PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Mei 19, 2024

Hai teman-teman! Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara abstrak dan sinopsis. Jadi, mungkin kalian pernah denger dua istilah ini, tapi bingung apa bedanya, kan? Jangan khawatir! Kita akan jelaskan dengan santai dan nggak pake ribet. Jadi, siap-siap ya! Kita akan mengupas tuntas perbedaan antara abstrak dan sinopsis.

Perbedaan Kunci – Abstrak vs Ringkasan

Meskipun kedua istilah abstrak dan ringkasan sering digunakan secara bergantian, ada perbedaan mencolok antara abstrak dan ringkasan. Ringkasan adalah versi ringkas dari pekerjaan yang lebih panjang. Abstrak adalah ringkasan singkat yang muncul di awal makalah penelitian, tesis, dll. ini Perbedaan utama antara abstrak dan ringkasan Abstrak adalah salah satu jenis ringkasan.

Apa itu abstrak?

Abstrak adalah pernyataan atau laporan singkat tapi kuat yang merangkum pekerjaan yang lebih besar. Ini adalah ringkasan dari makalah penelitian, disertasi, tesis, dll. Abstrak biasanya ditemukan di awal dokumen dan berfungsi sebagai pengantar dan ikhtisar keseluruhan dokumen. Ini mungkin berisi informasi tentang latar belakang, tujuan, hasil dan isi pekerjaan. Abstrak biasanya berisi empat elemen: fokus penelitian, metode penelitian, hasil, kesimpulan utama, dan rekomendasi.

Abstrak dapat bertindak sebagai entitas independen. Banyak organisasi menggunakan abstrak sebagai dasar pemilihan penelitian. Selain itu, sebagian besar artikel penelitian yang tersedia online berbentuk abstrak. Pembaca dapat memutuskan apakah mereka ingin membeli artikel dengan membaca abstraknya. Jadi dapat dikatakan bahwa abstrak membantu pembaca untuk memutuskan apakah mereka harus menghabiskan waktu dan uang untuk membaca keseluruhan artikel atau tidak.

Pada dasarnya ada dua jenis abstrak: abstrak deskriptif dan abstrak informatif. Sebuah abstrak deskriptif atau abstrak terbatas hanya menyediakan deskripsi isi abstrak (tujuan, metode, ruang lingkup). Abstrak informatif juga berisi deskripsi konten, tetapi juga berisi hasil, kesimpulan, dan rekomendasi penulis.

Apa ringkasannya?

Ringkasan adalah pernyataan singkat atau laporan yang berisi poin-poin sentral dari sebuah teks. Ini dapat didefinisikan sebagai versi teks yang diringkas atau diringkas. Karena hanya berisi konsep utama dan penting, ini jauh lebih pendek dari teks aslinya.

Istilah ringkasan dapat mengacu pada beberapa hal. Ringkasan dapat berupa ringkasan buku, artikel, film, atau lakon. Di sini, garis besar rencana bisa disebut sebagai ringkasan. Ringkasan eksekutif yang dapat dilihat di awal laporan, proposal dan rencana bisnis juga merupakan ringkasan. Meringkas seluruh konten dan menyoroti poin-poin utama dokumen. Abstrak adalah ringkasan serupa yang digunakan dalam artikel penelitian.

Saat Anda menulis ringkasan teks atau dokumen, Anda harus selalu menggunakan kata-kata Anda sendiri. Terkadang kutipan singkat dapat digunakan. Karena tujuan utama dari jenis ringkasan ini adalah untuk memadatkan teks, ringkasan tersebut harus berisi ide dan konsep utama dari teks utama dengan jelas dan ringkas. Komentar dan kritik Anda terhadap teks utama tidak boleh ditulis dalam ringkasan. Selain itu, tidak boleh berisi hal-hal seperti contoh, detail, atau informasi yang tidak perlu.

Perbedaan antara abstrak dan sinopsis

Definisi

Ringkasan Ringkasan singkat ditemukan di awal makalah penelitian.

Ringkasan Pernyataan atau deskripsi singkat tentang poin-poin utama dari karya yang lebih panjang.

hubungan timbal balik

Ringkasan Ini semacam ringkasan.

Ringkasan Ini bisa berupa ringkasan, abstrak atau ringkasan eksekutif.

isi

Ringkasan Ini harus berisi tujuan, metode, hasil, kesimpulan dan saran dari penelitian.

Ringkasan Itu harus berisi titik fokus dari karya asli.