PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Maret 3, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Secara Umum Yang Dimaksud Dengan Konsep Sinkronik Dalam Sejarah Adalah..

Konsep sinkronik dalam sejarah adalah studi tentang peristiwa atau fenomena pada saat atau periode tertentu yang saling terkait dalam satu waktu. Pendekatan ini tidak hanya memperhatikan waktu, tetapi juga interaksi antara satu faktor dengan faktor lainnya. Peristiwa tersebut diamati dan dianalisis secara bersama-sama untuk memahami konteks yang lebih luas.

Penjelasan Lengkap Secara Umum Yang Dimaksud Dengan Konsep Sinkronik Dalam Sejarah Adalah

Secara Umum Yang Dimaksud Dengan Konsep Sinkronik Dalam Sejarah Adalah

Konsep sinkronik dan diakronik menjadi dua konsep dasar dalam studi sejarah. Dalam artikel ini, akan dibahas secara khusus tentang konsep sinkronik.

Secara umum, yang dimaksud dengan konsep sinkronik di dalam sejarah adalah suatu sudut pandang yang menitikberatkan pada keadaan atau situasi pada suatu masa tertentu tanpa memperhatikan faktor waktu yang lain. Dengan kata lain, sudut pandang ini memfokuskan pada aspek yang terjadi selama periode waktu tertentu.

Konsep ini awalnya dipelopori oleh sekolah linguisitik strukturalis. Secara garis besar, konsep sinkronik menganggap bahwa struktur sebuah bahasa dihasilkan oleh interaksi dari unsur-unsur yang terkandung di dalamnya pada suatu saat tertentu.

Dalam sejarah, konsep sinkronik sangatlah penting untuk memahami bagaimana peristiwa atau fenomena yang terjadi pada suatu waktu tertentu terkait dengan konteks sosial, budaya, dan politik pada masa itu. Sebagai contoh, ketika mempelajari era Kolonialisme yang terjadi di Indonesia, penting untuk mengamati situasi politik, ekonomi, dan sosial bangsa Indonesia pada masa itu.

Konsep sinkronik ini lalu mengarah ke pembentukan sebuah metode kritis dalam sejarah yang disebut dengan “synchronic method”. Metode ini bertujuan untuk memahami suatu fenomena atau peristiwa historis dari sudut pandang yang tidak terpengaruh oleh faktor waktu atau proses sejarah yang berlaku pada masa yang bersamaan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konsep sinkronik di dalam sejarah merujuk pada sudut pandang yang memfokuskan pada keadaan atau situasi pada suatu masa tertentu, tanpa memperhitungkan faktor waktu yang lainnya. Konsep ini sangat penting dalam memahami peristiwa historis, terutama dalam memahami konteks sosial, budaya, dan politik pada masa itu. Metodenya, yang dikenal sebagai “synchronic method”, juga membantu dalam membentuk pemahaman yang lebih kritis terhadap sebuah fenomena atau peristiwa sejarah.

Soal dan Jawaban Terkait Secara Umum Yang Dimaksud Dengan Konsep Sinkronik Dalam Sejarah Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh soal:
1. Apa yang dimaksud dengan konsep sinkronik dalam sejarah?
2. Mengapa konsep sinkronik penting dalam memahami peristiwa sejarah?

Jawaban:
1. Konsep sinkronik dalam sejarah mengacu pada pemahaman terhadap suatu peristiwa atau fenomena pada waktu yang sama dalam satu periode tertentu.
2. Konsep sinkronik penting dalam memahami peristiwa sejarah karena dengan mempelajari peristiwa pada waktu yang sama, kita dapat memahami correlasi dan hubungan antara peristiwa-peristiwa tersebut dan konteks sosial, politik, budaya, dan ekonomi pada periode tersebut. Ini dapat membantu kita dalam memahami perubahan dan perkembangan yang terjadi pada suatu masa tertentu dalam sejarah.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, konsep sinkronik dalam sejarah merupakan suatu pendekatan yang fokus pada pemahaman tentang suatu masa tertentu dalam sejarah. Melalui penggunaan metode dan analisis yang tepat, konsep ini dapat membantu para sejarawan untuk memahami bagaimana suatu kejadian atau fenomena terjadi pada suatu waktu tertentu. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang masa lalu, kita dapat memberikan interpretasi yang lebih akurat terhadap situasi saat ini dan membantu kita mempersiapkan diri untuk masa depan.