PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 19, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini, kita akan bahas tentang perbedaan antara metode penelitian dan metode riset. Tapi, sebelumnya, yuk kita saling berinteraksi dulu. Gimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya baik-baik saja ya. Oke, langsung ke topik kita. Jadi, metode penelitian dan metode riset sebenarnya memiliki perbedaan, meskipun terkadang kita sering menggunakan kedua istilah ini secara bergantian. Nah, penelitian lebih fokus pada proses mencari informasi dan data yang valid untuk menjawab pertanyaan penelitian, sedangkan riset lebih condong ke pencarian solusi atau inovasi yang bisa diterapkan dalam kehidupan nyata. Gimana, udah paham kan perbedaannya? Yuk, ikuti terus pembahasan ini untuk lebih tahu detailnya.

Metode penelitian dan metode penelitian adalah dua istilah yang sering disalahartikan sebagai satu dan sama, karena memiliki banyak perbedaan di antara keduanya. Salah satu perbedaan utama di antara mereka adalah bahwa metode penelitian adalah metode penelitian yang dilakukan pada subjek atau topik tertentu. Metodologi penelitian, di sisi lain, menjelaskan metode yang dapat digunakan untuk melanjutkan penelitian Anda.

Apa metode penelitiannya?

Metode penelitian dapat didefinisikan sebagai berikut Berbagai cara dan metode melakukan penelitian yang meliputi melakukan tes, eksperimen, survei dan sejenisnya. Dapat dikatakan bahwa tujuan dari metode penelitian adalah untuk menemukan solusi dari masalah penelitian. Ada berbagai jenis metode penelitian. Misalnya, penelitian eksplorasi yang membantu mendefinisikan dan mengidentifikasi masalah. Kemudian, penelitian empiris, yang menggunakan bukti empiris untuk menguji kelayakan suatu solusi. Penelitian konstruktif, pada gilirannya, bertujuan untuk menguji teori, memberikan solusi untuk penyelidikan. Metode penelitian dapat dibagi menjadi empat kategori, seperti penelitian deskriptif, yang mencakup penelitian versus data analitik. Penelitian terapan, yang berhubungan dengan penelitian versus penelitian dasar. Penelitian kuantitatif, yang meliputi penelitian kuantitatif versus kuantitatif. Penelitian konseptual yang berhubungan dengan penelitian empiris.

Apa metode penelitiannya?

Ini adalah metode penelitian Ilmu yang memecahkan masalah penelitian secara sistematis. Metodologi penelitian, yang sering dikenal sebagai cara melakukan penelitian secara ilmiah, melibatkan pembelajaran berbagai teknik yang dapat kita gunakan dalam melakukan penelitian, seperti melakukan tes, eksperimen, tinjauan, dan studi kritis. Metode-metode ini telah diuji dan digunakan dengan benar dan oleh karena itu, masing-masing memiliki alasan di baliknya. Tujuan metodologi penelitian adalah untuk menerapkan metode yang tepat untuk menemukan solusi dan membuka jalan bagi metode penelitian yang benar. Metode penelitian adalah manual penelitian dan itu adalah sains itu sendiri.

Misalnya, dengan mempertimbangkan topik, “Penggunaan kiasan dalam sastra Inggris”, metode penelitian meliputi mempelajari tentang alat penelitian, mengumpulkan berbagai manuskrip yang terkait dengan topik, teknik yang terlibat dalam penyuntingan kritis manuskrip ini dan kesukaan.

Metode penelitian versus metode penelitian

• Koneksi ke penelitian:

• Metode penelitian berakar dari adanya metode. Metode penelitian berada di garis depan penelitian.

• menggunakan:

• Metodologi penelitian menjelaskan apa dan bagaimana alat dan metode tertentu akan sesuai untuk topik tertentu.

• Metode penelitian mencakup teknik yang memungkinkan inisiasi, pelaksanaan, dan kesimpulan studi dan eksperimen yang berhasil.

Langkah-langkah penelitian meliputi:

• Metode penelitian digunakan pada awal percobaan untuk menjelaskan tujuan dari metode yang dipilih dan cara kerjanya.

• Metode penelitian paling berguna di bagian akhir penelitian atau percobaan karena digunakan untuk menarik kesimpulan yang tepat.

Akibatnya, dapat dikatakan bahwa meskipun metode penelitian adalah subjek multidimensi, metode penelitian merupakan bagian dari istilah luas metodologi penelitian.

Gambar milik:

  1. Proses penelitian oleh Jtneill (CC BY 3.0)
  2. Penelitian ilmiah oleh Idaho National Laboratory (CC BY 2.0)