PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Juli 18, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Tari Kerakyatan Adalah.

Tari kerakyatan adalah tarian tradisional yang berasal dari masyarakat atau rakyat biasa. Tari ini biasanya menggambarkan kehidupan sehari-hari, cerita legenda, atau ritual keagamaan yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Tari kerakyatan memiliki keunikan gerakan dan kostum serta dapat memperlihatkan kekayaan budaya suatu daerah.

Penjelasan Lengkap Tari Kerakyatan Adalah

Tari Kerakyatan Adalah Seni Budaya Masyarakat yang Tak Tergantikan

Tari kerakyatan adalah salah satu seni budaya yang tumbuh dan berkembang dari masyarakat. Seperti halnya seni rupa, musik, dan teater, tari kerakyatan merupakan salah satu unsur penting dari identitas budaya sebuah daerah atau negara.

Tari kerakyatan merupakan tarian yang dibawakan oleh masyarakat umum, bukan oleh para penari profesional. Tari kerakyatan biasanya dibawakan pada acara-acara keagamaan, pernikahan, pesta rakyat, dan festival seni budaya.

Tari kerakyatan memiliki ciri khas yang sangat beragam, tergantung dari daerah atau negara tempat tari kerakyatan itu berasal. Beberapa tarian kerakyatan yang terkenal di Indonesia antara lain tari Pendet dari Bali, tari Saman dari Aceh, tari Reog dari Jawa Timur, dan tari Tor-Tor dari Sumatra Utara.

Tari kerakyatan bukan hanya seni hiburan semata, tetapi juga memiliki nilai-nilai yang mendalam. Tarian ini dapat menjadi media untuk mengungkapkan cerita dan legenda, memperkenalkan masyarakat dan budaya, serta sebagai sarana untuk menghilangkan rasa sedih dan kesepian.

Melalui tarian, masyarakat dapat mengungkapkan pemikiran dan perasaan yang tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata. Oleh karena itu, tari kerakyatan sangat penting sebagai media komunikasi sosial dan sebagai wadah untuk mempertahankan tradisi dan kebudayaan dari generasi ke generasi.

Sayangnya, dalam era modern seperti sekarang ini, tari kerakyatan seringkali dilupakan dan terpinggirkan. Banyak masyarakat yang lebih memilih untuk memperkenalkan dan menampilkan tari-tarian dari luar negeri, daripada tari kerakyatan sendiri.

Namun demikian, tari kerakyatan harus tetap dilestarikan dan dijadikan sebagai salah satu kesenian yang tak tergantikan. Kita harus memahami bahwa tari kerakyatan bukan hanya sekadar tarian hiburan semata, tetapi juga merupakan bagian dari kehidupan dan budaya masyarakat yang tak terpisahkan.

Oleh karena itu, mari kita jaga dan lestarikan keberadaan tari kerakyatan ini agar seni budaya kita tetap terjaga kelestariannya dan menjadi kebanggaan kita semua.

Soal dan Jawaban Terkait Tari Kerakyatan Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh Soal:
1. Apakah pengertian dari tari kerakyatan?
A. Tari yang hanya ditampilkan di keraton
B. Tari yang hanya ditampilkan oleh raja dan keluarganya
C. Tari yang berasal dari rakyat biasa dan memiliki nilai-nilai budaya yang diwariskan secara turun-temurun
D. Tari modern yang bukan berasal dari tradisi budaya

2. Apa yang menjadi ciri khas dari tari kerakyatan?
A. Menggunakan kostum yang mahal dan mewah
B. Gerakan tari yang sangat tertata dan kaku
C. Memiliki cerita atau tema yang kompleks
D. Menggunakan gerakan tubuh dan atribut yang sederhana untuk mengekspresikan nilai-nilai budaya tertentu

3. Contoh dari tari kerakyatan adalah…
A. Tari Topeng Betawi
B. Tari Yapong
C. Tari Serimpi
D. Semua jawaban benar

Contoh Jawaban:
1. C
2. D
3. D

Penutup

Tari kerakyatan merupakan seni tari yang mewakili kebudayaan suatu daerah yang diwariskan dari nenek moyang. Selain sebagai wahana hiburan, tari kerakyatan kaya akan makna dan filosofi yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Mengenal dan melestarikan tari kerakyatan adalah tindakan penting agar kebudayaan Indonesia tidak punah dan tetap terjaga hingga generasi mendatang.