PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Maret 3, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Semboyan Indonesia Adalah..

Semboyan Indonesia Adalah motto nasional yang menetapkan pandangan, nilai, dan prinsip fundamental bagi bangsa Indonesia. Terdiri dari tiga kata, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang bermakna “berbeda-beda tetap satu” dan mengajarkan tentang keragaman, persatuan, dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pengertian Semboyan Indonesia Adalah

Semboyan Indonesia Adalah: Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan Indonesia yang paling terkenal dan diakui oleh seluruh rakyat Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan ini menjadi bagian penting dari identitas Indonesia sebagai negara yang menganut persatuan dalam keragaman.

Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu”. Semboyan ini juga tertulis dalam bahasa Sanskerta “ekatva maneva” yang memiliki arti yang sama.

Semboyan ini ditetapkan oleh pemerintah Indonesia pada masa kemerdekaan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan antara berbagai suku dan agama yang ada di Indonesia. Semboyan ini memperkuat tekad dan semangat para pendiri bangsa untuk mengatasi perbedaan dan menjaga persatuan Indonesia.

Bhinneka Tunggal Ika juga menunjukkan bahwa dalam perbedaan ada keindahan dan kekayaan yang harus dihargai dan dijaga. Sebagai bangsa yang majemuk, Indonesia harus mampu menciptakan harmoni dalam perbedaan dan menjunjung tinggi toleransi.

Semboyan ini menjadi semacam simbol yang selalu hadir dalam setiap aspek kehidupan di Indonesia, dari politik, budaya, sampai kehidupan sehari-hari. Bahkan, semboyan ini juga disematkan pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila.

Indonesia yang kaya akan budaya dan bahasa daerah diakui keunikan dan keanekaragaman suku bangsa yang dimilikinya. Bhinneka Tunggal Ika menjadi tradisi dan semangat yang tak terpisahkan dari keberadaan Indonesia sebagai negara.

Dalam dunia globalisasi yang semakin maju ini, semboyan Bhinneka Tunggal Ika tetap menjadi ciri khas dan kekuatan yang membawa Indonesia sebagai negara maju dan berbudaya. Dalam menjalin hubungan antar bangsa, Bhinneka Tunggal Ika menjadi jati diri yang dibanggakan oleh rakyat Indonesia.

Dalam rangka memperkuat semboyan ini, sebagai warga negara Indonesia kita harus terus memupuk persatuan dan kesatuan sebagai suatu nilai luhur dan ciri khas bangsa Indonesia. Kita harus saling menghargai dan menjaga keanekaragaman suku, agama, budaya, dan bahasa yang ada di Indonesia.

Bhinneka Tunggal Ika menjadi jati diri rakyat Indonesia yang dikenal sebagai bangsa yang ramah dan toleran. Kita semua bertanggung jawab atas keberlangsungan semboyan ini dalam memajukan bangsa Indonesia, agar terus menjadi bangsa yang kuat dan maju dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

Soal dan Jawaban Terkait Semboyan Indonesia Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

1. Apa yang dimaksud dengan semboyan Indonesia Adalah?
a. Semboyan negara Indonesia
b. Semboyan provinsi Indonesia
c. Semboyan kabupaten Indonesia
d. Semboyan kota Indonesia

2. Siapakah yang menyusun semboyan Indonesia Adalah?
a. Pendiri negara Indonesia
b. Presiden Indonesia
c. Tokoh-tokoh nasional Indonesia
d. Menteri Indonesia

3. Kapan semboyan Indonesia Adalah diresmikan?
a. 17 Agustus 1945
b. 18 Agustus 1945
c. 19 Agustus 1945
d. 20 Agustus 1945

Contoh jawaban:
1. a
2. c
3. b

Penutup

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan tradisi. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus bangga dan melestarikan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang telah menjadi simbol persatuan dan kesatuan dalam banyak aspek kehidupan. Marilah kita bersama-sama memperkuat semangat kebangsaan untuk mewujudkan Indonesia yang bersatu, maju, dan sejahtera.