PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 19, 2024

Hai, teman-teman! Kalian pernah nggak ngerasa bingung antara guru dan profesor itu bedanya apa sih? Aku juga dulu pernah bingung, tapi tenang, kita bisa bahas bareng-bareng di sini. Jadi, guru itu kan yang biasanya sering kita temuin di sekolah, yang ngajarin kita pelajaran-pelajaran kayak matematika, bahasa Indonesia, atau ilmu pengetahuan. Nah, profesor itu sebenarnya juga guru, tapi dia lebih spesialis di bidang tertentu, jadi dia ngajar di perguruan tinggi atau universitas. Jadi, bisa dibilang profesor itu guru yang super pintar dan berpengalaman banget. Gimana, udah paham kan bedanya guru dan profesor? Yuk, kita terusin bahasannya!

Perbedaan Kunci – Guru vs Profesor

Baik guru maupun profesor adalah profesional yang berurusan dengan pengajaran. Seorang guru adalah orang yang mengajar siswa sekolah. Seorang profesor adalah orang yang mengajar mahasiswa universitas. Jadi, Perbedaan utama Antara guru dan profesor bisa disebut tempat kerja mereka. Seorang guru bekerja di sekolah ketika Seorang profesor bekerja di universitas atau lembaga pendidikan tinggi lainnya. Ada banyak perbedaan antara kedua profesi ini, yang akan kita bahas lebih detail di bawah ini.

Siapa gurunya?

Seorang guru adalah seseorang yang mengajar anak-anak. Istilah guru sering digunakan untuk orang yang mengajar siswa di sekolah. Oleh karena itu, seorang guru dapat didefinisikan sebagai seorang profesional yang menangani pendidikan dasar dan menengah. Seorang guru biasanya hanya mengajar satu mata pelajaran. Namun, guru SD diharapkan mengajar berbagai mata pelajaran.

Seseorang yang ingin menjadi guru terlebih dahulu harus mendapatkan sertifikat mengajar dari universitas atau perguruan tinggi. Di beberapa negara, gelar sarjana dalam mata pelajaran yang relevan sudah cukup sebagai kualifikasi. Tugas seorang guru tidak hanya sebatas mengajar. Ini melibatkan banyak tugas dan tanggung jawab. Memfasilitasi pembelajaran, interaksi dengan siswa, bimbingan dan pendidikan adalah peran lain dari guru. Seorang guru memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan seorang siswa dan seorang guru dapat memberikan pengaruh baik atau buruk pada kehidupan seorang siswa.

Siapa profesornya?

Kata profesor memiliki dua arti. Kata profesor dapat merujuk pada seorang guru di universitas atau perguruan tinggi atau peringkat tertinggi universitas. Perbedaan utama antara guru dan profesor adalah profesor bekerja di lembaga pendidikan tinggi. Profesor umumnya diminta untuk menyelesaikan gelar sarjana di bidang keahlian mereka.

Mereka biasanya mengajar program sarjana, pascasarjana dan profesional. Mereka juga melakukan penelitian orisinal dan mengawasi serta membimbing mahasiswa yang sedang menyelesaikan penelitian untuk tesis mereka.

Perbedaan antara guru dan profesor

Definisi

Guru Dia adalah orang yang mengajar terutama di sekolah.

Profesor Entah seorang guru di universitas atau peringkat tertinggi di universitas.

Tingkat pendidikan

guru Harus memiliki kualifikasi profesional tertentu dari universitas atau perguruan tinggi. Terkadang orang yang memiliki gelar sarjana di bidang yang relevan bisa menjadi guru.

profesor Mereka harus memiliki gelar terakhir di bidangnya masing-masing.

Tempat kerja

guru Bekerja di sekolah

profesor Bekerja di universitas, perguruan tinggi

Hak

guru Dapatkan bayaran kurang dari profesor.

profesor Dapatkan bayaran lebih dari guru.

Riset

guru Mereka tidak diharapkan untuk menyelidiki.

profesor Mereka diharapkan untuk melakukan penelitian asli dan membimbing serta mengawasi penelitian siswa.

Interaksi dengan siswa

guru Mereka lebih terlibat dalam kehidupan siswa dan berkomunikasi dengan siswa.

profesor Kurang berinteraksi dengan siswa

pendidikan

Guru Aktif di pendidikan dasar dan menengah.

Profesor Terlibat dalam pendidikan tinggi.

Didedikasikan untuk gambar:

“Mengajar di SMP Daji 2006-12-13” oleh pengguna Flickr enixii.(CC BY-SA 2.0) via Wikimedia Commons

“Belmans in labo” oleh Karen Thibaut – ditransfer dari nl.wikipedia ke Commons. (CC BY-SA 3.0) melalui Commons