PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

Hai teman-teman! Kalian pernah dengar tentang MD dan PhD? Keduanya memang terdengar serupa, tapi sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup besar. Jadi, jangan khawatir jika kalian masih bingung, karena kita akan bahas bareng-bareng di sini. Jadi, siapkan camilan favoritmu dan mari kita eksplor lebih jauh tentang perbedaan antara MD dan PhD!

Perbedaan Utama – MD vs PhD

MD dan PhD adalah dua singkatan yang mengacu pada gelar akhir atau gelar tertinggi di bidang masing-masing. MD adalah singkatan dari Doctor of Medicine dan PhD adalah singkatan dari Doctor of Philosophy. partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Antara MD dan PhD dapat dirujuk ke bidang atau bidang studi. MD adalah gelar kedokteran ketika PhD dapat merujuk pada gelar di berbagai bidang seperti seni dan sains.

Apa itu MD?

MD adalah singkatan dari Dokter kedokteran. Namun, penting untuk dicatat bahwa arti MD dapat bervariasi tergantung pada negara tempat Anda belajar. Di Amerika Serikat dan negara-negara yang mengikuti tradisi AS, MD adalah gelar profesional pertama yang diberikan oleh mahasiswa kedokteran. Di Inggris, Irlandia, dan beberapa negara Persemakmuran, MD adalah gelar doktor yang dipelajari oleh mereka yang telah menyelesaikan gelar kedokteran pertama mereka, MBBS (Bachelor of Science, Bachelor of Surgery).

MD meliputi teori dan praktek. Pada tahun-tahun pertama, siswa akan terlibat dalam kuliah dan praktikum pada topik ilmiah tingkat lanjut. Di tahun-tahun terakhir, mahasiswa diharapkan lebih banyak menghadapi kegiatan klinis. Oleh karena itu, gelar ini berkaitan dengan aspek teoretis dan praktis.

Apa itu doktor?

primitivisme, P.H.D Singkatan PhD dalam filsafat. Gelar ini adalah gelar tertinggi yang bisa Anda peroleh dalam mata pelajaran apa pun. PhD dapat diperoleh dalam berbagai mata pelajaran seperti sastra, hukum, pendidikan, psikologi, musik, manajemen, dll.

Ini diberikan kepada siswa yang telah menyelesaikan gelar sarjana dan magister di bidangnya masing-masing. Ph.D. Diakhiri dengan penulisan tesis. Seorang mahasiswa PhD harus menulis, mempresentasikan dan mempertahankan tesisnya. Penting untuk dicatat bahwa Ph.D. Tempat khusus diberikan untuk penelitian dan Ph.D. Siswa diharapkan untuk menyumbangkan teori dan pengetahuan baru ke bidang ini dengan penelitiannya. PhD biasanya diambil oleh orang-orang yang mencari atau tertarik mengejar karir di dunia akademis.

Perbedaan antara MD dan PhD

Singkatan

MD Merujuk ke dokter obat.

P.H.D Mengacu pada Doctor of Philosophy.

Masalah

MD Ini adalah gelar kedokteran

P.H.D Itu bisa merujuk pada gelar di berbagai bidang seperti seni dan sains.

jenis

MD Ini adalah gelar profesional

P.H.D Ini adalah gelar universitas

Riset

MD Termasuk lebih banyak praktik klinis.

P.H.D Ini membutuhkan lebih banyak pekerjaan penelitian.

Teori dan pengetahuan

MD Siswa belajar menerapkan teori dan pengetahuan yang ada dengan cara yang praktis.

P.H.D Siswa diharapkan untuk memperkenalkan pengetahuan dan teori baru.

Tanggal

MD Ini pertama kali diperkenalkan di universitas-universitas Saudi abad pertengahan.

P.H.D Ini pertama kali diperkenalkan di universitas Eropa abad pertengahan.

dokter

seorang dokter (MD) dapat meresepkan obat dan memeriksa pasien.

Ahli filosofi (P.H.D) tidak dapat meresepkan obat dan memeriksa pasien.

Didedikasikan untuk gambar:

“Phdposing” oleh Alex Zozulia – karya pribadi. (Domain Publik) melalui Commons

“Seorang dokter memeriksa pasien” oleh National Cancer Institute (ID 4521) (Domain Publik) melalui Commons