PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

Halo, teman-teman! Jadi, kita lagi mau bahas nih tentang perbedaan antara ilmu sosial dan studi sosial. Kenapa penting, sih? Karena kadang-kadang orang suka bingung, kan, dengan dua istilah ini. Tapi tenang aja, saya bakal jelasin dengan bahasa yang santai supaya semua bisa paham. Jadi, ilmu sosial itu lebih ke arah teori dan konsep, sedangkan studi sosial itu lebih ke arah pengamatan dan penelitian. Jadi, intinya ilmu sosial lebih ke teoritis, sedangkan studi sosial lebih ke praktis. Gimana? Sudah lebih jelas sekarang, kan? Jangan khawatir, nanti kita akan bahas lebih dalam lagi. Yuk, simak terus penjelasan selanjutnya!

Meskipun ilmu sosial dan studi sosial tampak seperti dua konsep yang serupa, mereka sebenarnya adalah dua bidang studi yang berbeda. Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara ilmu sosial dan studi sosial.

Apa itu ilmu sosial?

Ilmu sosial adalah subjek yang mempelajari masyarakat dan hubungan antara orang-orang dalam suatu masyarakat. Ilmu sosial diklasifikasikan ke dalam banyak cabang, termasuk geografi (studi tentang bumi dan fitur-fiturnya, penduduk dan fenomena), antropologi (studi tentang manusia), sejarah (studi tentang masa lalu), ekonomi (studi tentang produksi, distribusi dan konsumsi barang). dan jasa), ilmu politik (studi tentang teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisis sistem politik dan perilaku politik) dan sebagainya. Awal ilmu sosial berasal dari abad ke-18ketujuh abad Ilmu sosial dapat didefinisikan sebagai bidang studi ilmiah karena hampir semua sub-disiplin menggunakan metode ilmiah untuk menyelidiki fakta.

Geografi, studi tentang bumi dan fitur-fiturnya, adalah cabang dari ilmu sosial.

Apa itu studi sosial?

IPS dapat didefinisikan sebagai studi tentang ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Menurut American National Council for the Social Studies, “Studi sosial adalah studi terintegrasi dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora untuk mempromosikan kompetensi kewarganegaraan.” Namun, IPS sering digunakan sebagai nama mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. IPS adalah istilah yang relatif baru dan digunakan di tahun 20-anketujuh abad

Apa perbedaan antara ilmu sosial dan studi sosial?

Seperti dibahas di atas, perbedaan utama antara ilmu sosial dan studi sosial terletak pada tujuannya. Dalam ilmu sosial, Anda mempelajari masyarakat dan kehidupan sosial kelompok manusia, sedangkan dalam ilmu sosial, Anda mempelajari ilmu sosial dan humaniora untuk mempromosikan kewarganegaraan yang efektif. Perbedaan lainnya adalah bahwa ilmu sosial dibagi menjadi banyak cabang, sedangkan ilmu sosial dibagi menjadi dua kategori utama: humaniora dan ilmu sosial. Meskipun studi sosial adalah mata pelajaran yang diajarkan dari sekolah dasar dan seterusnya, ilmu sosial hanya tersedia sebagai mata kuliah tingkat sarjana. Apalagi, ilmu sosial adalah istilah yang relatif baru sementara ilmu sosial berusia 18 tahunketujuh abad

Perbandingan

ilmu Sosial

Penelitian sosial
Target Studi tentang masyarakat dan orang-orangnya Promosi kompetensi sipil
Tanggal Itu berasal dari Zaman Pencerahan Tanggal kembali ke abad ke-20
ranting Banyak cabang Ilmu sosial dan humaniora

Referensi: