PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 25, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan ngobrolin tentang perbedaan antara homeschooling dan pembelajaran jarak jauh. Jadi, mungkin ada beberapa dari kalian yang udah denger istilah-istilah ini, tapi belum begitu paham apa bedanya. Nah, tenang aja, aku akan jelasin dengan bahasa yang santai dan nggak ribet. Jadi, kalian bisa ikutin pembahasan ini dengan nyaman dan nggak bingung. Yuk, kita bahas bareng-bareng!

partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Antara home schooling dan pembelajaran jarak jauh adalah itu Dalam pendidikan rumah, kurikulum dibuat oleh orang tua, sedangkan dalam pendidikan jarak jauh, kurikulum dirancang oleh sekolah atau universitas yang didirikan.

Baik home schooling dan pembelajaran jarak jauh memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan di luar struktur sekolah tradisional. Meskipun kedua opsi ini memiliki banyak kesamaan, keduanya tidak sama. Ada perbedaan antara pendidikan rumah dan pendidikan jarak jauh, terutama dalam hal sifat instruktur dan kurikulum yang diikuti.

Bidang-bidang utama tercakup

1. Apa itu pendidikan rumah?
– Definisi, fitur, kelebihan dan kekurangan
2. Apa itu pendidikan jarak jauh?
– Definisi, karakteristik, jenis
3. Apa persamaan antara home schooling dan pembelajaran jarak jauh?
– Garis besar fitur umum
4. Apa perbedaan antara pendidikan rumah dan pendidikan jarak jauh?
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Pendidikan jarak jauh, pendidikan, home schooling

Apa itu pendidikan rumah?

Homeschooling atau pendidikan rumah adalah pendidikan anak di rumah atau di tempat lain selain sekolah. Anak-anak yang bersekolah di rumah tidak bersekolah di sekolah swasta atau negeri. Selain itu, pelajaran di rumah dilakukan oleh orang tua atau tutor. Ada banyak alasan mengapa orang tua memilih untuk homeschool anak-anak mereka: kesehatan anak yang buruk mencegahnya pergi ke sekolah biasa, ketidakpuasan orang tua dengan pilihan pendidikan yang tersedia, dan filosofi pendidikan atau agama yang berbeda. Meskipun homeschooling tidak legal di beberapa bagian dunia, ini adalah praktik yang diterima di negara-negara seperti Australia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Kelebihan homeschooling

  • Penjadwalan yang fleksibel
  • Pengajaran satu lawan satu
  • Fokus mencari ilmu, bukan mendapat nilai bagus
  • Hemat waktu (tidak perlu bolak-balik)
  • Kurikulum dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak dan orang tua
  • Lingkungan belajar yang aman
  • Ini menciptakan ikatan yang lebih baik antara anak dan orang tua

Kelemahan sekolah di rumah

  • Ini mungkin mahal
  • Kurangnya guru yang berkualitas
  • Tidak ada kesempatan sosialisasi bagi anak
  • Bukan untuk struktur sekolah tradisional

Apa itu pendidikan jarak jauh?

Pendidikan jarak jauh atau pembelajaran jarak jauh adalah metode belajar dari jarak jauh tanpa berada di ruang kelas tradisional. Dengan kata lain, siswa tidak hadir secara fisik di sekolah. Mereka tidak memiliki kontak tatap muka yang teratur dengan guru. Sejarah pendidikan jarak jauh dapat ditelusuri kembali ke kursus korespondensi, di mana siswa berkorespondensi dengan sekolah melalui surat.

Saat ini, pendidikan jarak jauh biasanya mencakup pendidikan online. Akses luas ke komputer dan fasilitas internet telah membuat pendidikan jarak jauh lebih mudah dan lebih cepat. Konferensi video, webinar, webcast, televisi pendidikan, dan forum perpesanan adalah beberapa teknologi yang digunakan dalam pendidikan jarak jauh.

Selain itu, program pembelajaran jarak jauh tersedia untuk segala usia dan tingkat pendidikan. Anda bahkan dapat mendaftar di kursus pembelajaran jarak jauh lanjutan seperti gelar sarjana, magister, dan doktoral.

Berbagai program pembelajaran jarak jauh

Karena formatnya yang berbeda, ada beberapa jenis utama program pembelajaran jarak jauh sebagai berikut:

Pembelajaran jarak jauh secara bersamaan – Dalam pembelajaran jenis ini, semua siswa belajar secara bersamaan. Ini biasanya melibatkan video atau telekonferensi, menghubungkan instruktur dan pelajar secara digital.

asimetris Pembelajaran jarak jauh – Format ini menggunakan tugas pembelajaran berjangka waktu, bukan pelajaran online langsung. Siswa harus belajar sendiri untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Pembelajaran jarak jauh gabungan – Ini sebenarnya adalah kombinasi elemen sinkron dan asinkron. Untuk kursus di mana siswa memerlukan akses langsung ke guru, kursus memiliki perencanaan yang lebih tepat, sedangkan kursus lain bisa lebih fleksibel. Dalam pembelajaran campuran, siswa mungkin harus menghadiri ujian secara fisik.

Kesamaan antara home schooling dan pembelajaran jarak jauh

  • Baik home schooling dan pembelajaran jarak jauh memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan di luar struktur sekolah tradisional.
  • Dibandingkan dengan sekolah reguler, mereka memiliki keunggulan seperti fleksibilitas, keamanan, kenyamanan dan penghematan waktu.
  • Namun pada kedua metode tersebut, siswa tidak mengalami proses sosialisasi seperti siswa sekolah pada umumnya.

Perbedaan antara homeschooling dan pembelajaran jarak jauh

Definisi

Homeschooling adalah mengajar anak-anak di rumah atau di lokasi yang berbeda selain sekolah, sedangkan pendidikan jarak jauh adalah cara belajar dari jarak jauh tanpa berada di ruang kelas tradisional.

rencana pendidikan

Dalam pendidikan rumah, kurikulum dibuat oleh orang tua, sedangkan dalam pendidikan jarak jauh, kurikulum dirancang oleh sekolah atau universitas yang didirikan.

Guru

Orang tua atau wali anak biasanya bertindak sebagai instruktur dalam pendidikan rumah sementara guru yang terampil dan berkualitas bertindak sebagai instruktur dalam pendidikan jarak jauh.

Struktur

Dibandingkan dengan home schooling, program pembelajaran jarak jauh mungkin lebih terorganisir dan terstruktur karena dibuat oleh lembaga pendidikan yang sudah mapan.

Penilaian

Siswa dalam program pendidikan jarak jauh harus mengikuti penilaian dan ujian, tetapi anak-anak yang bersekolah di rumah tidak boleh.

subjek, subjek

Dalam homeschooling, orang tua dapat memilih mata pelajaran yang harus dipelajari anak mereka, sedangkan dalam pendidikan jarak jauh, pilihan mata pelajaran tergantung pada jenis program yang ditempuh siswa.

Hasil

Akibatnya, ada perbedaan antara pendidikan rumah dan pendidikan jarak jauh, terutama dalam hal instruktur dan kurikulum yang diikuti. Dalam pendidikan rumah, kurikulum dibuat oleh orang tua, sedangkan dalam pendidikan jarak jauh, kurikulum dirancang oleh sekolah atau universitas yang didirikan. Selain itu, dalam home schooling, orang tua atau wali anak biasanya bertindak sebagai instruktur, tetapi dalam pendidikan jarak jauh, guru yang berkualitas dan terampil bertindak sebagai instruktur. Dibandingkan dengan home schooling, program pendidikan jarak jauh mungkin lebih terorganisir dan terstruktur.

Referensi:

1.Gungala, Sagri. “9 Pro dan Kontra Homeschooling Vis-a-Vis Sekolah Umum.” MomJunction, 8 Juli 2019, Tersedia di sini.
2. “Sekolah di Rumah (untuk Anak-Anak) – Nemours KidsHealth.” Diedit oleh Steven Dowshen, KidsHealth, The Nemours Foundation, Oktober 2015, Tersedia di sini.
3. “Apa itu pembelajaran jarak jauh?” Dan mengapa itu sangat penting?” Perpustakaan ViewSonic, 10 Mar 2020, Tersedia di sini.

Didedikasikan untuk gambar:

pixabay