PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 19, 2024

Hai, Sahabat! Kali ini, kita akan bahas tentang perbedaan antara metode penelitian dan desain penelitian. Jadi, metode penelitian itu kayak alat yang digunakan buat mengumpulkan data, sedangkan desain penelitian itu adalah rencana atau strategi yang digunakan buat menjalankan penelitian tersebut. Jadi, ibaratnya metode penelitian itu kayak tukang yang bawa alat-alatnya, sedangkan desain penelitian itu kayak arsitek yang buat rencana bangunannya. Keduanya saling berhubungan dan penting dalam proses penelitian. Nah, sekarang kita akan bahas lebih dalam tentang perbedaan dan bagaimana keduanya bekerja bersama-sama. Yuk, simak terus penjelasannya!

Perbedaan Utama – Metode Penelitian vs Desain Penelitian

Metode penelitian dan desain penelitian adalah istilah yang harus Anda ketahui sebelum memulai proyek penelitian. Kedua elemen ini sangat penting untuk keberhasilan proyek penelitian. Namun, banyak peneliti baru menganggap bahwa metode penelitian dan desain penelitian adalah sama. Desain penelitian adalah struktur keseluruhan dari sebuah proyek penelitian. Misalnya, jika Anda sedang membangun rumah, Anda harus memiliki gambaran yang baik tentang jenis rumah yang akan Anda bangun. Anda tidak dapat melakukan apa pun tanpa mengetahui hal ini. Sama halnya dengan desain penelitian – Anda tidak dapat melanjutkan studi penelitian tanpa desain penelitian yang tepat. Metode penelitian adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Jadi Perbedaan utama Hal ini antara metode penelitian dan desain penelitian Desain penelitian adalah struktur keseluruhan dari studi penelitian sedangkan metode penelitian adalah berbagai proses, prosedur, dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

1. Apa metode penelitiannya?
– Definisi, karakteristik, karakteristik

2. Apa itu desain penelitian?
– Definisi, karakteristik, karakteristik

3. Apa perbedaan antara metode penelitian dan desain penelitian?

Apa itu metode penelitian?

Metode penelitian terkait dengan proses, prosedur, dan alat penelitian yang berbeda – teknik pengumpulan data, metode analisisnya berbeda. Masalah penelitian dapat dikategorikan menjadi dua bagian dasar: penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Peneliti dapat menggunakan salah satu atau kedua metode tersebut (metode campuran) dalam studi penelitiannya. Jenis metode penelitian yang Anda pilih bergantung pada pertanyaan atau masalah penelitian dan desain penelitian Anda.

Tujuan utama dari sebuah studi penelitian adalah untuk menghasilkan pengetahuan baru atau memperdalam pemahaman yang ada tentang suatu bidang. Ini dapat dilakukan dengan tiga cara.

penelitian eksplorasi – Mengidentifikasi dan menguraikan masalah atau pertanyaan

Penelitian yang membangun – Tes teori dan menyarankan solusi untuk masalah atau pertanyaan

Penelitian eksperimental – Menguji kelayakan solusi menggunakan bukti empiris

Apa itu rencana penelitian?

Rencana penelitian adalah rencana umum atau struktur proyek penelitian. Ini menunjukkan studi seperti apa yang direncanakan dan hasil seperti apa yang diharapkan dari proyek tersebut. Secara khusus, ini berfokus pada hasil akhir penelitian. Hampir tidak mungkin untuk melanjutkan proyek penelitian tanpa desain yang tepat. Fungsi utama dari desain penelitian adalah untuk memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan selama penelitian dengan jelas menjawab pertanyaan utama. Dengan kata lain, hasil dan hasil akhir penelitian harus konsisten dengan masalah penelitian yang dipilih di awal penelitian.

Sebuah desain penelitian dapat

Deskriptif (studi kasus, survei, observasi naturalistik, dll.)

Korelasi (studi kasus-kontrol, studi observasional, dll.)

eksperimental

Semi-eksperimental (uji lapangan, kuasi-eksperimental, dll.)

meta-analisis

Tinjauan (tinjauan literatur, tinjauan sistematis)

Metode penelitian selalu didasarkan pada penelitian. Misalnya, studi kasus dapat melibatkan berbagai metode pengumpulan data seperti survei, wawancara, observasi, analisis dokumen, dll.

Perbedaan antara metode penelitian dan desain penelitian

Fungsi

Metode penelitian: Metode penelitian adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

Desain penelitian: Rencana penelitian adalah struktur umum penelitian.

Fokus

Metode penelitian: Metode penelitian berfokus pada jenis metode apa yang paling tepat untuk mengumpulkan dan menganalisis bukti yang kita perlukan.

Desain penelitian: Rancangan penelitian berfokus pada penelitian seperti apa yang direncanakan dan hasil seperti apa yang diharapkan dari penelitian tersebut.

Dasar

Metode penelitian: Metode penelitian tergantung pada desain penelitian.

Desain penelitian: Rencana penelitian didasarkan pada pertanyaan penelitian atau masalah.

Referensi:

De Vaus, DA 2001. Rancangan penelitian dalam penelitian sosial. London: SAGE.

Didedikasikan untuk gambar:

“Metode Ilmiah” oleh CK-12 Foundation – File: High_School_Chemistry.pdf, halaman 23 (CC BY-SA 3.0) melalui Commons Wikimedia

“How to do Ethnography” oleh Sam Ladner (CC BY 2.0) via Flickr