PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juli 17, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Yang Bukan Manfaat Perdagangan Internasional Adalah..

1. Salah satu yang tidak menjadi manfaat perdagangan internasional adalah kemungkinan adanya ketergantungan ekonomi terhadap partner dagang tertentu yang dapat membahayakan ketahanan ekonomi negara.
2. Selain itu, kerjasama perdagangan internasional juga bisa berdampak negatif pada lingkungan dan masyarakat lokal dengan merusak budaya, sumber daya alam, dan hak-hak pekerja.

Penjelasan Lengkap Yang Bukan Manfaat Perdagangan Internasional Adalah

Perdagangan internasional adalah kegiatan jual beli antara negara yang dilakukan melalui ekspor dan impor. Namun, dibalik keuntungan yang diperoleh dari perdagangan internasional, terdapat juga kerugian yang tidak terlihat secara kasat mata. Apa saja kerugian tersebut?

1. Ketergantungan pada Pasar Ekspor dan Impor

Ketika negara terlalu tergantung pada pasar ekspor, ketika ada perubahan harga atau kondisi politik dari negara pembeli, maka akan berdampak pada keseluruhan perekonomian. Begitu pula jika negara terlalu tergantung pada impor, ketika ada perubahan harga atau kondisi politik dari negara penjual, maka akan berdampak pada ketersediaan dan harga barang di dalam negeri.

2. Hilangnya Kontrol atas Sumber Daya Alam

Perdagangan internasional memungkinkan negara untuk melakukan ekspor sumber daya alam seperti biji besi, minyak bumi, dan gas alam, namun ketika kebutuhan sumber daya alam di dalam negeri meningkat, maka negara akan kehilangan kontrol atas sumber daya alam tersebut dan sulit untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

3. Mengancam Kedaulatan Ekonomi Negara

Perdagangan internasional memberikan kekuatan pada negara-negara adidaya dalam menentukan harga dan kondisi perdagangan, sedangkan negara-negara berkembang hanya menerima harga yang diatur oleh negara adidaya tersebut. Hal ini dapat mengancam kedaulatan ekonomi negara berkembang dan memperburuk ketimpangan antara negara kaya dan miskin.

4. Predasi Ekonomi Negara Miskin

Perdagangan internasional seringkali memperburuk situasi negara miskin, karena negara ini didominasi oleh negara-negara adidaya yang mengeksploitasi sumber daya alam dan tenaga kerja dengan harga rendah, sehingga memperburuk ketimpangan sosial dan ekonomi.

5. Impor Barang Hasil Kerja Anak

Perdagangan internasional seringkali juga diwarnai oleh praktik kerja anak, dimana barang-barang yang diimpor ke negara kita adalah hasil kerja anak dari negara-negara lain. Hal ini dapat merusak citra negara kita sebagai negara yang menghargai hak asasi manusia dan pembangunan berkelanjutan.

6. Dampak Lingkungan

Perdagangan internasional dapat memberikan dampak besar bagi lingkungan, seperti deforestasi dan kontaminasi lingkungan akibat industri yang berlebihan. Ketika negara melakukan ekspor sumber daya alam seperti kayu, hal ini dapat mempercepat deforestasi dan memperburuk kondisi lingkungan hidup.

Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan adanya kerugian perdagangan internasional ini dan memastikan bahwa perdagangan internasional dapat memberikan manfaat yang seimbang bagi semua negara dan menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

Soal dan Jawaban Terkait Yang Bukan Manfaat Perdagangan Internasional Adalah dalam Dunia Pendidikan

1. Yang bukan manfaat perdagangan internasional adalah…?
a. Meningkatkan perekonomian negara
b. Mendiversifikasi produk dan jasa
c. Meningkatkan standar hidup masyarakat
d. Meningkatkan polusi lingkungan

Jawaban: d. Meningkatkan polusi lingkungan.

2. Manfaat perdagangan internasional kecuali…?
a. Meningkatkan kesempatan kerja
b. Memperkaya budaya
c. Meningkatkan risiko terjadinya perang
d. Mempercepat pembangunan teknologi

Jawaban: c. Meningkatkan risiko terjadinya perang.

3. Berikut adalah manfaat perdagangan internasional, kecuali…?
a. Meningkatkan akses terhadap bahan mentah
b. Meningkatkan keuntungan bagi pengusaha
c. Meningkatkan kesempatan untuk memperbaiki hubungan antar negara
d. Meningkatkan tingkat pengangguran di negara importir

Jawaban: d. Meningkatkan tingkat pengangguran di negara importir.

4. Salah satu keterbatasan perdagangan internasional adalah…?
a. Terjadinya penyimpangan perdagangan
b. Meningkatkan kemiskinan di negara eksportir
c. Menghambat investasi di negara terkait
d. Menimbulkan ketidakadilan pada pembagian wealth

Jawaban: a. Terjadinya penyimpangan perdagangan.

5. Contoh dampak negatif perdagangan internasional adalah…?
a. Meningkatnya pendidikan di negara importir
b. Meningkatnya kesejahteraan masyarakat di negara eksportir
c. Meningkatnya pengangguran di negara eksportir
d. Meningkatnya hubungan antar negara

Jawaban: c. Meningkatnya pengangguran di negara eksportir.

Kesimpulan

Dalam perdagangan internasional, tidak hanya terdapat manfaat, namun juga ada dampak negatif yang harus diperhatikan secara serius. Jika tidak, dampak negatif tersebut dapat merugikan lebih banyak dari manfaat yang didapat. Oleh karena itu, penting bagi semua pihak untuk memperhatikan segala aspek, baik manfaat maupun dampak negatifnya untuk menciptakan kondisi perdagangan internasional yang lebih seimbang dan fair.