PDI-P.COM

Pusat Data, Informasi dan Pengetahuan Terkini

Maret 3, 2024

PDI-P.COM – Pengertian Scamper Adalah..

Scamper adalah sebuah teknik brainstorming yang dikembangkan untuk menghasilkan ide-ide kreatif yang baru dan mengeksplorasi potensi dari ide yang sudah ada. Teknik ini mengajak pengguna untuk menggali ide-ide melalui tujuh gerakan berbeda, yaitu Mengganti, Memodifikasi, Menggabungkan, Menghilangkan, Menukar, Membalikkan, dan Memperluas.

Penjelasan Lengkap Scamper Adalah

Scamper adalah suatu teknik yang digunakan dalam kreativitas. Teknik ini membantu seseorang untuk mengubah suatu ide menjadi lebih beragam dan lebih kreatif lagi dengan cara mengganti aspek-aspek kecil dari ide tersebut.

Scamper sendiri adalah singkatan dari Substitute, Combine, Adapt, Modify, Put to another use, Eliminate, dan Rearrange. Dalam bahasa Indonesia, Scamper bisa diartikan sebagai mengganti, menggabungkan, beradaptasi, memodifikasi, memberikan penggunaan lain, menghilangkan, dan mengatur ulang.

Scamper bisa diaplikasikan pada berbagai hal, seperti pada pekerjaan, ide bisnis, pembuatan konten blog, dan lain-lain. Teknik ini membantu seseorang untuk lebih kreatif dan mengelaborasi ide-ide mereka dengan lebih baik.

Mengganti berkaitan dengan mengganti elemen-elemen atau kata-kata dalam suatu ide. Misalnya, jika kita ingin membuat menu makan siang yang kreatif, kita bisa mengganti nasi menjadi roti atau mie.

Menggabungkan berkaitan dengan menggabungkan dua atau lebih ide menjadi satu. Misalnya, jika kita ingin membuat acara kreatif di sekolah, kita bisa menggabungkan ide lomba puisi dengan kegiatan karaoke.

Beradaptasi berkaitan dengan menyesuaikan suatu ide dengan keadaan dan situasi yang ada. Misalnya, jika kita ingin membuat konten blog tentang travelling di masa pandemi, kita harus beradaptasi dengan kondisi yang ada dan memberikan tips-tips tentang travelling aman di masa pandemi.

Memodifikasi berkaitan dengan mengubah suatu ide menjadi lebih baik. Misalnya, jika kita ingin meningkatkan kualitas produk yang kita jual, kita bisa memodifikasi product design atau mengubah bahan baku yang kita gunakan.

Memberikan penggunaan lain berkaitan dengan memberikan ide yang sama untuk penggunaan yang berbeda. Misalnya, jika kita memiliki produk hijab, kita bisa memberikan ide tentang bagaimana cara menggunakan hijab sebagai aksesoris tas.

Menghilangkan berkaitan dengan menghilangkan elemen-elemen yang tidak perlu dalam suatu ide. Misalnya, jika kita ingin membuat video promo, kita bisa menghilangkan adegan yang kurang penting.

Mengatur ulang berkaitan dengan mengubah urutan atau susunan dalam suatu ide. Misalnya, jika kita ingin membuat rencana bisnis baru, kita bisa mengatur ulang jadwal pelaksanaan atau mengubah target yang ingin dicapai.

Scamper adalah teknik yang sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin lebih kreatif dan ingin mewujudkan ide-ide mereka dengan lebih baik. Dengan menggunakan teknik Scamper, kita dapat menghasilkan ide-ide yang lebih kreatif dan lebih bervariasi. Oleh karena itu, Scamper sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin menjadi lebih kreatif dan ingin menghasilkan ide-ide yang lebih inovatif.

Soal dan Jawaban Terkait Scamper Adalah dalam Dunia Pendidikan

Contoh Soal:

1. Apa yang dimaksud dengan Scamper?
2. Apa fungsi Scamper dalam brainstorming?
3. Bagaimana cara mengaplikasikan Scamper dalam meningkatkan kreativitas?

Jawaban:
1. Scamper adalah teknik permainan kata yang digunakan dalam brainstorming untuk memunculkan ide-ide baru dengan melalui enam pertanyaan yang berfokus pada sebuah ide.
2. Fungsi Scamper adalah untuk membantu mengembangkan kreativitas dalam mencari solusi untuk masalah, memunculkan ide-ide baru, dan merancang konsep produk atau jasa.
3. Langkah-langkah mengaplikasikan Scamper dalam meningkatkan kreativitas adalah sebagai berikut:

– Substitute (mengganti): Ganti atau ubah elemen/elemen pada suatu ide atau produk menjadi yang baru, berbeda dari sebelumnya.
– Combine (menggabungkan): Gabungkan elemen/elemen yang berbeda dan terkadang tidak berkaitan menjadi satu kesatuan.
– Adapt (menyesuaikan): Sesuaikan ide atau produk yang ada dengan suatu konteks atau situasi tertentu sehingga lebih layak digunakan.
– Modify (memodifikasi): Modifikasi elemen/elemen pada suatu ide atau produk sehingga menjadi lebih baik atau cocok.
– Put to another use (menggunakan untuk tujuan lain): Gunakan suatu ide atau produk untuk kegunaan selain yang sudah dikenal.
– Eliminate (menghilangkan): Hilangkan elemen/elemen pada suatu ide atau produk yang tidak diperlukan sehingga lebih sederhana dan efektif.

Contoh implementasi Scamper: Bagaimana jika sebuah restoran ingin meningkatkan pelayanan pelanggan?

– Substitute (mengganti): Ganti sistem antrian di restoran dengan yang lebih efektif dan efisien.
– Combine (menggabungkan): Gabungkan kemampuan untuk memesan makanan secara online dengan metode antrian yang terorganisir.
– Adapt (menyesuaikan): Sesuaikan sistem antrian dengan kapasitas restoran yang terbatas, atau sesuaikan menu yang bisa dipesan dengan ketersediaan bahan di dapur.
– Modify (memodifikasi): Modifikasi sistem antrian agar lebih ramah pengguna dan lebih mudah dipahami oleh pelanggan.
– Put to another use (menggunakan untuk tujuan lain): Gunakan sistem antrian restoran untuk mengumpulkan data pelanggan agar dapat memberikan rekomendasi yang lebih akurat pada masa mendatang.
– Eliminate (menghilangkan): Hilangkan bagian sistem antrian yang tidak relevan atau hanya memperlambat layanan.

Penutup

Secara keseluruhan, Scamper adalah sebuah metode yang dapat membantu dalam proses pengembangan ide secara kreatif dan inovatif. Dengan menggunakan teknik Scamper, seseorang dapat menghasilkan ide-ide baru yang lebih segar dan berbeda, sehingga membawa keuntungan dalam berbagai aspek kehidupan. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai Scamper dan membantu pembaca dalam mengembangkan ide-ide kreatif mereka di masa depan.