PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Maret 3, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Selapanan Adalah..

Selapanan adalah upacara yang dilakukan oleh masyarakat Jawa dalam rangka menyambut kelahiran bayi yang telah mencapai usia 35 hari. Dalam upacara ini, dilakukan beberapa ritual seperti memotong rambut dan kuku bayi serta memberikan doa agar bayi tumbuh sehat dan bahagia selama hidupnya.

Apa Itu Selapanan Adalah

Selapanan adalah sebuah acara adat yang dilakukan oleh masyarakat Jawa dalam rangka memberikan ucapan syukur dan doa untuk bayi yang berusia tujuh bulan. Acara selapanan juga dikenal dengan sebutan “Massaran” atau “Ayambuk”. Pada acara ini banyak diadakan berbagai macam tradisi seperti memotong rambut, memberikan nama baru, memandikan bayi, dan memercikkan air ke seluruh penjuru ruangan.

Tujuan dari acara selapanan adalah untuk memberikan doa dan harapan baik kepada bayi serta memohon perlindungan dan keselamatan dari Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, acara selapanan juga menjadi momen penting bagi keluarga besar dan kerabat untuk berkumpul dan merayakan kebahagiaan kelahiran bayi.

Dalam pelaksanaannya, acara selapanan diawali dengan menyediakan hidangan kue-kue dan makanan ringan. Sebuah alas yang terbuat dari daun pisang disiapkan sebagai tempat duduk bagi bayi. Selanjutnya, para tamu yang hadir diminta untuk membawa sejumlah bingkisan yang biasanya berupa uang, pakaian, dan berbagai macam perlengkapan bayi.

Setelah semua tamu hadir, dilakukan beberapa rangkaian ritual yang diawali dengan pembacaan doa oleh seorang Kyai atau pemuka agama yang bertugas sebagai pengisi acara. Kemudian, ibu dan ayah bayi duduk bersama di atas alas daun pisang sambil memegang bayi. Pada saat yang bersamaan, seorang pengiring musik tradisional seperti gamelan atau calung dimainkan sebagai simbol keceriaan dan sukacita.

Acara selapanan memang menjadi ritual yang sangat penting bagi masyarakat Jawa. Selain sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan doa, acara ini juga menjadi ajang promosi kebudayaan Jawa yang kaya akan adat, budaya dan tradisi. Banyak wisatawan baik domestik maupun internasional yang tertarik untuk melihat langsung bagaimana sebenarnya pelaksanaan acara selapanan.

Secara keseluruhan, acara selapanan adalah sebuah peringatan yang dianggap sangat penting bagi masyarakat Jawa. Selain sebagai bentuk ungkapan syukur dan doa, acara ini juga menjadi ajang promosi kebudayaan Jawa yang kaya akan adat dan tradisi. Jadi, bagi Anda yang ingin mendalami budaya Jawa, jangan lewatkan momen selapanan ini.

Soal dan Jawaban Terkait Selapanan Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:

1. Apa arti dari selapanan?
a. Upacara adat dalam agama Islam untuk menandai usia bayi yang berusia 7 bulan
b. Upacara adat dalam agama Hindu untuk menandai usia bayi yang berusia 7 bulan
c. Upacara adat dalam agama Buddha untuk menandai usia bayi yang berusia 7 bulan
d. Upacara adat dalam agama Kristen untuk menandai usia bayi yang berusia 7 bulan

Jawaban: b. Upacara adat dalam agama Hindu untuk menandai usia bayi yang berusia 7 bulan.

2. Apa tujuan dari selapanan?
a. Untuk memberikan doa dan harapan agar bayi tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat
b. Untuk memberikan hadiah dan uang kepada bayi yang menginjak usia 7 bulan
c. Untuk memperingati kelahiran bayi
d. Untuk memberikan makanan khas kepada keluarga dan tamu yang hadir

Jawaban: a. Untuk memberikan doa dan harapan agar bayi tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat.

3. Apa saja yang dilakukan dalam upacara selapanan?
a. Bayi diarak keliling desa
b. Bayi disusui dengan susu lelehan sapi
c. Bayi diimunisasi
d. Bayi diberikan makanan dan pakaian baru

Jawaban: d. Bayi diberikan makanan dan pakaian baru.

4. Di mana biasanya upacara selapanan dilakukan?
a. Di rumah keluarga
b. Di gereja
c. Di masjid
d. Di kuil

Jawaban: d. Di kuil.

5. Apa yang menjadi simbol dari selapanan?
a. Sembilan bunga
b. Delapan bintang
c. Tujuh bulan
d. Lima unsur alam

Jawaban: c. Tujuh bulan.

Kesimpulan

Selapanan adalah tradisi yang sangat penting dalam budaya Jawa. Dalam selapanan, kita mengadakan upacara untuk memperingati hari lahir seseorang. Upacara ini juga bertujuan untuk memberikan doa dan harapan kepada yang berulang tahun agar selalu sehat dan sukses dalam hidupnya. Marilah kita lestarikan tradisi selapanan agar kekayaan budaya kita tetap terjaga dan dikenal oleh generasi selanjutnya.