PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Maret 3, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Selapan Adalah..

Selapan adalah tradisi masyarakat Jawa yang dilakukan sembilan hari setelah kelahiran bayi. Pada acara Selapan, bayi diadakan ritual upacara dengan memberikan sesajen dan doa-doa oleh para tetua dan dukun bayi. Selain itu, acara Selapan juga diisi dengan pemberian nama yang dipilih oleh orangtua.

Apa Itu Selapan Adalah

Selapan adalah salah satu acara adat yang penting bagi masyarakat Jawa, khususnya dalam upacara pernikahan. Acara ini dilakukan pada hari ke-35 setelah pernikahan dilangsungkan dan dianggap sebagai hari penting dalam mempererat hubungan antara dua keluarga yang saling bersangkutan.

Selapan berasal dari kata “sela” yang berarti jeda atau istirahat yang memiliki arti penting dalam budaya Jawa. Dalam acara selapan, kedua belah pihak keluarga akan berkumpul dan melakukan berbagai ritual bersama-sama. Acara ini biasanya diadakan di rumah pengantin wanita atau di tempat yang telah disepakati sebelumnya.

Salah satu ritual yang dilakukan dalam acara selapan adalah “mapag Sri Rejeki”. Ritual ini dilakukan dengan cara mengambil selembar kertas putih yang sudah ditulisi berbagai macam simbol keberuntungan seperti uang, emas, permata, padi, dan lain sebagainya. Selanjutnya, kertas tersebut akan diiris-iris dan dimasukkan ke dalam bantal. Setiap tamu di acara selapan akan diminta untuk mengambil satu iris kertas dari dalam bantal tersebut. Irisan kertas yang diambil nantinya akan dipandang sebagai simbol keberuntungan bagi pemiliknya.

Selain itu, ada juga ritual “ngebit” yang dilakukan dalam acara selapan. Ritual ini dilakukan dengan cara memasangkan jarik di atas kasur pengantin dan kemudian menggelar 7 macam buah yang telah diiris-iris di atas jarik tersebut. Buah yang diiris-iris tersebut meliputi pisang, jeruk, mangga, melon, apel, nanas, dan kelapa. Setelah itu, kedua belah pihak keluarga akan berkumpul dan “ngebit” atau bersama-sama memotong buah-buahan tersebut sebagai simbol persatuan dan kebersamaan.

Acara selapan juga dianggap sebagai ajang untuk mempererat tali persaudaraan antara kedua keluarga yang saling bersangkutan. Oleh karena itu, dalam acara selapan biasanya akan diadakan makan bersama atau jamuan makan yang dihidangkan untuk tamu dan anggota keluarga yang hadir.

Dalam hal SEO, kata kunci “selapan” bisa digunakan untuk mengoptimalkan website atau artikel yang berkaitan dengan budaya Jawa atau upacara pernikahan. Dengan menggunakan kata kunci ini, website atau artikel tersebut lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari informasi tentang acara selapan atau budaya Jawa secara online. Dalam menulis artikel SEO, penting untuk memperhatikan kata kunci sehingga artikel yang dihasilkan memiliki nilai manfaat yang baik bagi pembaca dan juga SEO.

Soal dan Jawaban Terkait Selapan Adalah dalam Dunia Pendidikan

1. Apa arti dari kata Selapan?
Jawaban: Selapan adalah hari ke-8 dalam hitungan dari suatu tanggal.

2. Berapakah Selapan setelah tanggal 16 Maret 2021?
Jawaban: Selapan setelah 16 Maret 2021 jatuh pada tanggal 24 Maret 2021.

3. Jika tanggal 1 Januari jatuh pada hari Kamis, maka hari apa Selapan setelah tanggal tersebut?
Jawaban: Selapan setelah tanggal 1 Januari jatuh pada hari Jumat.

4. Pada hari apa Selapan setelah tanggal 13 Juli 2022?
Jawaban: Selapan setelah tanggal 13 Juli 2022 jatuh pada hari 21 Juli 2022.

5. Jika hari ini Selasa, maka hari apa Selapan setelah tanggal 10 Agustus 2021?
Jawaban: Selapan setelah tanggal 10 Agustus 2021 jatuh pada hari Rabu.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, selapan adalah tradisi yang masih lestari di berbagai daerah di Indonesia. Meskipun terdapat perbedaan dalam hal pelaksanaannya, namun makna dan tujuan dalam selapan tetap sama yaitu untuk memohon rahmat dan keberkahan dari Sang Pencipta. Kita harus terus melestarikan adat dan budaya nenek moyang kita sebagai identitas bangsa.