PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 20, 2024

Hai, Sahabat Bacakita! Kita sering dengar kata “artikel” kan? Tapi, tahukah kamu bahwa ada perbedaan antara artikel dan artikel? Jangan bingung, ini bukan kesalahan pengetikan, melainkan perbedaan yang seringkali membuat orang jadi bingung. Jadi, mari kita bahas bersama-sama agar lebih paham, ya! Siap-siap, yuk kita jelajahi perbedaan antara artikel dan artikel yang bikin penasaran ini!

Perbedaan Utama – Esai vs Esai

Artikel dan esai adalah dua bentuk tulisan akademik. Meskipun ada kesamaan tertentu di antara mereka, ada juga perbedaan yang jelas di antara mereka. Perbedaan ini didasarkan pada format, tujuan dan isi. Sebelum membahas perbedaan antara artikel dan esai, mari kita lihat dulu definisi dari kedua kata ini. Artikel adalah tulisan yang mendeskripsikan, menganalisis, dan mengevaluasi topik tertentu, sedangkan artikel adalah tulisan yang disertakan dengan orang lain di surat kabar atau publikasi lainnya. partikel untuk objek langsung Perbedaan utama Antara artikel dan artikel adalah itu Esai ditulis untuk memberi tahu pembaca tentang suatu konsep, sementara esai biasanya ditulis sebagai tanggapan atas pertanyaan atau saran..

Apa artikelnya?

Itu adalah sebuah artikel Sebuah artikel disertakan dengan orang lain di surat kabar, majalah, atau publikasi lainnya. Ini adalah komposisi tertulis yang non-fiksi dan prosa. Artikel dapat ditemukan di majalah, ensiklopedia, situs web, surat kabar, atau publikasi lainnya. Isi dan struktur artikel mungkin bergantung pada sumbernya. Misalnya, sebuah artikel dapat berupa editorial, ulasan, artikel fitur, artikel ilmiah, dll.

Namun, maksud atau tujuan dari sebuah esai adalah sama. Tujuan utama dari sebuah artikel adalah untuk menginformasikan pembaca tentang topik tertentu. Fitur umum lainnya dari artikel adalah bahwa mereka biasanya mengikuti format heading dan subheading. Format ini membuat pembaca mudah memahami konsep yang disajikan dalam artikel. Artikel juga dapat bervariasi dalam jenis informasi yang mereka berikan. Fakta dan informasi ini umumnya disajikan secara objektif, karena tujuan penulis adalah untuk mendeskripsikan subjek, bukan untuk membujuk pembaca untuk menerima pandangan mereka sendiri.

Apa itu esai?

Ini adalah esai Tulisan yang menjelaskan, menganalisis, dan mengevaluasi topik atau subjek tertentu. Ini adalah bentuk tulisan pendek dan ringkas yang terdiri dari pengantar, tubuh yang terdiri dari beberapa paragraf pendukung, dan kesimpulan. Esai dapat menginformasikan pembaca, mempertahankan argumen, menganalisis topik, atau menguraikan konsep. Artikel tersebut merupakan gabungan dari statistik, fakta dan opini serta pandangan penulis.

Esai dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti naratif, deskriptif, persuasif, argumentatif, deskriptif, dll. Tujuan dan isi esai tergantung pada jenis esai. Misalnya, jika Anda sedang menulis esai naratif, Anda harus memperhatikan gaya dan narasi yang dapat menarik minat pembaca. Tetapi jika Anda menulis esai argumentatif atau persuasif, Anda akan lebih mementingkan fakta dan argumen yang kuat untuk membuktikan maksud Anda.

Perbedaan antara artikel dan artikel

Definisi

Artikel Ini adalah artikel yang disertakan dengan orang lain di surat kabar, majalah, atau publikasi lainnya.

Karangan Esai singkat tentang topik tertentu.

Target

Artikel Itu ditulis untuk memberi tahu pembaca tentang beberapa konsep.

Karangan Biasanya ditulis sebagai jawaban atas pertanyaan atau pernyataan.

Format

artikel Ikuti format heading dan subheading.

artikel Subjudul dan subjudul tidak ditulis.

Kutipan

artikel Tidak perlu mengutip atau merujuk.

artikel Itu perlu dikutip dan dirujuk.

Efek visual

artikel Sering disertai dengan foto, diagram, dan bagan.

artikel Tidak perlu foto

nada

artikel bersifat objektif karena hanya menggambarkan subjek.

artikel Ketika mereka menganalisis dan mengkritik suatu subjek, mereka subjektif.