PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

Hai teman-teman! Kalian pasti pernah denger istilah induksi dan orientasi, kan? Nah, kali ini kita mau bahas nih tentang perbedaan antara kedua hal tersebut. Jadi, induksi itu tuh kayak proses pengenalan kita ke dalam suatu organisasi atau perusahaan baru. Biasanya, kita bakal dikenalin sama aturan-aturan, tugas-tugas, dan lingkungan kerja yang ada di tempat itu. Sedangkan orientasi, lebih ke arah pembekalan pengetahuan dan keterampilan yang kita butuhkan untuk bisa sukses di tempat itu. Jadi, intinya, induksi itu kayak kenalan, sementara orientasi itu kayak pelatihan buat jadi lebih siap dalam menjalani tugas-tugas kita. Nah, itu tadi sedikit gambaran tentang perbedaan antara induksi dan orientasi. Yuk, kita simak penjelasan selengkapnya di paragraf berikutnya!

Perbedaan Kunci – Induksi vs Arah

Induksi dan orientasi keduanya merupakan proses terkait yang mengacu pada program stimulasi yang dirancang untuk membantu karyawan baru beradaptasi dengan organisasi. Dua kata induksi dan orientasi sering digunakan secara bergantian, meskipun keduanya berbeda dalam arti dan penerapannya. partikel untuk objek langsung Perbedaan utamae antara induksi dan orientasi adalah itu Induksi mengacu pada proses memperkenalkan orang baru ke perusahaan dan lingkungan kerjanya ketika Orientasi adalah proses yang membantu pendatang baru menyesuaikan diri dengan posisi, tanggung jawab, dan budaya kerjanya yang baru.

Apa itu induksi?

Istilah induksi berasal dari bahasa Latin menyebabkan, artinya membawa atau memperkenalkan. Seperti yang disarankan oleh akarnya, induksi adalah jenis pengenalan. Pengenalan adalah proses penerimaan secara formal seseorang dalam suatu posisi atau organisasi. Ini adalah proses memperkenalkan karyawan baru ke organisasi dan sebaliknya. Pada tahap ini, karyawan baru belajar bagaimana menjadi bagian dari organisasi.

Induksi dapat mencakup memberi tahu pendatang baru tentang hierarki organisasi dan ikhtisar perusahaan. Oleh karena itu, dapat mencakup informasi seperti misi, visi, tujuan, riwayat perusahaan, pelanggan, kebijakan dan kode pakaian, dll. Persiapan lebih singkat dan dapat dilakukan pada hari karyawan baru bergabung dengan organisasi. Pengenalan dapat dilakukan melalui sesi video atau presentasi PowerPoint.

Apa itu orientasi?

Orientasi adalah proses yang bertujuan untuk membantu karyawan baru menyesuaikan diri dengan departemen, posisi, tanggung jawab, dan budaya kerja. Ini lebih merupakan program formal setelah pengenalan. Durasi sesi pengarahan dapat bervariasi dari satu hingga beberapa hari tergantung pada kebutuhan organisasi dan departemen. Selama sesi orientasi, peserta baru mengetahui tentang tugas, anggota tim, berbagai prosedur dan proses, dll. Karyawan baru harus membiasakan diri dengan lingkungan kerja, peralatan dan tugas yang diharapkan untuk dilakukannya.

Proses induksi dan orientasi dapat bervariasi dari organisasi ke organisasi, tetapi tujuan dari setiap program induksi atau orientasi adalah untuk memfasilitasi kelancaran transisi karyawan ke lingkungan baru.

Perbedaan antara induksi dan orientasi

arti

induksi Ini mengacu pada proses memperkenalkan orang baru ke perusahaan dan lingkungan kerjanya.

Orientasi Ini adalah proses yang membantu pendatang baru menyesuaikan diri dengan posisi, tanggung jawab, dan budaya kerjanya yang baru.

Jenis informasi

induksi Ini dapat berisi informasi seperti ikhtisar perusahaan, hierarki organisasi, kebijakan, dll.

Orientasi Itu dapat memberikan informasi seperti penugasan karyawan baru, anggota tim, berbagai prosedur dan proses, dll.

periode waktu

induksi Dalam waktu singkat, bisa selesai dalam satu hari.

Orientasi Durasinya lebih lama, tergantung kebutuhan organisasi, bisa memakan waktu 1 hingga beberapa hari.

Tingkat formalitas

induksi Ini bisa lebih informal daripada orientasi.

Orientasi Ini bisa lebih formal daripada induksi.

Memesan

induksi Ini adalah proses pertama.

Orientasi Muncul setelah induksi