PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara guru dan instruktur. Pasti kalian sudah sering dengar kedua kata tersebut, kan? Tapi, jangan bingung dulu. Meskipun kedengarannya mirip, sebenarnya ada perbedaan penting antara keduanya. Guru biasanya kita temui di sekolah atau universitas, sementara instruktur seringkali kita temui di tempat-tempat pelatihan atau kursus. Nah, kira-kira apa lagi ya perbedaan mereka? Yuk, kita lanjut baca untuk tahu lebih banyak!

Perbedaan Utama – Guru vs Dosen

Tujuan utama mengajar dan mengajar adalah untuk mendidik siswa. Oleh karena itu, baik guru maupun profesor memainkan peran kunci dalam pendidikan. Meski kedua profesi ini agak mirip, namun ada perbedaan yang mencolok antara guru dan dosen. partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Ini antara guru dan guru Guru mengajar di sekolah sementara profesor bekerja di universitas.

Siapa gurunya?

Guru adalah seseorang yang mengajarkan sesuatu kepada siswa. Dalam pemakaian umum, istilah guru sering dikaitkan dengan sekolah dan perguruan tinggi. Artinya, guru adalah orang yang mendidik anak di sekolah. Profesi guru sebagian besar berkaitan dengan pendidikan dasar dan menengah. Oleh karena itu, guru biasanya mengajar siswa dari usia 5 hingga 16 tahun.

Kualifikasi biasanya mencakup sertifikat mengajar atau gelar dari perguruan tinggi atau universitas. Terkadang gelar sarjana di bidang terkait diterima sebagai gelar. Seorang guru SMA biasanya hanya mengajar satu mata pelajaran sedangkan guru SD menangani berbagai mata pelajaran.

Apa yang benar-benar membedakan pekerjaan seorang guru dari seorang profesor adalah tugas mereka. Tugas seorang guru tidak hanya sebatas mengajar. Seorang guru memiliki beberapa tanggung jawab dan tugas. Guru juga bertanggung jawab untuk memfasilitasi pembelajaran, membimbing dan mengajar, dan berinteraksi dengan siswa. Karena guru berurusan dengan siswa yang lebih muda – dibandingkan dengan guru – mereka harus sangat berhati-hati dan penuh pertimbangan dalam berinteraksi dengan siswa. Hal ini karena seorang guru dapat mempengaruhi kehidupan siswa baik atau buruk.

Siapa gurunya?

Dia adalah seorang dosen universitas yang berada di tahap awal karirnya. Seorang dosen bekerja di perguruan tinggi atau universitas. Tugas seorang dosen meliputi pengajaran dan penelitian. Berbeda dengan guru, siswa Madras kebanyakan adalah orang dewasa. Oleh karena itu, siswa lebih mampu memodifikasi perilakunya, mengambil tanggung jawab, dan menemukan sumber daya tambahan, dll.

Untuk menjadi seorang dosen, seseorang membutuhkan kualifikasi pascasarjana serta pengalaman penelitian. Ini karena dosen terlibat dalam pendidikan tinggi.

Perbedaan antara guru dan instruktur

Tempat kerja

Guru Dia adalah orang yang bekerja di sekolah.

guru Dia adalah orang yang bekerja di universitas.

siswa

guru Ajari anak-anak

speaker Ajari orang dewasa

Riset

guru Anda tidak perlu melakukan penelitian

Penelitian adalah salah satu tugas utama A guru.

Derajat

guru Memiliki gelar atau gelar sarjana.

speaker Mereka biasanya memiliki gelar sarjana dan pengalaman penelitian.

Jenis pelatihan

guru Mereka mengikuti pendidikan dasar dan menengah.

speaker terlibat dalam pendidikan tinggi.

Hak

guru Mereka biasanya mendapatkan gaji yang lebih rendah daripada guru.

speaker Mereka biasanya dibayar lebih dari guru.

Didedikasikan untuk gambar:

“Olympic Week-Teacher for a Day” oleh Chicago 2016 (CC BY 2.0) via Flickr

“Gambar 2” – pengunggah asli adalah Jimmy Timmy di Wikipedia bahasa Inggris – dipindahkan ke Commons oleh Kapten Panda dari en.wikipedia. (CC BY-SA 3.0) melalui Commons Wikimedia