PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Februari 24, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Telaah Pustaka Adalah.

Telaah pustaka adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyelesaikan tugas akademik seperti tesis, skripsi, atau disertasi. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber pendukung yang berkaitan dengan topik yang sedang diteliti. Dalam melakukan telaah pustaka, seseorang biasanya akan membaca buku, jurnal, artikel, dan sumber-sumber lainnya yang relevan dengan topik penelitian.

Telaah pustaka merupakan salah satu aspek penting dalam menulis sebuah karya ilmiah. Proses ini tidak hanya dilakukan pada awal penelitian, tetapi juga dilakukan secara berkala selama penelitian dilakukan. Selain untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman tentang topik penelitian, telaah pustaka juga dapat membantu penulis untuk menemukan sudut pandang baru dan ide-ide untuk memperkaya dan mendukung argumen yang dibuat.

Apa Itu Telaah Pustaka Adalah

Telaah Pustaka Adalah Penting Sebelum Memulai Penelitian: Panduan Lengkap untuk Mengumpulkan dan Menganalisis Data Sekunder

Telaah pustaka adalah tahap awal yang penting sebelum memulai penelitian. Hal ini dilakukan untuk mengumpulkan data sekunder atau referensi yang diperlukan dalam penelitian. Proses ini harus dilakukan secara sistematis dan akurat agar data yang diperoleh bisa memberikan hasil yang tepat dan bermanfaat.

Pertama-tama, Anda harus menentukan topik penelitian yang akan digali. Setelah itu, lakukanlah pencarian pada buku referensi, jurnal, dan artikel lainnya yang berkaitan dengan topik tersebut. Pastikan sumber yang dipilih terpercaya dan relevan dengan topik penelitian.

Setelah sumber referensi terpilih, selanjutnya dilakukan analisis terhadap setiap referensi yang didapatkan. Analisis ini mencakup identifikasi informasi apa saja yang relevan dengan topik penelitian, serta memahami konteks dan tujuan studi yang ditulis dalam referensi tersebut.

Dalam menganalisis referensi, Anda harus memahami metode penelitian dan hasil yang dicapai dalam studi tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa referensi yang digunakan relevan dengan topik penelitian dan dapat digunakan sebagai bahan referensi yang valid.

Setelah analisis referensi dilakukan, hasil yang didapatkan kemudian dicatat dan dikelompokkan berdasarkan tema yang terkait dengan topik. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan kartu indeks atau media elektronik seperti Excel untuk memudahkan pencatatan data.

Ketika semua data sekunder terkumpul, data tersebut kemudian dapat digunakan untuk membangun hipotesis atau konsep penelitian yang akan dijalankan. Lingkup dan tujuan penelitian juga akan lebih jelas dan terarah karena hasil telaah pustaka yang dilakukan.

Dalam kesimpulannya, telaah pustaka sangat penting dalam memulai penelitian. Dengan melakukan langkah-langkah seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda akan dapat mengumpulkan data sekunder dengan lebih sistematis dan akurat sehingga menghasilkan hasil penelitian yang lebih baik dan bermanfaat. Oleh karena itu, jangan abaikan tahap penting ini dan pastikan bahwa telaah pustaka telah dilakukan dengan baik sebelum memulai penelitian.

Soal dan Jawaban Terkait Telaah Pustaka Adalah dalam Dunia Pendidikan

Soal:
1. Apa yang dimaksud dengan Telaah Pustaka?
A. Analisis dan evaluasi terhadap para peneliti sebelumnya
B. Pembuatan referensi daftar pustaka
C. Membaca secara global terhadap sebuah publikasi ilmiah
D. Pengecekan kebenaran fakta pada sebuah publikasi ilmiah

2. Apa tujuan utama dari Telaah Pustaka?
A. Membuat referensi daftar pustaka
B. Mengumpulkan data untuk penelitian
C. Menentukan subjek penelitian
D. Memperoleh pemahaman lebih dalam tentang subjek yang akan diteliti

Jawaban:
1. A. Analisis dan evaluasi terhadap para peneliti sebelumnya.
2. D. Memperoleh pemahaman lebih dalam tentang subjek yang akan diteliti.

Kesimpulan

Dalam melakukan telaah pustaka, penulis dapat memperoleh informasi secara komprehensif dan terstruktur. Dengan begitu, penulis akan mudah untuk menginterpretasikan dan menghasilkan penelitian yang berkualitas. Selain itu, penggunaan referensi dari sumber pustaka yang relevan dapat meningkatkan kredibilitas karya tulis yang dihasilkan. Oleh karena itu, telaah pustaka merupakan suatu proses yang penting dalam menghasilkan karya ilmiah yang baik dan bermanfaat.