PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Februari 22, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Terusan Suez Berada Di Negara.

Terusan Suez adalah sebuah kanal air buatan manusia yang berada di negara Mesir. Kanal ini menghubungkan Laut Tengah dengan Laut Merah yang memotong Semenanjung Sinai sehingga memungkinkan kapal dari berbagai negara berlayar langsung dari Mediterania ke Asia Tenggara tanpa harus berkeliling benua Afrika.

Terusan Suez menjadi salah satu jalur pelayaran penting di dunia dan menjadi penghubung antara Eropa dan Asia, sehingga meningkatkan perdagangan internasional dan memperpendek jarak tempuh kapal pengangkut barang serta mengurangi biaya transportasi secara signifikan.

Penjelasan Lengkap Terusan Suez Berada Di Negara

Terusan Suez di Negara Ini: Peran Pentingnya dalam Perdagangan Internasional

Terusan Suez adalah jalur air buatan manusia yang menghubungkan Teluk Suez dengan Laut Tengah. Terusan ini dibangun pada tahun 1869 dan sangat penting sebagai rute perdagangan internasional antara Timur Tengah, Asia, dan Eropa. Terusan Suez melintasi Mesir, negara di mana terusan ini memiliki peran penting dalam perekonomian dan perdagangan internasional.

Terusan Suez memungkinkan kapal-kapal besar untuk menghindari perjalanan yang lebih panjang melalui Tanjung Harapan Afrika, sehingga mengurangi waktu dan biaya transportasi. Ini juga memungkinkan negara-negara yang tidak memiliki akses langsung ke lautan terbuka untuk memiliki akses ke perdagangan internasional. Lebih dari 18.000 kapal melintasi Terusan Suez setiap tahun, dengan total kapasitas muatan sekitar 1 miliar metrik ton.

Mesir memainkan peran penting dalam pengoperasian Terusan Suez. Mesir adalah negara yang terletak di tengah-tengah rute perdagangan global dan menjadi salah satu negara yang terhubung langsung dengan terusan. Oleh karena itu, sudah menjadi tanggung jawab Mesir untuk memastikan keamanan, pemeliharaan dan pengoperasian Terusan Suez agar tidak terjadi gangguan pada perdagangan internasional.

Mesir juga memperoleh manfaat ekonomi dari Terusan Suez. Terusan ini menjadi sumber penghasilan utama negara, karena hampir 10% dari PDB Mesir berasal dari Terusan Suez. Pendapatan dari pajak kapal dan biaya transit melalui terusan menyumbang sekitar $ 5 miliar per tahun bagi perekonomian Mesir.

Terusan Suez juga memainkan peran penting dalam perdagangan Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia membutuhkan rute transportasi laut yang efisien untuk mengekspor barang ke pasar internasional. Oleh karena itu, terusan ini menjadi jalur yang penting bagi ekspor Indonesia ke pasar Timur Tengah dan Eropa. Pada tahun 2020, Indonesia mengekspor barang senilai $ 1,5 miliar ke Mesir, dengan harapan bahwa terusan akan terus menjadi jalur penting bagi perdagangan ini.

Kesimpulannya, Terusan Suez memainkan peran penting dalam perdagangan internasional dan merupakan jalur utama bagi kapal-kapal besar yang mengangkut barang dari Timur Tengah dan Asia ke Eropa dan sebaliknya. Mesir, sebagai negara di mana terusan ini berada, memperoleh manfaat ekonomi yang signifikan dari pengoperasian dan pemeliharaannya. Indonesia juga memperoleh manfaat dari terusan ini sebagai jalur utama dari ekspor ke Timur Tengah dan Eropa. Oleh karena itu, Terusan Suez tetap menjadi jalur kegiatan perdagangan internasional yang penting untuk masa depan.

Soal dan Jawaban Terkait Terusan Suez Berada Di Negara dalam Dunia Pendidikan

Contoh Soal:

1. Di negara manakah Terusan Suez berada?
a. Indonesia
b. Mesir
c. Amerika Serikat
d. Inggris

2. Terusan Suez adalah sebuah jalur perairan yang menghubungkan antara dua wilayah negara, yaitu negara Mesir dan negara…
a. Turki
b. Saudi Arabia
c. Libya
d. Israel

3. Terusan Suez dibangun pada tahun…
a. 1859
b. 1869
c. 1879
d. 1889

4. Terusan Suez memiliki panjang sekitar…
a. 100 km
b. 150 km
c. 200 km
d. 250 km

5. Fungsi utama Terusan Suez adalah untuk…
a. Mempercepat pengiriman barang dari Afrika ke Eropa
b. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Amerika Selatan
c. Mempercepat pengiriman barang dari Asia ke Amerika Utara
d. Menjaga keamanan laut di kawasan Asia Timur

Contoh Jawaban:

1. b
2. d
3. b
4. b
5. a

Kesimpulan

Dengan berada di negara mesir, terusan suez menjadi sebuah jalur perdagangan yang sangat penting. Meski sering terjadi konflik politik, namun terusan ini tetap menjadi salah satu jalur perdagangan termudah di dunia. Sebagai jalur perdagangan utama, terusan suez tetap menjadi pusat perhatian bagi banyak negara di dunia.