melalui Wikimedia Commons