PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Maret 3, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Tasamuh Artinya Adalah.

Tasamuh adalah sebuah konsep yang sangat penting dalam Islam yang berarti sikap toleransi, menghargai perbedaan, dan mengedepankan kerukunan antar umat beragama. Tasamuh mengajarkan bahwa setiap individu memiliki hak untuk mempertahankan keyakinannya dan harga dirinya tanpa harus merugikan orang lain serta bisa saling menghargai antar sesama. Dalam praktisnya, konsep tasamuh diwujudkan dengan sikap saling menghormati, saling membantu, dan saling menghargai di tengah keragaman agama, suku, dan budaya yang ada.

Pengertian Tasamuh Artinya Adalah

Tasamuh Artinya Adalah: Menjaga Kerukunan dalam Bershalawat di Masjid

Tasamuh merupakan sebuah kata dari bahasa Arab yang artinya adalah toleransi atau kerukunan. Dalam beragama, tasamuh sangat penting untuk dipraktikkan, terutama dalam kegiatan beribadah. Contohnya, saat berada di masjid untuk melakukan shalat dan bershalawat bersama-sama.

Di dalam kegiatan bershalawat di masjid, tasamuh sangat diperlukan untuk menjaga kerukunan dan kebersamaan. Hal ini dikarenakan di dalam sebuah jamaah, terdapat berbagai macam latar belakang dan pemahaman agama yang berbeda-beda.

Tasamuh mengajarkan kita untuk saling menghargai perbedaan tersebut dan tetap menjalin kerukunan serta kebersamaan di dalam bermasyarakat. Saat bershalawat di masjid, tasamuh juga mengajarkan kita untuk tidak mengecilkan atau meremehkan perbedaan pendapat yang ada.

Selain itu, tasamuh juga mengajarkan kita untuk menghargai dan memberikan tempat yang sama bagi orang lain yang memiliki latar belakang dan keyakinan yang berbeda-beda. Hal ini DIYakini mampu menjaga perdamaian serta mencegah terjadinya konflik yang dapat merugikan masyarakat.

Dalam konteks beribadah, tasamuh juga sangat penting dalam melakukan ibadah agar dapat diterima oleh Allah SWT. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa Allah sangat menyukai orang-orang yang bersifat toleransi dan ikhlas dalam bertindak dan beribadah.

Oleh karena itu, sebagai umat muslim yang taat, kita harus senantiasa mengamalkan tasamuh dalam kegiatan sehari-hari, khususnya saat melaksanakan ibadah bersama di masjid. Kita harus saling menghormati, menghargai perbedaan, dan menjaga kerukunan dalam bershalawat.

Dalam kesempatan beribadah, kita dapat meminta kepada Allah SWT untuk senantiasa memberikan kesadaran dan kekuatan dalam menjalankan tasamuh serta menjaga kerukunan di dalam bermasyarakat, khususnya di lingkungan tempat kita beribadah. Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan dan hikmah dalam menjalankan tasamuh sehari-hari.

Tasamuh adalah bagian yang sudah seharusnya hadir dalam kehidupan bermasyarakat. Ingatlah, salah satu tujuan beragama adalah menjaga kerukunan dan kesejukan dalam bermasyarakat. Maka, kita harus saling mendukung dan senantiasa mengajarkan serta mengamalkan tasamuh agar kita dapat merajut kebersamaan yang lebih baik.

Soal dan Jawaban Terkait Tasamuh Artinya Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal :

1. Apa yang dimaksud dengan tasamuh?
A. Persahabatan
B. Toleransi
C. Keadilan
D. Kesetaraan

Jawaban : B. Toleransi

2. Mengapa tasamuh penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara?
A. Agar tercipta kerukunan antarumat beragama dan beretnis
B. Agar menjadi orang yang selalu benar
C. Agar tercipta keadilan dalam berpolitik
D. Agar tercipta persatuan dan kesatuan dalam masyarakat

Jawaban : A. Agar tercipta kerukunan antarumat beragama dan beretnis

3. Apa dampak ketidakadilan dalam suatu masyarakat bagi keberlangsungan hidup bersama?
A. Terjadi perpecahan dan Konflik sosial
B. Terjadi persatuan dan kesatuan dalam masyarakat
C. Terjadi keadilan dalam berpolitik
D. Tidak ada dampak dalam kehidupan bersama

Jawaban : A. Terjadi perpecahan dan Konflik sosial

4. Apa manfaat dari kemampuan tasamuh?
A. Terwujudnya keadilan sosial
B. Terwujudnya keamanan nasional
C. Terwujudnya toleransi dan kerukunan atas perbedaan
D. Terwujudnya kekuasaan negara yang adil

Jawaban : C. Terwujudnya toleransi dan kerukunan atas perbedaan

5. Dapatkah suatu masyarakat hidup damai tanpa adanya tasamuh?
A. Dapat
B. Tidak Dapat
C. Bergantung pada kondisi sosial ekonomi masyarakat tersebut
D. Bergantung pada struktur politik masyarakat tersebut

Jawaban : B. Tidak Dapat.

Kesimpulan

Secara singkat, Tasamuh artinya adalah sikap toleransi dan penghormatan terhadap perbedaan yang ada di lingkungan masyarakat. Dalam konteks keberagaman yang semakin kompleks, tasamuh menjadi sebuah konsep yang sangat penting untuk menghindari konflik dan memperkuat persatuan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus menerapkan dan mempromosikan nilai tasamuh di lingkungan sekitar kita. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memperkuat nilai-nilai toleransi dan kesetaraan di masyarakat.