PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 19, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara mengajar dan belajar. Pasti dong, kalian udah nggak asing lagi sama dua hal ini. Tapi, tahukah kalian bahwa mengajar dan belajar itu sebenarnya beda banget? Jadi, ketika kita ngomongin tentang mengajar, kita lebih ke arah guru atau pengajar yang memberikan pengetahuan atau informasi ke orang lain. Sedangkan belajar, itu adalah proses kita sebagai murid atau peserta didik yang menerima, menyerap, dan memahami pengetahuan atau informasi yang diberikan. Jadi, bisa dibilang, mengajar itu kayak ngasih makan, sedangkan belajar itu kayak makanan yang dimakan. Nah, perbedaan ini penting banget, lho! Yuk, kita eksplor lebih lanjut tentang perbedaan antara mengajar dan belajar ini.

Perbedaan Kunci – Mengajar vs Belajar

Satu-satunya hal yang mengganggu pembelajaran saya adalah pendidikan saya. Ini adalah kutipan terkenal dari Mark Twain. Pernahkah Anda mendengar ungkapan ini dan bertanya-tanya tentang perbedaan antara mengajar dan belajar? Maka artikel ini ditulis untuk Anda. Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara mengajar dan belajar. Baik mengajar dan belajar adalah dua kata yang berhubungan dengan memperoleh pengetahuan. partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Ini antara mengajar dan belajar Belajar adalah perolehan pengetahuan atau keterampilan melalui studi, pengalaman atau pelatihan ketika Pendidikan adalah proses menerima atau menyelenggarakan pendidikan secara teratur, khususnya di sekolah atau universitas.

Apa itu pendidikan?

Pelatihan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut Memperoleh pengetahuan melalui proses menerima atau memberikan pelatihan yang sistematis. Pendidikan merupakan faktor penting untuk pengembangan masyarakat dan di sebagian besar negara itu wajib sampai usia tertentu. Pendidikan juga dianggap sebagai salah satu hak asasi manusia.

Pelatihan sering dilakukan di bawah bimbingan instruktur dan guru. Pendidikan sering dianggap formal. Pelatihan formal berlangsung dalam lingkungan yang terstruktur. Beberapa siswa diajar dalam satu ruang kelas di bawah pengawasan seorang guru yang ahli dan terlatih.

Kata pendidikan biasanya kita kaitkan dengan pendidikan formal yaitu pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Di semua pengaturan formal ini, ada kurikulum khusus dan siswa diajar oleh seorang instruktur. Siswa mungkin tidak benar-benar tertarik dengan apa yang diajarkan kepada mereka, tetapi mereka mempelajari dan menghafal pelajaran untuk mendapatkan nilai dan lulus ujian. Ini memiliki nilai ekstrinsik bagi siswa. Oleh karena itu, istilah pendidikan tidak dapat digunakan untuk mengukur pengetahuan atau kecepatan belajar mereka. Meskipun mereka telah dilatih, mereka belum belajar dengan benar.

Apa itu belajar?

Belajar dapat didefinisikan seperti ini Memperoleh pengetahuan, perilaku, keterampilan, nilai atau preferensi. Pembelajaran dapat terjadi melalui pendidikan, pertumbuhan pribadi, sekolah, pelatihan, atau pengalaman. Itu bisa terjadi secara sadar atau tidak sadar. Belajar tidak terbatas pada usia atau periode kehidupan tertentu. Kita belajar sepanjang hidup kita untuk belajar tidak mendengarkan dan menerima apa yang diajarkan kepada kita, tetapi untuk memahami dan mengalaminya.

Perlu diketahui bahwa tidak hanya manusia yang memiliki kemampuan untuk belajar, tetapi hewan, tumbuhan bahkan beberapa mesin juga memiliki kemampuan untuk belajar. Seseorang tertarik untuk belajar ketika itu membangkitkan rasa ingin tahu dan motivasi batinnya.

Perbedaan antara mengajar dan belajar

Definisi

pendidikan Proses menerima atau memberikan pelatihan reguler, terutama dalam suasana formal.

sedang belajar Memperoleh pengetahuan atau keterampilan adalah melalui studi, pengalaman atau pelatihan.

Pengetahuan

bahwa di pendidikan, Pengetahuan diperoleh melalui guru atau buku teks.

bahwa di sedang belajarPengetahuan diperoleh melalui berbagai sumber.

panduan

pendidikan Ini sering dilakukan di bawah bimbingan seorang instruktur.

sedang belajar Itu tidak membutuhkan pelatih atau bimbingan.

motivasi

pendidikan Ini disebabkan oleh motivasi eksternal.

sedang belajar Motivasi intrinsik dipicu.

Proses

pendidikan Ini adalah proses yang sistematis.

sedang belajar Ini bukan proses yang sistematis.

Usia

pendidikan Diterima sampai usia tertentu.

sedang belajar Itu tidak dibatasi oleh usia

Didedikasikan untuk gambar:

“Siswa di Kelas (3618969705)” oleh Humas Tulane – Diunggah oleh AlbertHerring. (CC BY 2.0) melalui Wikimedia Commons