PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 19, 2024

Hai teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara catatan kaki dan tesis. Mungkin sebagian dari kalian udah pernah denger atau bahkan pernah ngerasain nyusun catatan kaki atau tesis. Tapi, tunggu dulu! Jangan langsung panik atau bingung ya. Gue bakal jelasin dengan gaya yang santai dan mudah dimengerti. Jadi, siap-siap nih buat menyelami dunia catatan kaki dan tesis bersama-sama!

Perbedaan Utama – Catatan Kaki vs. Catatan Akhir

Setiap kali Anda menggunakan ide, pendapat, atau temuan orang lain, Anda harus selalu mengutip sumber dari mana Anda memperoleh informasi tersebut. Namun, sumber yang Anda gunakan dalam makalah akademis harus dicantumkan secara sistematis. Catatan kaki dan catatan akhir adalah dua metode atribusi tersebut. Mereka juga dapat digunakan untuk memasukkan catatan tambahan dan komentar dari penulis. Kedua metode ini melibatkan pembuatan tanda kecil (misalnya, angka dalam tanda kurung, simbol seperti belati atau bintang) di dekat informasi yang tercantum. Komentar, catatan, dan kutipan kemudian ditambahkan di tempat lain dalam dokumen yang sama. partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Itu terletak di antara footer dan akhir. Catatan kaki ditempatkan di bagian bawah halaman sementara catatan akhir ditempatkan di akhir bab, volume, atau keseluruhan karya.

Artikel ini mencakup,

1. Apa itu catatan kaki? – Arti, tujuan, struktur dan format

2. Apa itu Catatan Akhir? – Arti, tujuan, struktur dan format

3. Apa perbedaan antara catatan kaki dan tesis?

Apa itu catatan kaki?

Footer ditempatkan di bagian bawah halaman. Seringkali akhiran singkatan adalah kutipan dalam teks. Catatan kaki dapat berisi informasi bibliografi, informasi penjelas, informasi tambahan, penjabaran ide atau pemikiran tertentu, serta informasi latar belakang. Menggunakan catatan kaki memiliki kelebihan dan kekurangan.

Catatan kaki sangat nyaman karena pembaca hanya perlu melihat bagian bawah halaman jika ingin melihat informasi catatan kaki. Oleh karena itu, mereka memiliki akses langsung ke informasi ini. Namun, footer juga bisa membuat halaman terlihat berantakan dan berantakan, terutama jika terlalu banyak footer di halaman. Selain itu, jika terlalu banyak informasi yang diberikan di footer, perhatian pembaca dapat dialihkan dari halaman utama.

Apa itu Catatan Akhir?

Catatan akhir dikumpulkan di bawah judul terpisah di akhir bab, volume, atau seluruh pekerjaan. Catatan akhir juga dapat berisi informasi tambahan, informasi bibliografi, informasi penjelasan, dan perluasan pemikiran tertentu. Namun, penggunaan catatan akhir tidak mempengaruhi tata letak halaman. Oleh karena itu, mereka tidak mengacaukan tata letak halaman dan tidak mengalihkan perhatian dari informasi utama.

Namun, ketidaknyamanan utama catatan akhir adalah pembaca harus bolak-balik antara teks utama dan catatan akhir untuk mengumpulkan informasi dari keseluruhan buku. Menemukan informasi dengan cara ini bisa jadi sulit.

Perbedaan antara catatan kaki dan tesis

Lokasi

Catatan kaki dan sumber: Catatan kaki ada di bagian bawah halaman.

Catatan akhir: Catatan akhir ada di akhir bab, volume, atau seluruh karya.

Kenyamanan

Catatan kaki dan sumber: Mudah untuk mendapatkan informasi dari catatan kaki karena mudah ditemukan.

Catatan akhir: Pembaca harus bolak-balik antara teks utama dan catatan akhir.

Tata letak

Catatan kaki dan sumber: Footer memengaruhi tata letak halaman.

Catatan akhir: Catatan akhir tidak memengaruhi tata letak halaman.