PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 27, 2024

Halo teman-teman! Kalian pernah nggak bingung antara diploma dan gelar? Aku dulu juga pernah bingung, tapi sekarang udah paham nih bedanya. Jadi, diploma itu kayak semacam ijazah pendidikan vokasional gitu, sementara gelar itu lebih ke arah akademik. Jadi, kalau kamu lebih suka belajar praktek langsung dan langsung terjun ke dunia kerja, mungkin diploma bisa jadi pilihanmu. Tapi kalau kamu lebih tertarik dengan ilmu pengetahuan yang lebih mendalam dan pengen jadi ahli di bidang tertentu, gelar bisa jadi pilihan yang lebih tepat. Jadi, mana yang kamu pilih nih? Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang perbedaannya!

Perbedaan Kunci – Diploma vs Gelar

Baik diploma maupun gelar diberikan setelah berhasil menyelesaikan kursus atau program. Tetapi ada perbedaan tertentu antara kedua kualifikasi ini. Sebuah gelar biasanya memakan waktu tiga tahun atau lebih, sedangkan diploma dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat. ini Perbedaan utama Antara diploma dan gelar

Apa itu ijazah?

Ijazah adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan yang menyatakan bahwa penerima telah berhasil menyelesaikan kursus tertentu. Namun, istilah diploma dapat berarti hal yang berbeda di berbagai negara.

Ada tiga jenis diploma di Australia. Salah satunya adalah ijazah yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Vokasi. Diploma lanjutan setara dengan gelar associate, sedangkan diploma pascasarjana adalah kursus yang diambil setelah gelar sarjana.

Di Inggris, diploma pendidikan tinggi mengacu pada pendidikan tinggi di bawah tingkat sarjana, tetapi diploma pascasarjana lebih tinggi dari gelar sarjana. Di Amerika Serikat, diploma juga mengacu pada sertifikat yang diperoleh di akhir sekolah menengah. Selain itu, diploma juga ditawarkan oleh community college dan sekolah teknik. Jenis diploma ini lebih fokus pada keterampilan praktis dan profesional dan dianggap lebih rendah dari gelar sarjana.

Apa buktinya?

Gelar adalah kualifikasi akademik atau profesional yang diberikan setelah berhasil menyelesaikan kursus di universitas. Ada berbagai jenis gelar, yang paling umum adalah gelar sarjana. Contoh gelar adalah gelar sarjana, master, master, associate dan associate.

Gelar associate adalah program sarjana yang dapat diselesaikan dalam dua tahun. Gelar sarjana juga merupakan gelar sarjana, tetapi dianggap sebagai tingkat yang lebih tinggi daripada gelar associate. Gelar master dan doktor berada di gelar master.

Perbedaan antara diploma dan gelar

Waktu

diploma Dibutuhkan waktu yang lebih singkat.

Derajat Butuh waktu lama.

Fokus

Derajat Mereka sering fokus pada keterampilan teknis dan profesional.

Derajat Mereka sering fokus pada sisi akademik subjek.

Memesan

Gelar Master Derajat Mereka selesai setelah lulus.

Derajat Itu juga bisa diselesaikan setelah lulus.

Lembaga

Derajat Diberikan oleh community college, sekolah kejuruan, serta universitas.

Derajat Sering diberikan oleh perguruan tinggi dan universitas.

Didedikasikan untuk gambar:

“Diploma” oleh Omar Baldo – (Garal Galarza) – Municipalidad de Galarza: Omar Baldo, (CC BY 3.0) via Commons Wikimedia

“Gelar” (CC BY-SA 3.0 NY) melalui Blue Diamond Gallery