PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

April 20, 2024

Hai, teman-teman! Kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara etika normatif dan etika deskriptif. Jadi, pada dasarnya, etika normatif adalah aturan atau prinsip moral yang seharusnya kita ikuti. Misalnya, kita diharapkan untuk jujur, adil, dan menghargai kebebasan orang lain. Sedangkan etika deskriptif lebih fokus pada pengamatan dan penjelasan tentang bagaimana orang sebenarnya bertindak secara moral. Jadi, istilahnya lebih ke menggambarkan apa yang terjadi daripada menetapkan apa yang seharusnya terjadi. Nah, dengan memahami perbedaan ini, kita bisa lebih memahami mengapa orang bertindak seperti itu dan bagaimana aturan moral berkembang dalam masyarakat. Jadi, mari kita lanjutkan pembahasan ini dan temukan lebih banyak pengetahuan bersama-sama!

partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Antara etika normatif dan etika deskriptif adalah itu Etika normatif menganalisis bagaimana orang harus bertindak sementara etika deskriptif menganalisis apa yang menurut orang benar.

Pada dasarnya etika normatif adalah kajian tentang tindakan moral, sedangkan etika deskriptif adalah kajian tentang pandangan orang terhadap keyakinan moral. Etika deskriptif, seperti namanya, menggambarkan perilaku orang dan standar moral mereka. Sebaliknya, etika deskriptif berkaitan dengan kebenaran dan kesalahan moral. Dua cabang etika terkenal lainnya adalah metaetika dan etika terapan.

Istilah kunci tertutup

1. Apa itu etika normatif?
– Definisi, analisis
2. Apa itu etika deskriptif?
– Definisi, analisis
3. Apa perbedaan antara etika normatif dan etika deskriptif?
– Bandingkan perbedaan utama

istilah kunci

Etika, etika komparatif, etika deskriptif, etika normatif

Apa itu etika normatif?

Etika normatif adalah studi tentang tindakan moral. Dengan kata sederhana, ini menganalisis perilaku orang dari sudut pandang etika. Ini juga berkaitan dengan standar moral tentang benar dan salah. Selain itu, konsep utama etika normatif adalah bagaimana mencapai standar moral dasar dan bagaimana membenarkan standar moral dasar. Teori telekognitif dan deontologis adalah alat yang membantu menentukan konsep ini. Dalam etika teleologis, kebaikan atau keburukan suatu tindakan ditentukan dengan memeriksa akibat dari tindakan itu, sedangkan dalam teori teologis, kebaikan atau keburukan suatu tindakan ditentukan dengan memeriksa tindakan itu sendiri.

Ada empat teori utama etika normatif, yaitu Kantianisme, utilitarianisme, intuisionisme moral, dan etika kebajikan. Lebih jauh, Kantianisme dan intuisionisme adalah teori non-teleologis, sedangkan utilitarianisme dan etika kebajikan adalah teori teleologis.

Apa itu etika deskriptif?

Etika deskriptif atau etika komparatif adalah studi tentang pandangan orang tentang keyakinan moral. Dengan kata lain, ini menganalisis apa yang diyakini orang benar. Oleh karena itu, kajian etika deskriptif meliputi gambaran tentang nilai dan standar moral masyarakat serta perilakunya.

Selain itu, etika deskriptif adalah jenis studi empiris yang mencakup penelitian di bidang psikologi, sosiologi, antropologi, dan sejarah. Studi empiris semacam itu menunjukkan bahwa semua budaya dan masyarakat memiliki standar moral mereka sendiri yang mendukung atau melarang jenis tindakan tertentu. Etika deskriptif juga menganalisis perbedaan dan kesamaan antara praktik moral masyarakat yang berbeda dan mengevaluasi perkembangan standar di balik praktik tersebut.

Perbedaan antara etika normatif dan etika deskriptif

Definisi

Etika normatif adalah studi tentang tindakan moral sedangkan etika deskriptif adalah studi tentang pandangan orang tentang keyakinan moral.

Analisis dasar

Sementara etika normatif menganalisis bagaimana orang berperilaku, sedangkan etika deskriptif menganalisis nilai, standar, dan perilaku etis orang.

Dasar

Selanjutnya, etika normatif mencoba mengevaluasi atau menetapkan standar moral dan menentukan bagaimana orang harus berperilaku, sedangkan etika deskriptif hanya menjelaskan bagaimana orang berperilaku dan standar moral seperti apa yang mereka klaim untuk diikuti.

Hasil

Pada dasarnya etika normatif adalah kajian tentang tindakan moral, sedangkan etika deskriptif adalah kajian tentang pandangan orang terhadap keyakinan moral. Perbedaan utama antara etika normatif dan etika deskriptif adalah bahwa etika normatif menganalisis bagaimana orang berperilaku sedangkan etika deskriptif menganalisis apa yang dipikirkan orang dengan benar.

Referensi:

1. “Etika komparatif”. Encyclopædia Britannica, Encyclopædia Britannica, Inc., tersedia di sini.
2. “Etika deskriptif”. Encyclopædia Britannica, Encyclopædia Britannica, Inc., tersedia di sini.

Didedikasikan untuk gambar:

1. “Ethics en” Oleh 老陳 – Pekerjaan sendiri (CC BY-SA 3.0) melalui Wikimedia Commons